10 hari setelah keguguran, hasil tes kehamilan masih positif

SN Info Penanya: SN, Wanita
Dok saya lagi hamil 6 minggu dan udah 10 hari yang lalu mengalami keguguran dan setelah kemaren saya cek mengunakan tespack beberapa kali hasilnya tetep positif, kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SN

Tes kehamilan mendeteksi adanya hormon yang dihasilkan saat hamil yaitu hCG (human chorionic gonadotropin) di dalam darah atau air kencing. Hormon tersebut hanya ada pada wanita hamil. Ada beberapa bentuk tumor ovarium yang menghasilkan hCG tapi angka kejadiannya sangat jarang.

Setelah keguguran, hormon tersebut tidak langsung hilang tapi akan berkurang secara perlahan sampai dengan hilang sama sekali setelah beberapa minggu, dipengaruhi juga seberapa lama usia kehamilannya. Selain tes kehamilan yang positif, anda juga masih merasaka gejala lain kehamilan seperti mual, nyeri perut atau payudara.

Bila masih positif juga, sebaiknya kontrol langsung dengan Dokter Kandungan anda. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan darah untuk hCG. Jika hasilnya masih positif maka ada kemungkinan hamil kembali, keguguran yang belum komplit atau kehamilan anggur (sangat jarang kejadiannya).

Bagaimanakah Cara Cepat Hamil Lagi Pasca Kuret? Ini Penjelasannya

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi prematur biasanya tumbuh lebih lambat daripada bayi normal

Kelahiran Prematur: Faktor Penyebab, Gejala, dan Ancaman Bahayanya

Kelahiran prematur adalah proses persalinan yang terjadi saat kandungan memasuki usia 20 minggu dan belum memasuki 37 minggu. Bayi prematur biasanya tumbuh lebih lambat daripada bayi normal