2 minggu setelah melahirkan normal, klitoris terasa nyeri.

K Info Penanya: K, Wanita, 24 Tahun
Haloo dokter,saya mau bertanya ..Saya habis melahirkan normal pacu dan mendapatkan jahitan pd miss v.pada jahitan sudah tidak sakit/nyeri lagi..Yg saya rasakan setelah 2mggu usai melahirkan ,terasa nyeri/linu/otot tertarik pada klitoris miss v .Pertanyaanya bahayakah nyeri klitoris usai melahirkan? Bisakah sembuh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, K

Terimakasih atas pertanyaannya.

Setelah melahirkan normal pasti akan masih terasa nyeri selama beberapa hari sampai dengan minggu. Ada yang bahkan sampai berbulan-bulan. Karena proses melahirkan itu adalah proses yang luar biasa beratnya untuk vagina anda. Memang vagina dindingnya elastis, tapi selama ini ukuran yang keluar masuk tidak sebesar kepala bayi. Sehingga ada beberapa otot dan saraf yang mengalami faktor stres. Bayangkan saja setelah anda olahraga berat, kadang pegal dan linunya bisa berhari-hari.

Nah pada saat anda partus spontan, biasanya terjadi robekan di bagian antara vagina dan anus. Dokter Obgyn anda selain menjahit daerah tersebut (perineum), ada juga dokter yang berbaik hati dan sedikit makeover bagian dalam miss V yang baru dilewati kepala bayi. Posisi klitoris ada diluar tapi karena sensor klitoris yang paling sensitif di area tersebut maka ngilu dan nyeri di tempat lain bisa juga dirasakannya.

Selama masa nifas setelah melahirkan adalah waktunya istirahat untuk organ kandungan anda yang telah bekerja keras. Bila nyerinya semakin terasa, anda bisa membantu dengan minum obat nyeri yang dijual bebas. Bila belum berkurang juga, sebaiknya anda kontrol dengan Dokter Kandungan anda untuk mendapatkan terapi yang lebih sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masa subur setelah melahirkan pada wanita terjadi pada hari ke-74 usai melahirkan.

Secepat Apa Seorang Ibu Bisa Hamil Lagi Setelah Melahirkan?

Masa subur setelah melahirkan wanita pada hari ke-74 usai melahirkan. Hal ini tergantung dari gaya hidup, kesehatan, stres, diet, dan kontrasepsi yang digunakan.