1 minggu terkena flu dan batuk berdahak, demam setiap malam hari. Apakah ini gejala ISPA

C Info Penanya: C, Wanita, 19 Tahun
dok saya mau tanya, saya sudah sekitar seminggu terkena flu dan batuk berdahak. untuk 1 sampai 2 harian saya hanya mengalami batuk pilek dan sakit kepala. tapi untuk seterusnya saya sampai demam setiap malam walaupun panasnya tidak terlalu tinggi dan batuk sudah tidak terlalu parah, apakah saya terkena ISPA?TERIMAKASIH.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, CM

Terima kasih atas pertanyaannya.

Jadi yang dimaksud ISPA adalah infeksi saluran pernafasan atas. Saluran pernafasan atas dimulai dari hidung, dinding mulut, tenggorokan dan pita suara. Memang benar gejala anda menandakan ISPA.

Apakah selama sakit anda sudah periksa dokter atau minum obat? Gejala demam adalah tanda bahwa tubuh anda sedang melawan infeksi dengan cara membuat suasana hangat yang tidak nyaman untuk virus. Bisa saja anda sembuh sendiri tanpa menggunakan obat. Tapi anda juga bisa bantu dengan banyak minum air hangat, atau makan sup hangat. Kalo mie instan tidak dianjurkan bila menggunakan bumbunya karena bisa membuat tenggorokan gatal.

Selama sakit, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan tidur jangan terlalu malam. Bila keluhan belum membaik mungkin anda perlu terapi tambahan yang menggunakan resep dari dokter. Demikian penjelasan dari saya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh C
29 Aug 2019, 08:37
kalau saat demam, bagian tubuh seperti kaki,tangan,jari sering terasa ngilu di beberapa bagian juga termasuk gejala ispa dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.