2 bulan setelah menggunakan pil KB apakah sudah bisa hamil?

ED Info Penanya: ED, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau tanya, saya kan pengantin baru dan ikut KB pil kurang dari 1 bulan. Namun 2 bulan kemudian saya belum kunjung hamil juga, apakah pengaruh pil KB kurang dari 1 bulan itu saya belum hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EDS

Pil KB bersifat kontrasepsi hormonal dimana akan membantu keseimbangan hormon di dalam tubuh anda agar tercipta kondisi dimana terjadi pencegahan proses pembuahan. Setelah dihentikan akan terjadi adaptasi kembali dari tubuh anda untuk mengatur keseimbangan tersebut. Pil KB harus digunakan setiap hari karena terlewat satu kali saja bisa mengurangi kemampuannya untuk mencegah kehamilan. 

Bila setelah anda menghentikan penggunaan pil KB dan sudah terjadi menstruasi maka efek dari pil KB sudah tidak ada. Rata-rata setiap pasangan yang aktif berhubungan seksual membutuhkan waktu 1 tahun sampai dengan bisa hamil. Ada pasangan yang lebih subur dan bisa segera hamil 1 bulan setelah menikah. Jadi tidak semua orang sama.

Anda bisa juga memeriksakan diri ke Dokter Kandungan untuk evaluasi organ kandungan anda dengan USG. Apakah ada faktor yang bisa menyebabkan hambatan terjadi kehamilan.

Ingin Cepat Hamil? Ketahui 7 Tips Cepat Hamil yang Efektif Ini

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masa subur wanita setelah haid tidak selalu datang di waktu yang sama setiap bulan

Ini Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid dan Tanda-tandanya

Masa subur wanita setelah haid tidak selalu datang di waktu yang sama setiap bulan. Untuk itu, Anda dapat menghitung sendiri dengan kalender masa subur dan memerhatikan tanda-tandanya.