Normalkah 2 kali haid dalam sebulan, bulan berikutnya tidak haid?

SW Info Penanya: SW
Hai dok.. saya mau konsultasi dan mau bertanya dok, pada bulan november saya mendapat haid di awal tgl 6 dan di akhir bulan tgl 25 terus pada bulan desember saya tidak dapat haid. itu kira2 penyebabnya apa ya dok? soalnya baru pertama kali saya dapat haid 2x dalam sebulan terus bulan berikutnya belum dapat haid..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SW,

Siklus haid seorang wanita normalnya dalam waktu 21-35 hari sekali dengan durasi haid selama 2-7 hari. Namun karena siklus haid ini dipengaruhi oleh hormon, maka bsia berubah sewaktu-waktu menjadi jadwal haidnya maju atau mundur atau bahkan tidak haid samasekali selama beberapa bulan.

Yang menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur adalah :
  1. Kelelahan.
  2. Stres/ cemas berlebihan.
  3. Berat badan tidak ideal, baik kegemukan atau terlalu kurus. Diet ekstrim yang menyebabkan penurunan berat badan secara drastis, sering menimbulkan gangguan haid berupa durasi haid menjadi lebih pendek atau tidak haid samasekali.
  4. PCOS. Adanya hormon androgen berlebihan akan mengganggu siklus haid, karena umumnya hormon ini ditemukan pada laki-laki.
  5. Endometriosis. Keluhan disertai dengan haid yang terasa sangat nyeri selama beberapa hari, disertai perdarahan diluar siklus haid.
Sementara yang dapat Anda lakukan agar siklus haid Anda kembali normal adalah :
  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  2. Kurangi stres.
  3. Jaga berat badan seideal mungkin. Bila Anda dalam program menguruskan badan, lakukan diet dengan sehat.
  4. Olahraga setiap hari selama 30 menit.
  5. Minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya.
  6. Cukup istirahat dan jangan begadang.

Karena baru terjadi sekali, sementara diobservasi dulu. Bila ulan-bulan selanjutnya siklus haid masih tidak teratur atau tidak haid dalam waktu 3 bulan berturut-turut, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut berupa USG perut.

Salam sehat,

dr. VIna

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.