2 benjolan kecil pada lengan atas, apakah penyebabnya?

DM Info Penanya: DM, Wanita, 18 Tahun
Halo Dok, saya seorang gadis berumur 18 tahun. Saya mempunyai 2 benjolan kecil pada tangan lengan atas, saat masih di SMP (14 thn) hanya satu benjolan namun sekarang ada dua. Benjolan ini terkadang nyeri tanpa disentuh. Saya mencari di internet dengan menulis ciri-cirinya dan mendapati ini adalah Melanoma. Apakah ini benar, terimakasih Dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DMS

Kalau melanoma tampilannya menyerupai tahi lalat. Apakah benjolan kecilnya berwarna? Paling sering benjolan di lengan dan paha diakibatkan menumpuknya protein keratin yang bisa menyumbat folikel rambut dan menghasilkan suatu benjolan. Berbeda dengan melanoma kasus ini termasuk ringan tapi memang bisa menganggu penampilan dan sulit dihilangkan.

Pada kebanyakan orang, kasus ini dimulai dari masa kecil dan bisa hilang dengan sendirinya. Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Kulit untuk diberikan krim atau lotion yang berfungsi untuk melunakkan dan mengurangi bengkaknya. Bisa juga dilakukan tindakan laser untuk menghilangkan warna kemerahan yang timbul dengan benjolannya.

Hindari menggosok kulit dengan berlebihan karena hanya akan menambah bengkaknya. Ada juga salep yang dijual bebas biasanya mengandung asam laktat / AHA yang membantu menghilangkan lapisan keratinnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menggaruk bagian kulit yang terkena dermatitis kontak dapat membuat kulit iritasi

Pilihan Obat Gatal untuk Dermatitis Kontak yang Mengganggu

Dermatitis kontak adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh iritasi suatu zat di kulit atau memicu reaksi alergi. Ada dua jenis dermatitis kontak, yaitu dermatitis kontak alergi dan dermatitis kontak iritan. Gejala yang muncul adalah gatal, kulit kering dan bersisik, ruam merah, kulit melepuh lecet, dan kulit pecah-pecah.