Haid terus apa wajar?

NM Info Penanya: NM, Wanita, 12 Tahun
Selamat siang dok saya Syakira umur nya masih 12 mau tanya saya waktu itu pertama kali haid bulan Oktober duaribu sembilan belas nah sekarang saya mau tanya saya kan haid tbulan Agustus itu tanggal 31 kalau ga salah selesai tanggal 7 Agustus dua ribu dua puluh nahh aneh nya selang dua belas hari yaitu tanggal 20 Agustus haid lagi sampai tanggal 25 selang 7 hari sekarang haid lagii tanggal 1 September dua ribu dua puluh izin bertanya kira kira normal gak ya atau gimana? Tolong bantu dok? makasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NM,

Siklus haid normalnya berlangsung setiap 21-35 hari sekali dengan lama haid berkisar 3-7 hari, namun tergantung individu masing-masing. Adanya siklus haid yang maju atau mundur tentunya ada ketidak seimbangan hormon di dalam tubuh.

Sesuai keluhan Anda yakni pertama haid Oktober 2019, kemudian haid 31 Juli - 7 Agustus 2020 dan haid kembali tanggal 20-25 Agustus 2020 lanjut haid lagi tanggal 1 September 2020 maka tentunya bukanlah hal yang normal, karena jarak haidnya terlalu singkat, namun bukan berarti penyebabnya pasti ada suatu penyakit, bisa saja hanya faktor stres, kelelahan, perubahan berat badan, faktor usia pubertas di mana hormon belum stabil sehingga siklus haid bisa berubah-ubah.

Sementara yang dapat Anda lakukan agar siklus haid Anda kembali normal adalah:

  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Minum air putih minimal 2 liter/ hari.
  • Rutin melakukan olahraga, setidaknya lakukan olahraga 30 menit dalam 1 hari, dan lakukan sekitar 5 kali dalam 1 minggu.
  • Tidur secara teratur, usahakan tidur dan bangun di jam yang sama, setidaknya 8 jam setiap hari, dan jangan bergadang.
  • Hindari stres.

Bila jarak siklus haid Anda sangat dekat atau kurang dari 21 hari sekali, maka sebaiknya ajak orang tua agar bisa dibawa periksa ke dokter kandungan, karena perdarahan yang terlalu sering bisa mengakibatkan anemia atau kekurangan darah.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi haid tidak lancar dengan olahraga

Mengenal Faktor Risiko dan Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Cara mengatasi haid tidak lancar wajib diketahui oleh para wanita. Selain olahraga teratur dan mengonsumsi kayu manis, vitamin D juga diketahui dapat melancarkan haid.