1 minggu digigit serangga tapi bentolnya masih bertambah. Harus bagaimana ya dok?

MK Info Penanya: MK, Wanita, 2019 Tahun
Siang dokter, saya udah terkena insectbite selama seminggu tapi belum juga hilang. Bahkan bentolnya masih bertambah. Harus gimana ya dok? Sudah saya pakein salep dan minum obat yang dokter kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sayang sekali anda tidak menyebutkan serangganya apa? Apakah model tawon yang mengandung bisa? Coba perhatikan lukanya apakah kira-kira ada sengat atau sesuatu yang tertinggal di lukanya? Gigitan serangga bersifat kotor. Bakteri bisa ikut masuk ke dalam kulit dari binatang tersebut. Kulit yang digigit binatang akan meradang, menjadi bengkak dan darah mengumpul di bekas gigitan. Bakteri bisa tumbuh dengan baik dalam kondisi tersebut. Apakah kulit sekitar gigitan tampak merah? Bila iya kemungkinan ada infeksi bakteri yang menyertai dan akhirnya infeksinya menyebar di bawah kulit anda. 

Sebaiknya anda kontrol kembali dengan dokter untuk mendapat penanganan lanjutan dengan antibiotik, obat radang atau salep yang kuat. Anda juga bisa mengompres dengan es pada daerah yang membengkak untuk mengurangi radangnya. Serta daerah tersebut lebih ditinggikan dari jantung anda saat anda berbaring. Hal ini akan membantu bengkaknya untuk berkurang. Demikian penjelasan dari saya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab stretch mark pada ibu hamil adalah peningkatan berat badan dan menimbulkan rasa gatal

Kenali Penyebab Stretch Mark Berikut Ini pada Ibu Hamil

Meski tidak berbahaya untuk ibu maupun bayi di dalam kandungan, munculnya stretch mark pada ibu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman akibat rasa gatal. Timbunya stretch mark saat hamil dapat disebabkan oleh peningkatan berat badan yang wajar dialami oleh ibu hamil.