19 bulan, setelah demam ada batuk pilek dan sesak nafas bersuara, bagaimana solusiny?

N Info Penanya: N, Wanita, 24 Tahun
dok anak saya 19 bulan baru sembuh demam tpi skarang bapil dgn sesak, dan ada kringat dngin d kpala stelah demam trun.. nafasnya bersuara, bagaimana solusinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N

Sepertinya anak Anda mengalami serangan asma karena suara nafasnya berbunyi. Sebaiknya segera dibawa ke IGD RS terdekat untuk pemberian obat inhalasi dan mengurangi sesak nafasnya. Asma bisa dipicu karena ada infeksi pernapasan akut (ISPA) yang ditandai dengan demam, batuk dan pilek. Terutama bila ayah atau ibu memiliki riwayat alergi.

Pada saat asma saluran udara mengalami peradangan sehingga membengkak, menyempit dan menghasilkan lendir berlebihan. Akibat penyempitan saluran napas timbul sesak, batuk dan bunyi napas mengi (ngik-ngik). Pemicunya lain seperti udara dingin, debu, asap, coklat, kacang, telur dan banyak faktor alergi lainnya. Segera ke RS terdekat dan kontrol dengan Dokter Spesialis Anak agar diberi terapi pencegah dan saat timbul serangan kembali.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Termometer bayi jenis in-ear dapat Anda gunakan pada bayi yang berusia setidaknya 3 bulan

Beragam Jenis Termometer Bayi dan Kegunaannya

Termometer bayi memiliki banyak jenis dan kegunaan tersendiri. Termometer yang bisa digunakan untuk mengetahui suhu bayi antara lain termometer in-ear, termometer dahi, dan termometer ketiak. Selain itu, ada thermometer yang digunakan untuk mengukur suhu botol susu bayi, dan suhu ruangan serta air mandi untuk bayi.