Cari Faskes dengan Pemasangan Implan Gigi

Menampilkan 1-11 dari 11 faskes yang ditemukan

Urutkan  
 Tidi Dental Clinic
Klinik GigiTebet, Jakarta Selatan
Senin - Jumat 11:00 - 20:00Sabtu 10:00 - 16:00Minggu 11:00 - 13:00
(Google Review)
RS Dera As-Syifa
Rumah SakitBanjarharjo, Brebes
Senin - Minggu 00:00 - 23:59
(Google Review)
 Ocean Dental Clinic - Kramat Jaya
Klinik GigiCilincing, Jakarta Utara
Senin - Minggu 09:00 - 21:00
(Google Review)
 Ocean Dental Clinic - Cengkareng
Klinik GigiCengkareng, Jakarta Barat
Senin - Minggu 09:00 - 21:00
(Google Review)
 Ocean Dental Clinic - BSD Tangerang
Klinik GigiSerpong Utara, Tangerang Selatan
Senin - Minggu 09:00 - 21:00
(Google Review)
 Ocean Dental Clinic - Bekasi
Klinik GigiTarumajaya, Bekasi
Senin - Minggu 09:00 - 21:00
(Google Review)
Klinik Lina Lica Surabaya
KlinikSambikerep, Surabaya
Senin - Sabtu 07:30 - 21:00Minggu 07:30 - 15:30
(Google Review)
 Infinity Dental Studio
Klinik GigiTangerang, Tangerang
Senin - Jumat 12:00 - 20:00Sabtu 09:00 - 16:00
(Google Review)
 Estetika Dental Clinic
Klinik GigiCempaka Putih, Jakarta Pusat
Senin - Sabtu 09:00 - 21:00
(Google Review)
 Eka Hospital BSD
Rumah SakitSerpong, Tangerang Selatan
Senin - Minggu 00:00 - 23:59
Gawat Darurat 24 Jam
(Google Review)
 Brawijaya Hospital Saharjo
Rumah SakitTebet, Jakarta Selatan
Senin - Minggu 00:00 - 23:59
Gawat Darurat 24 Jam
(Google Review)

Buat Janji Fasilitas Kesehatan untuk Implan Gigi di SehatQ

Implan gigi adalah prosedur penanaman akar gigi buatan yang berbentuk seperti baut pada rahang untuk dapat menopang mahkota gigi buatan. Implan gigi umumnya terbuat dari bahan logam khusus, seperti titanium.

Prosedur implan gigi hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut. Prosedur ini terdiri dari sejumlah tahap. Tak instan, setiap tahapnya membutuhkan waktu penyembuhan, sehingga keseluruhan proses implan gigi dapat memakan waktu sampai beberapa bulan.

Pada dasarnya, gigi palsu yang diimplan terdiri dari tiga fase, yaitu implan gigi yang berperan sebagai akar gigi, mahkota gigi buatan, dan abutment (penyangga) yang menjadi penghubung antara implan dan mahkota gigi. Dengan penyatuan tulang rahang dan implan gigi, gigi palsu akan menjadi lebih kokoh untuk digunakan.

Indikasi pemasangan implan gigi

Prosedur implan gigi dapat dilakukan untuk mengganti satu atau lebih gigi yang hilang atau rusak, baik karena gigi tanggal, berlubang, infeksi, penyakit gusi, atau cedera. Tujuan dilakukannya penggantian gigi dengan prosedur ini dapat berupa pengembalian fungsi gigi atau perbaikan penampilan.

Selain implan gigi, terdapat beberapa pilihan yang juga dapat dilakukan untuk mengganti gigi yang hilang atau rusak, seperti gigi palsu, gigi tiruan jembatan (dental bridge) dan gigi tiruan lepasan.

Namun, daripada kedua pilihan pengganti gigi tersebut, implan gigi memiliki sejumlah kelebihan, diantaranya:

  • Implan gigi lebih memudahkan Anda untuk mengunyah makanan tanpa rasa nyeri dan khawatir gigi akan bergeser, seperti ketika menggunakan gigi tiruan lepasan.
  • Implan gigi akan memberikan kenyamanan lebih dibandingkan dengan gigi tiruan lepasan, karena terpasang dengan kuat.
  • Implan gigi akan lebih terlihat seperti gigi asli.
  • Implan gigi tidak menyebabkan Anda sulit berbicara seperti pada penggunaan gigi tiruan lepasan, karena tidak akan bergeser selama berbicara.
  • Implan gigi dipasang tanpa harus menggeser atau mengubah posisi gigi yang masih ada.
  • Implan gigi tidak membutuhkan perawatan yang serumit gigi tiruan lepasan atau dental bridge, karena tidak harus dilepas-pakai dan tidak menggunakan perekat lagi.
  • Implan gigi bisa bertahan seumur hidup tanpa perlu diganti, sedangkan gigi tiruan lepasan dan dental bridge perlu diganti setiap 7–15 tahun.

Peringatan sebelum melakukan implan gigi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, prosedur implan gigi terdiri dari beberapa tahapan. Masing-masing tahapan memakan waktu yang cukup banyak untuk proses penyembuhan. Oleh karena itu, dibutuhkan rasa kesabaran dan komitmen untuk bisa mencapai hasil akhir.

Ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi agar bisa menjalani implan gigi, yaitu:

  • Anda memiliki tulang rahang yang sudah tumbuh dengan sempurna
  • Anda memiliki jaringan mulut dan gusi yang sehat
  • Anda tidak memiliki kondisi yang dapat mengganggu proses penyembuhan tulang, seperti diabetes
  • Anda tidak sedang menjalani terapi yang dapat mengganggu kelancaran prosedur, seperti radioterapi di daerah leher atau kepala
  • Memiliki tulang rahang yang mampu menahan implan gigi atau bisa menjalani cangkok tulang
  • Tidak merokok atau bukan perokok berat
  • Anda memiliki komitmen kuat untuk menjalani seluruh proses implan gigi

Sebelum Anda akan prosedur implan gigi dilakukan, Anda juga perlu menginformasikan kepada dokter jika sedang menggunakan obat-obatan tertentu, termasuk vitamin, produk herbal, dan suplemen.

Persiapan sebelum implan gigi

Persiapan implan gigi diawali dengan pemeriksaan gigi. Pemeriksaan gigi dilakukan dengan foto Rontgen pada gigi serta membuat model tiga dimensi dari gigi dan tulang rahang Anda.

Setelah itu, pemeriksaan gigi akan dilanjutkan dengan melihat kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh.

Anda yang menderita penyakit jantung atau sedang menggunakan pen untuk patah tulang akan disarankan mengonsumsi antibiotik oleh dokter guna mencegah terjadinya infeksi. Dokter gigi mungkin juga akan meminta Anda untuk berkumur dengan obat kumur antibakteri, seperti chlorhexidine, sebelum prosedur dilakukan.

Usai pemeriksaan gigi dan kondisi kesehatan, dokter akan menyusun rencana pemasangan dan perawatan implan. Rencana ini mencakup berapa banyak gigi yang perlu diganti serta peninjauan apakah tulang rahang membutuhkan cangkok atau tidak.

Operasi implan gigi bisa dilakukan dengan bius lokal atau bius total. Jika bius yang akan diberikan adalah bius total, Anda perlu berpuasa sekitar 6–8 jam sebelum prosedur. Namun, jika prosedur hanya menggunakan bius lokal, Anda masih bisa mengonsumsi makanan ringan sekitar 2 jam sebelum prosedur.

Saat akan menjalani implan gigi, Anda dianjurkan untuk mengajak anggota keluarga atau kerabat untuk menemani dan mengantar pulang.

Buat janji fasilitas kesehatan untuk implan gigi dengan penawaran harga terbaik. Tersedia berbagai layanan pemeriksaan untuk implan gigi di SehatQ yang pasti mudah, aman, dan tepercaya.

FAQ

Fasilitas kesehatan di Tidi Dental Clinic, RS Dera As-Syifa, Ocean Dental Clinic - Kramat Jaya, Ocean Dental Clinic - Cengkareng dan Ocean Dental Clinic - BSD Tangerang merupakan beberapa contoh dari ribuan fakses partner SehatQ yang melayani pendaftaran pasien secara online tanpa harus mengantri.


Tidi Dental Clinic, RS Dera As-Syifa, Ocean Dental Clinic - Kramat Jaya, Ocean Dental Clinic - Cengkareng dan Ocean Dental Clinic - BSD Tangerang merupakan fakses dengan penilaian terbaik.


Tidi Dental Clinic, RS Dera As-Syifa, Ocean Dental Clinic - Kramat Jaya, Ocean Dental Clinic - Cengkareng dan Ocean Dental Clinic - BSD Tangerang memiliki layanan kesehatan yang buka di akhir pekan.


Tidi Dental Clinic, RS Dera As-Syifa, Ocean Dental Clinic - Kramat Jaya, Ocean Dental Clinic - Cengkareng dan Ocean Dental Clinic - BSD Tangerang merupakan fakses yang memiliki layanan darurat 24 jam.


SehatQ merupakan penyedia platform penghubung antara Anda (pasien) dengan dokter dan/atau fasilitas pelayanan kesehatan terkait. SehatQ mendukung layanan pembuatan janji temu di fakses yang tersebar di seluruh Indonesia.


Lakukan pendaftaran menjadi partner atau mitra SehatQ dengan memeriksa tautan link berikut: Mitra Faskes dan Mitra Perusahaan.