10 tahun belum hamil

BC Info Penanya: BC, Pria, 34 Tahun
Kami sdh 10 thn menikah tapi belum dikasih keturunan. Mohon pendapatnya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi B.

Seseorang dapat dikatakan infertil atau mandul bila dalam 1 tahun menikah atau 6 bulan menikah untuk usia diatas 35 tahun belum terjadi kehamilan.

Infertilitas dapat disebabkan dari pihak suami ataupun pihak istri.

Pada pihak suami dapat disebabkan oleh gangguan pada sperma (kualitas dan kuantitas) ataupun pada organ yang memproduksi sperma.

Pada pihak istri dapat disebabkan oleh gangguan rahim, gangguan hormonal, gangguan produksi sel telur.

Saya sarankan untuk istri dan suami sama-sama memeriksakan diri ke dokter spesialis, pada laki-laki ke dokter spesialis andrologi dan wanita ke spesialis kandungan, mengingat sudah 10 tahun. sehingga dapat diketahui dari mana dan apa penyebab masih belum memiliki anak. 

Pastikan juga anda dan pasangan melakukan hubungan saat masa subur wanita sehingga terjadi proses ovulasi. Pada usia diatas 35 tahun produksi sel telur pada wanita akan makin berkurang setiap fase menstruasi sehingga lebih cepat lebih baik untuk dilakukan pemeriksaan secara dini.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

LR
31 Oct 2019, 21:50
Haiiii dokkk...Saya mau nnya.Tenggorokan saya kok suka susah buat nelen yah. Kayak ada yg ngganjel di tenggorokan sya.Apa mungki amandel saya bengkak?Tpi saya rasa saya nggak punya penyakit amandel.Apa yg harus saya lakuin dok.Pernah pergi ke dokter tht cma di kasih antibiotik sama cataflam. Cma menurut saya kurang membantu. Masih aja bengkak.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mimpi buruk saat hamil dapat menggambarkan ketakutan yang dimiliki ibu terhadap kehamilannya

Sebenarnya Apa yang Menyebabkan Mimpi Buruk saat Hamil?

Mimpi buruk adalah kondisi yang sering terjadi pada saat hamil. Mimpi buruk saat hamil sering dijumpai terutama menjelang masa persalinan. Kondisi stres dan gangguan tidur menjadi penyebab mimpi buruk.