3 hari BAB cair, perut kembung dan tidak nyaman?

TR Info Penanya: TR, Pria, 2019 Tahun
BAB sering mencret terus dah 3 hari ini Perut kembung, ga nyaman
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TR

Terima kasih atas pertanyaannya.

Masih ingat 2 makanan terakhir yang anda makan sebelum mulai diare? Apakah anda baru kembali dari luar kota? Apakah anda baru mencoba makanan yang berbeda? Biasanya gangguan pencernaan tersebut akibat dari makanan atau minuman yang masuk. Bisa karena tidak cocok dengan pencernaan anda atau ada suatu infeksi. Bila sampai tubuh meriang atau demam kemungkinan ada infeksi akibat bakteri atau virus. Infeksinya bisa di lambung atau usus anda. Saat asam lambung meningkat dan produksi gas bertambah, anda akan mulai merasa mual, kembung dan ingin muntah. Kemudian pencernaan menjadi lebih aktif serta berusaha mengeluarkan penyebabnya sehingga frekuensi BAB menjadi meningkat dan konsistensi kotorannya lunak atau berair.

Berikut artikel mengenai cara mengatasi diare di rumah, namun bila keluhannya masih berlanjut ada baiknya diperiksa oleh Dokter. Mungkin dianjurkan melakukan pemeriksaan laboratorium darah dan feses untuk mencari penyebab diarenya. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pencernaan bayi yang belum bekembang dengan sempurna membuat bayi sering mengalami muntah, namun hal tersebut adalah suatu hal yang wajar.

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Sering Muntah? Ini 7 Tips Penanganannya!

Bayi sering muntah memiliki beberapa penyebab, salah satunya adalah tertelan benda asing. Dan untuk cara penanganannya, tetaplah beri oralit dan juga berkan minuman manis untuk bayi.