2 minggu mimisan setiap sore, apa penyebabnya?

K Info Penanya: K
Slamat pagii dok .... Sya mau tanya Udh 2 minggu inii suami saya mimisan trs setiap sore Kira2 knp ya dokk ? Kondisi badan pun sehat2 saja ga merasakan keluhan apa2 ....Trimakasiih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, K

Penyebab mimisan di sore dan malam hari biasanya akibat udara kering. Udara kering dan kurang lembab yang dihirup oleh hidung akan mengeringkan lapisan dinding hidung. Sehingga menjadi pecah-pecah dan mudah berdarah (karena letak pembuluh darah di dinding hidung letaknya dekat dengan permukaan.) Bisa juga akibat terlalu sering menggosok atau mengorek hidung. Termasuk juga bila membuang ingus atau bersin dengan keras. Kondisi klinis juga bisa berpengaruh seperti tekanan darah tinggi atau kelainan pada darah.

Jadi suami anda perlu menghindari udara kering, bisa juga dengan memasang pelembab udara di rumah atau kamar anda. Kalau sedang flu, hidung tersumbat atau banyak ingus perlu diobati, karena dapat mengiritasi lapisan dalam hidung. Tapi jangan terlalu keras membuang ingus dan bersinnya. Selain itu juga paparan kimia seperti asap rokok juga dapat mengiritasi dinding hidung. Begitu juga minuman beralkohol karena pengaruhnya ke trombosit di darah. Tubuh akan lebih rentan berdarah bukan hanya dari mimisan. Obat-obatan seperti pengencer darah atau obat nyeri, serta semprotan hidung bisa juga mengakibat mimisan.

Jika terjadi mimisan :

  1. Buang ingus untuk mengeluarkan sumbatan di hidung
  2. Duduk, bungkuk ke depan. Jangan terlentang atau menengadah karena darah akan masuk mengakibatkan muntah atau tersedak.
  3. Jepit hidung anda terutama dinding pemisah lubang hidung di bagian dasarnya (bukan tulangnya). Lakukan selama 10 menit dan bernafas menggunakan mulut.
  4. Bisa ditambah kompres dingin saat menjepit hidung agar pembuluh darahnya menyempit 
  5. Jika masih mimisan, ulangi kembali dan jepit selama 30 menit.

Bila belum teratasi, sebaiknya berobat ke RS terdekat untuk penanganan selanjutnya. Saya lampirkan artikel mengenai penyebab mimisan pada orang dewasa.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya aborsi terhadap rahim

Mengenal Bahaya Aborsi dan Hukumnya di Indonesia

Bahaya aborsi perlu diketahui agar Anda mempertimbangkan keputusan ini. Mulai dari infeksi rahim hingga depresi dapat terjadi setelah Anda melakukan aborsi.