1 tahun setelah melahirkan normal dan tidak menggunakan KB, belum mendapat haid.?

NA Info Penanya: NA, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya... saya sudah punya anak umur 1th dan sampai sekarang saya belum haid,saya juga tidak kb. dan selama satu bulan ini kalau saya mau duduk bagian rahim saya nyeri sekali seperti mau haid dan kalu bab rasanya sakit dibagian pinggang kanan dan kiri. (melahirkan normal)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NAP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Apakah Anda masih memberikan ASI? Karena memberi ASI mempengaruhi kadar hormon Anda. Perubahan hormon tersebut juga mengakibatkan siklus haid Anda berubah. Perlu diingat bahwa proses persalinan adalah sesuatu beban yang besar pada tubuh wanita dan memerlukan waktu untuk pemulihan. Sehingga tidak bisa dibuat suatu standar menstruasi paska melahirkan. Rahim juga memerlukan waktu untuk kembali ke ukuran semula. Apakah Anda sudah mencoba melakukan pemeriksaan kehamilan (test pack) ?

Pada beberapa penelitian kebanyakan wanita mendapat haid kembali dalam 3 bulan. Sehingga Anda perlu memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kandungan untuk melihat organ kandungan Anda dari rahim, saluran tuba falopi dan indung telur (ovarium) agar dapat menentukan diagnosa.  Salah satu yang menganggu siklus haid adalah adanya myoma. Berikut artikel mengenai ciri-ciri penyakit mioma untuk referensi Anda.

Kemudian untuk nyeri perut bawah pada wanita sering diakibatkan kram menstuasi, kehamilan di luar kandungan, kista ovarium atau endometriosis. Biasanya dapat dideteksi dengan menggunakan USG oleh Dokter Spesialis Kandungan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.