3 minggu hidung tersumbat dengan lendir berwarna.

KE Info Penanya: KE, Wanita, 2019 Tahun
Dok syaa ingin bertanya, saya sudaa kurang lebih 3minggu mengalami ini. Saya tidak batuk dan tidak flu tetapi hidung saya tersumbat dan saya memiliki lendir dari hidung juga dari mulut. Lendir ini berubah warna putih kuning dan hijau terkadang coklat dok. Saya bingung mau meminum obat apa karna saya tidak merasa batuk dan juga tidak sedang pilek. Saya tinggal di Pekanbaru,Riau. Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, K

Terimakasih sudah bertanya di Forum SehatQ.

Hidung tersumbat anda akibat ada peradangan di dalam hidung, sehingga produksi lendir hidung meningkat. Bila lendir sudah mulai berwarna kuning, hijau dan coklat, kemungkinan besar anda sudah mengalami infeksi. Biasanya radang hidung yang bersifat kronis akibat ada iritasi atau bakat alergi pada diri anda. Kemungkinan paling sering akibat udara dingin, debu atau asap. Kemudian karena hidung tersumbat cukup lama, maka bakteri tumbuh dengan baik dan menjadi infeksi. Bisa juga karena ada kelainan anatomis misalnya ada polip (pembesaran) di dalam hidung sehingga mudah tersumbat dan infeksi. Perkembangannya bila tidak diatasi bisa sampai infeksi sinus bila sudah mulai disertai nyeri atau demam.

Perawatan di Rumah

Pastikan hidung tetap lembab karena hidung yang kering akan mengiritasi selaput di dalam hidung dan malah menghasilkan lebih banyak lendir. Cara menjaga hidung tetap lembab :

  1. gunakan pelembab udara 
  2. menghirup uap dengan cara mandi air hangat atau dari panci air hangat
  3. minum banyak cairan agar lendir menjadi lebih encer
  4. gunakan semprotan hidung yang dijual bebas
  5. gunakan handuk basah dengan air hangat diletakkan di wajah
  6. gunakan dua bantal atau lebih saat tidur agar kepala terangkat dan bisa nafas dengan nyaman
  7. gunakan obat pelega hidung dan anti alergi yang dijual bebas di apotek (kecuali pada anak <4 tahun)

Bila dalam 2-3 hari belum ada perbaikan, anda dapat konsultasi dengan Dokter Spesialis THT untuk tatalaksana selanjutnya. Semoga informasi dari saya bermanfaat. 

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pekerja konstruksi harus lebih berhati-hati, karena rentan mengalami penyakit paru-paru

10 Pekerjaan Berisiko untuk Penyakit Paru paru

Paru-paru merupakan organ yang bekerja tanpa henti dan tidak jarang orang yang paru-parunya terserang penyakit. Ternyata, beberapa jenis pekerjaan dapat memicu penyakit paru-paru seperti bartender, tenaga kesehata hingga pekerja tambang batu bara.