2 minggu mens tidak berhenti dan keluar banyak sekali. Bagaimana solusinya?

D Info Penanya: D
Dok, saya mau tanya, teman saya sudah 2 minggu lebih mens tidak berhenti2 dan keluarnya banyak sekali.. kenapa yah itu dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D

Gangguan menstruasi pada wanita muda sering terjadi, bisa dalam bentuk sering terlambat atau terlalu cepat dan bisa juga dari jumlahnya yang berlebihan serta durasinya yang panjang. Sebaiknya memeriksakan diri ke Rumah Sakit terdekat untuk evaluasi lebih lanjut karena beresiko mengalami anemia (kekurangan hemoglobin). Fungsinya sangat penting dalam membawa oksigen dari udara luar ke seluruh tubuh melalui saluran pembuluh darah.

Gejala dari anemia, akan tampak pucat di kulitnya serta, kulit dalam matanya, serta merasa lemas, pusing dan tidak bertenaga. Bila dari hasil pemeriksaan kadar Hemoglobin sangat rendah mungkin memerlukan tambahan transfusi darah dari donor.

Untuk mengatasinya harus segera ke Rumah Sakit dan diperiksa lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Kandungan. Kemungkinan akan dilakukan pemeriksaan USG (ultrasonografi) untuk melihat organ kandungannya. Bila dirasakan perlu akan dilakukan tindakan kuretase untuk membantu mengeluarkan jaringan sisa di rahim dan menghentikan perdarahan. 

Baca juga artikel kami mengenai menstruasi berikut ini :

5 Bentuk Menstruasi Tidak Lancar yang Patut Anda Waspadai

Mengenal Proses Kuret, Benarkah Menyakitkan?

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika golongan darah ibu dan janin berbeda, anemia pada janin bisa terjadi.

Ibu dan Janin Beda Golongan Darah Bisa Bahaya! Ini Alasannya

Perbedaan golongan darah antara ibu hamil dan janin, mungkin belum dianggap sebagai suatu kondisi yang perlu jadi perhatian selama ini. Padahal, jika tidak ditangani, bayi di dalam kandungan bisa mengalami berbagai komplikasi berbahaya.