2 hari flu, hidung tersumbat dan batuk dahak. Pada saat batuk perut dan kepala menjadi nyeri, kenapa ya penyebabnya?

MP Info Penanya: MP, Wanita, 2019 Tahun
Hai dok, saya siswi kelas XII, Sudah 2 hari ini saya flu hidung mampet batuk berdahak disertai pusing, pada saat batuk perut ikutan nyeri dan kepalapun juga ikut nyeri dok, nyerinya itu berlangsung ketika batuk saja, kira kira apa ya penyebabnya dok? Sebelumnya terimakasih dok:)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Jadi pada saat anda batuk atau bersin, sebelumnya otot dada anda berkontraksi (mengencang) dan udara masuk ke dalam paru-paru sehingga tekanan meningkat. Rongga dada akan mengembang karena tekanannya yang tinggi sehingga menekan perut. Tekanan pada perut inilah yang membuat nyeri.

Sedangkan pada saat batuk atau bersin, akan terjadi peningkatan aliran darah secara mendadak karena tekanan dalam rongga mendadak turun sehingga aliran darah dari jantung semakin deras dan cepat. Ini yang mengakibatkan gejala sakit kepala.

Dengan mengurangi frekuensi batuk dan bersin maka sakit kepala dan perut anda bisa dihindari. Untuk mengatasi flu sebaiknya istirahat yang cukup, banyak minum cairan, makanan atau minuman yang hangat juga bisa mengurangi keluhan flu. Bila keluhan masih berlanjut, bisa konsultasi dengan dokter untuk mendapat terapi yang sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini 

MP
12 Sep 2019, 12:38
Baiklah, terimakasih banyak dok. Selamat malam selamat beristirahat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi jahe dapat menangani sakit kepala sebelah

6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat di Rumah

Sakit kepala sebelah atau migrain dapat menimbulkan rasa nyeri di satu sisi kepala. Cara mengatasinya yaitu kompres dengan air dingin atau hangat, mengonsumsi kafein dan jahe, serta minum air.