1 tahun batuk ketika asam lambung naik, selain itu juga mual dan sesak nafas

KG Info Penanya: KG, Pria, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya, sudah hampir setahun belakangan ini, saya mengalami batuk yang menurut saya selalu timbul ketika asam lambung saya terasa naik. Saya memang penderita sakit maag, tapi setahun belakangan ini seakan-akan menjadi parah karena rasa mual hampir setiap hari terjadi pada saya, disertai dengan sesak nafas dan batuk tidak berdahak.. Kira-kira apa yang terjadi dengan saya dok ? Untuk tambahan informasi, saya acap kali merasa sakit pada perut kanan saya, tahun lalu ketika keluhan yang sama saya bawa ke dokter internist, saya di diagnosa usus buntu dan sudah menjalani pengangkatan usus buntu, tapi gejala mual, batuk dan sesak nafas saya tidak kunjung membaik dok .. Saya khawatir ada masalah di lever / empedu saya, karena saya punya 2 saudara yang kurang lebih mengalami gejala penyakit yang sama dengan saya, ternyata bermasalah dengan batu empedu dan kanker lever ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, KG

Terima kasih atas pertanyaannya.

Dari deskripsi anda kemungkinan anda mengalami refluks asam lambung atau yang disebut GERD. Batuk kering akibat asam lambung yang naik dari kerongkongan akan mengiritasi tenggorokan anda dan menimbulkan batuk. 

Pada saat produksi asam lambung meningkat, maka gas akan bertambah dan terasa mual atau kembung. Perut yang kembung akan membuat nafas terasa tidak nyaman karena penekanan perut oleh dada dan dinding pembatas dada dan perut (diaphragma).

Sedangkan usus buntuk letaknya di usus pojok kanan bawah, dan jaraknya cukup jauh dengan lambung. Untuk batu empedu atau gangguan liver anda juga bisa mengalami keluhan nyeri atau warna kulit menjadi kuning.

Saran saya kontrol kembali dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama dengan keahlian pencernaan dan endoskopi (gelarnya -, SpPD, (K)GEH) untuk evaluasi gangguan anda serta mendapatkan diagnosa yang tepat. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Baiknya tidak minum kopi lebih dari enam cangkir sehari agar tidak menimbulkan masalah kesehatan

Berapa Batas Maksimal Minum Kopi Sehari yang Baik untuk Tubuh?

Minum kopi dalam satu hari sebaiknya tidak melebihi batas maksimal. Hasil studi terbaru menyarankan untuk tidak meminum kopi lebih dari enam cangkir dalam satu hari. Konsumsi kopi berlebihan dapat memicu penyakit jantung dan gangguan lain.