09 Aug 2021, 07:08Kandungan

Testpack positif setelah perdarahan, apakah hamil?

DA
Info Penanya: DA0
Dok saya mau tanya, HPHT Saya 29 Juni 2021 dan pada tanggal 25 juli 2021 saya ada flek sedikit pagi siang dan sore dari situ saya tidak keluar lagi darah, kemudian saya tespek di tanggal 31 juli 2021 dan hasil nya positif, kemudian di tanggal 1 agustus saya keluar lagi darah sampai tanggal 7 agustus 2021, karena penasaran saya coba lagi tespek di tanggal 1 dan 2 agustus hasil nya tetap sama positif kemudian saya tespek lagi di tanggal 5 dan dan tanggal 8 hasil nya garis samar. Apakah saya hamil?
169 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, DATerima kasih atas pertanyaannya.Testpack adalah pemeriksaan kehamilan dengan gunakan urin sebagai sampel untuk diperiksa.  Urin yang disarankan adalah urin pagi hari yang pertama kali keluar dan waktunya ketika mengalami terlambat haid lebih dari 10 hari dari batasi waktu siklus haid normal agar hasil akurat.  Pemerikaan testpack dapat menunjukkan hasil positif saat garis dua jelas, negatif saat hanya garis satu jelas, atau samar yang artinya tetpack perlu diulang.

Penyebab testpack positif :

  • Kehamilan, saat hormon kehamilan meningkat maka akan terdeteksi di testpack dengan menunjukkan dua garis jelas.
  • Keguguran dini saat terjadi perdarahan lama, kram perut, dan adanya gumpalan yang keluar.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu terutama yang mengandung hormonal.
  • Testpack yang lama digunakan sehingga positifnya karena urin yang menguap.
  • Kehamilan ektopik.
Jadi bila saat ini testpack hasil positif maka ada kemungkinan terjadi kehamilan namun karena masih terlalu awal dan sebelumnya sempat perdarahan bisa jadi merupakan darah implantasi , haid ataupun tanda gangguan pada rahim.  Untuk itu solusi saat ini adalah periksa testpack ulang tanngal 13 agustus, jika samar atau tetap positif, periksa ke dokter spesialis kandungan guna dilakukan pemeriksaan USG rahim agar dapat dipastikan apakah testpack positif karena kehamilan atau tanda gangguan di rahim lainnya.   Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
tes kehamilangangguan menstruasipemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil