Batuk tiga bulan, apakah TBC?

KR Info Penanya: KR, Wanita, 29 Tahun
Doktor, sya mengalami batuk kahak selama 3 bln… Xde demam. Sdh ambik ubat 2 kali. Kdg2 sy batuk, rs semput. Ubat yg beri oleh doktor, i makan. Mmg pulih. Lps sdh hbs ubat kembali lg i punya masalah ini. Nafas bunyi lagi. Adakah ini simptom tibi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KR. 

Tuberculosis atau biasa disebut TBC adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri tahan asam bernama Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini bisa menyerang organ tubuh manapun, namun paling sering menyerang pernapasan yang biasa dikenal dengan sebutan TB paru. 

TB paru memiliki gejala utama batuk, terkadang disertai dengan darah atau dahak. Batuk biasanya berkepanjangan dan tidak reda dengan obat-obatan biasa. Di samping itu, penderita TB paru juga bisa mengalami demam, keringat di malam hari, penurunan berat badan, atau nyeri pada paru.

Apabila Anda mengalami batuk selama tiga bulan, hal tersebut mungkin saja disebabkan oleh TB paru. Tetapi, masih ada kemungkinan lainnya seperti bronkhitis, asma, ataupun PPOK. Oleh karena itu, disarankan Anda berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis paru, agar dilakukan pemeriksaan dahak, darah, atau radiologi. Dokter akan menentukan penyebab penyakit Anda secara pasti.

Jika benar TB paru, Anda akan diberikan obat antituberkulosis selama minimal enam bulan. Sebaiknya minum obat ini secara teratur, agar benar-benar sembuh dan terbebas dari TB paru, ya. Jangan lupa konsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Analisa gas darah bisa memberikan gambaran kesehatan paru-paru, ginjal dan jantung

Mengenal Analisa Gas Darah, Pemeriksaan Rinci Kesehatan Organ Vital

Analisa gas darah adalah pemeriksaan untuk mengukur kadar oksigen, karbon dioksida, dan tingkat asam basa dalam darah. Pemeriksaan ini, ditujukan untuk orang-orang yang mengalami gangguan di paru-paru dan pasien syok.