4 bulan tidak menstruasi dengan hasil testpack negatif.

RA Info Penanya: RA, Wanita, 2019 Tahun
Selamat sore dok. Saya mau tanyaUsia saya 19 tahun, sudah menikah. 4 bulan kemarin saya tidak haid, tapi testpack negatif terus sudah berulangkali. Nah pas sabtu tanggal 13 juli keluar bercak darah, sekitar hari selasa baru keluar banyak darah. Dan sampai sekarang sudah seminggu volume darah nya belum menurun, masih banyak sekali, apakah keguguran atau masih tahap normal menstruasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, RA

Bila seseorang tidak mendapatkan menstruasi selama 3 bulan berturut-turut disebut sebagai amenorrhea. Penyebabnya karena ovarium tidak menghasilkan hormon estrogen dalam jumlah yang cukup. Beberapa penyebabnya :

1. Perubahan berat badan

Bertambah atau berkurangnya berat badan secara signifikan dapat menganggu keseimbangan hormon yang menyebabkan tidak mendapatkan menstruasi. Kondisi seperti ini biasanya akan hilang dengan sendirinya.

2. Stres

Stres berat atau jangka panjang dapat mempengaruhi otak yang menghasilkan hormon reproduksi. Sehingga waktu ovulasi dan menstruasi berhenti. Ketika penyebab stresnya hilang atau sudah berhasil menghadapi dan menangani stresnya, maka siklus haid bisa kembali.

3. Olahraga Berat

Olahraga berlebihan dapat mengakibatkan tidak datang bulan, terutama mereka dengan berat badan atau kandungan lemak yang rendah. Misalnya pada atlit professional.

4. Menghasilkan terlalu banyak hormon Prolactin

Prolaktin adalah hormon yang dihasilkan tubuh ketika sedang menyusui. Sehingga banyak ibu yang menyusui tidak mendapatkan menstruasi. Pada wanita yang tidak menyusui namun keluar cairan susu dari putingnya, menandakan tubuh menghasilkan prolaktin dalam jumlah yang terlalu tinggi.

5. Gangguan Tiroid

Tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon untuk mengatur metabolisme tubuh.

Hipotiroid (Tiroid kurang aktif) atau Hipertiroid (Tiroid terlalu aktif), keduanya mempengaruhi frekuensi datang bulan. Tanda lain yang bisa timbul :

- mudah lelah atau sering merasa lemas

- rambut rontok

- perubahan berat badan tanpa sebab yang jelas

- sering merasa kedinginan atau demam

 6. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) PCOS adalah suatu kelainan di indung telur yang mengakibatkan ketidakstabilan hormon. Kondisi kesehatan dan penampilan umum juga terpengaruh. Hal ini juga meningkatkan resiko timbul kista ovarium. Tanda lain yang perlu diperhatikan :
  • menstruasi tidak teratur atau tidak datang bulan
  • perdarahan yang berubah-ubah saat menstruasi
  • gangguan kulit seperti jerawat atau noda hitam
  • kelebihan berat badan atau obesitas
  • rambut menipis
  • mengorok
  • sulit hamil
  • pertumbuhan rambut berlebih di wajah, punggung atau paha

7. Kelainan Pola Makan

Kelainan pola makan terutama anoreksia dapat menghentikan periode haid. Karena kadar lemak tubuh terlalu rendah sehingga ovulasi tidak bisa berjalan.

8. Perimenopause

Pada saat akan menopause, tidak datang bulan minimal selama 12 bulan. Gejala sebelum menopause diantaranya :

  • menstruasi tidak teratur
  • menstruasi lebih banyak atau sedikit
  • badan terasa panas
  • gangguan tidur
  • mood swing atau mudah marah
  • vagina kering
  • libido turun

9. Kontrasepsi 

Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim atau mengganti dengan yang lain. Serta efek samping obat-obatan tertentu

 

Seberapa Akurat Tes Kehamilan?

Akurat tidaknya tergantung cara dan kapan penggunaanya. Bila terlalu cepat, hormon kehamilan hCG bisa tidak terdeteksi di kencing. Ada yang bisa mendeteksi sejak hari pertama telat datang bulan. Namun biasanya makin lama akan lebih akurat.Gunakan kencing pertama di pagi hari karena air kencing akan lebih pekat sehingga hormon hCG lebih mudah terdeteksi. Sebaiknya anda konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan karena sudah 4 kali berturut-turut tidak datang bulan dengan hasil tes negatif. Semoga penjelasan saya bermanfaat. Salam Sehat, dr. Andre Zaini
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kram perut saat hamil muda bisa menjadi indikasi masalah serius seperti keguguran

Kram Perut saat Hamil Muda: Penyebab, Ciri-ciri, dan Tips Mengatasinya

Kram perut adalah kondisi yang umum terjadi di awal masa kehamilan. Meski umumnya normal, kram perut saat hamil muda bisa menjadi indikasi masalah serius seperti keguguran. Biasanya kram perut juga menjadi tanda adanya perubahan ukuran rahim, peningkatan progesteron, hingga peregangan ligamen.