Normalkah 2 kali haid dalam sebulan, bulan berikutnya tidak haid?

SW Info Penanya: SW
Hai dok.. saya mau konsultasi dan mau bertanya dok, pada bulan november saya mendapat haid di awal tgl 6 dan di akhir bulan tgl 25 terus pada bulan desember saya tidak dapat haid. itu kira2 penyebabnya apa ya dok? soalnya baru pertama kali saya dapat haid 2x dalam sebulan terus bulan berikutnya belum dapat haid..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SW,

Siklus haid seorang wanita normalnya dalam waktu 21-35 hari sekali dengan durasi haid selama 2-7 hari. Namun karena siklus haid ini dipengaruhi oleh hormon, maka bsia berubah sewaktu-waktu menjadi jadwal haidnya maju atau mundur atau bahkan tidak haid samasekali selama beberapa bulan.

Yang menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur adalah :

  1. Kelelahan.
  2. Stres/ cemas berlebihan.
  3. Berat badan tidak ideal, baik kegemukan atau terlalu kurus. Diet ekstrim yang menyebabkan penurunan berat badan secara drastis, sering menimbulkan gangguan haid berupa durasi haid menjadi lebih pendek atau tidak haid samasekali.
  4. PCOS. Adanya hormon androgen berlebihan akan mengganggu siklus haid, karena umumnya hormon ini ditemukan pada laki-laki.
  5. Endometriosis. Keluhan disertai dengan haid yang terasa sangat nyeri selama beberapa hari, disertai perdarahan diluar siklus haid.

Sementara yang dapat Anda lakukan agar siklus haid Anda kembali normal adalah :

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  2. Kurangi stres.
  3. Jaga berat badan seideal mungkin. Bila Anda dalam program menguruskan badan, lakukan diet dengan sehat.
  4. Olahraga setiap hari selama 30 menit.
  5. Minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya.
  6. Cukup istirahat dan jangan begadang.

Karena baru terjadi sekali, sementara diobservasi dulu. Bila ulan-bulan selanjutnya siklus haid masih tidak teratur atau tidak haid dalam waktu 3 bulan berturut-turut, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut berupa USG perut.

Salam sehat,

dr. VIna

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh N
25 Jun 2020, 07:46
Haii Dok saya mau bertanya, saya bulan mei dapet haed dalem 1bulan 2kali Apaa bulan berikutnya bisa haed? Gabiasanya saya 1bulan dapet 2kali haed
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
26 Jun 2020, 22:43
Selamat malam N,
Normalnya siklus menstruasi adalah 21 hari -35 hari sekali. jika sebulan mendapat haid 2 kali tapi rentang siklusnya adalah 21 hari, masih bisa dikatakan normal, tapi jika lebih cepat dari 21 hari maka perlu diperiksakan apa yang jadi penyebabnya ya. Jika bulan ini terjadi 2 kali haid, dibulan berikutnya juga akan terjadi haid kalau tidak ada masalah ataupun kehamilan. Salam sehat.
Dibalas oleh SU
28 Jun 2020, 20:57
Hai Dok saya mau bertanya, pada bulan Mei saya haid pada tanggal 28 dan maju ke bulan Juni sampe tanggal 3 apakah bulan Juni saya akan dapat haid lagi atau tidak ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
29 Jun 2020, 23:31
Selamat malam,
Jika siklusnya pada bulan juni di tanggal 3 juni seharusnya akan kembail haid di bulan juli. Perhatikan jika siklus menstruasi lebih cepat dari 21 hari ataupun lebih lambat dari 35 hari perlu diperiksakan. Apabila sebelumnya aktif berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman maka perlu dilakukan pemeriksaan testpack jika haid terlambat. Salam sehat
Dibalas oleh SU
01 Jul 2020, 05:19
Dok saya mau bertanya bulan mei saya daid 2x dok yang kedua x nya saya haid sampe tgal 31 dan bulan juni nya saya tidak haid dok dari bulai mei itu saya berhubungan intim. Knpa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
01 Jul 2020, 15:42
Selamat siang SU,
Bila sudah 1 minggu terlambat haid, sebaiknya lakukan tes pack, karena bisa saja hamil karena ada riwayat berhubungan seksual.
Salam sehat,
dr. Vina
Dibalas oleh SU
04 Jul 2020, 16:24
Ini jawaban dokter .Selamat siang SU,Bila sudah 1 minggu terlambat haid, sebaiknya lakukan tes pack, karena bisa saja hamil karena ada riwayat berhubungan seksual.Salam sehat,dr. VinaSaya sudah tespek dok saat sore hari? Apa harus pagi ya dok tespek nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
06 Jul 2020, 16:32
Selamat siang, SU.
Test pack memang sebaiknya dilakukan dengan urine pagi, atau urine pertama kali setelah bangun tidur, karena apabila terjadi kehamilan maka urine pada waktu pagi tersebut mengandung hormon kehamilan (hCG) paling tinggi dibandingankan pada waktu lainnya. Untuk Anda, ada baiknya melakukan pegulangan test pack satu minggu kemudian untuk memberikan waktu pada hormon agar meningkat dengan signifikan.
Salam sehat
Dibalas oleh RA
01 Aug 2020, 03:20
Dok saya haid di bulan Juni tanggal 7 terus haid lagi di tanggal 25 Juni terus pas di bulan Juli saya ada berhubungan intim kan kalau normalnya haid saya akan haid di tanggal 7 bulan Agustus kalau misalnya belum haid juga terus di tespeck negative itu kenapa dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
01 Aug 2020, 10:51
Selamat siang RA
Siklus haid dihitung dari hari pertama haid pada periode bulan sebelumnya, sampai dengan hari pertama haid pada bulan berikutnya. Normalnya siklus haid wanita adalah 21 - 35 hari. Karena jumlah hari pada setiap bulan berbeda-beda, maka wajar jika tanggalnya tidak selalu sama. Bila sudah dilakukan tes kehamilan dan hasilnya negatif, bisa dilakukan tes ulang dengan jeda 7 hari kemudian, atau melakukan USG kehamilan ke dokter spesialis kandungan terdekat.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga tergolong sebagai salah satu cara melancarkan haid secara alami

Secara Alami atau Obat, Ini Cara Melancarkan Haid yang Aman

Ketika menstruasi Anda tersendat, Anda bisa memilih beragam cara melancarkan haid secara alami. Mulai dari olahraga hingga yoga. Anda juga bisa mengonsumsi obat memperlancar haid yang diresepkan oleh dokter bila diperlukan.