Apakah flek hitam tanda kehamilan?

IP Info Penanya: IP, Wanita, 26 Tahun
Malam dok, saya mau tanya 2 minggu lalu saya haid tapi sekarang ada flek hitam pekat lagi kaya mau haid, itu pertanda apa ya dok? apakah saya hamil ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, I.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Flek hitam merupakan bagian dari flek coklat yang biasanya keluar sesaat sebelum siklus mens atau sesudah siklus mens berlangsung. Kondisi ini termasuk hal yang normal. 

Penyebab dari munculnya flek hitam adalah karena efek dari hormon wanita (hormon etsrogen dan progesteron) yang terganggu. Selain karena hormon, dipengaruhi juga oleh faktor stres, kehamilan, perimenopause, efek samping penggunaan KB, dan tanda infeksi.

Terkait dengan gejala yang Anda alami ini, flek hitam tersebut bisa merupakan tanda awal kehamilan, bisa juga tidak. Untuk memastikannya, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan testpack

Walaupun kondisi ini tidak berbahaya, namun Anda harus tetap waspada. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi resiko keluarnya flek hitam ini, yaitu menjaga berat badan agar tetap ideal, tidak stres, rutin melakukan pap smear, menggunakan KB yang cocok, dan melakukan pola hidup sehat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat pil KB adalah mengatasi gangguan siklus haid

9 Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan

Manfaat pil KB yang utama adalah untuk mencegah kehamilan. Namun alat kontrasepsi ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan lain. Misalnya, gangguan siklus haid, gejala PMS, migrain, dan banyak lagi.