Direktori Dokter Umum

Menampilkan 1-24 dari 2018 umum yang ditemukan

dr. Zulkarnaini

Klinik Pratama Syifa Medical Center
Koja, Jakarta Utara

dr. Zatuilla Zahra Meutia

RS Azra
Bogor Utara

dr. Zaenal Alimin

RS Karya Bhakti Pratiwi
Dramaga, Bogor

dr. Yurni Dwi Astuti

RS Hermina Balikpapan

dr. Julia Murni

Klinik Teratai Kebon Jeruk
Kebon Jeruk, Jakarta Barat

dr. Yudith Angeline Hardjadinata, IBCLC

RS Columbia Asia Pulomas
Pulo Gadung, Jakarta Timur

dr. Yudhistira Adi Wibowo

RS Jantung Diagram Cinere
Cinere, Depok

dr. Yudha Gautama Putra

RS Bhakti Mulia
Palmerah, Jakarta Barat

dr. Yosephine U.L. Simanungkalit

Klinik Medika Plaza WTC 2
Setiabudi, Jakarta Selatan

dr. Yohanes Adeo Caesar Evan Santoso

RS St. Carolus
Senen, Jakarta Pusat

dr. Yogo Pardi Wibowo

Mayapada Hospital Tangerang
Tangerang, Tangerang

dr. Yoana Periskila, MKK

RS Awal Bros Bekasi Barat
Bekasi Selatan

dr. Yin Nani, Sp.Ok

RS Islam Jakarta Cempaka Putih
Cempaka Putih, Jakarta Pusat

dr. Yeyes E. Widyatma

RS Gading Pluit
Kelapa Gading, Jakarta Utara

dr. Yety Holil

MRCCC Siloam Hospitals Semanggi
Setiabudi, Jakarta Selatan

dr. Yenny Vandalita

Klinik Praktik Bersama dr. Eric Ricardo & dr. Yenny
Bogor Timur

dr. Yantony Wijaya

RS Awal Bros Tangerang
Pinang, Tangerang

dr. Wulan Orioni B. Singal

RS Columbia Asia Pulomas
Pulo Gadung, Jakarta Timur

dr. Wiranty Ramadhani

Klinik AP&AP Pediatric, Growth, and Diabetes Center
Setiabudi, Jakarta Selatan

DOKTER UMUM

(Oleh : Nadia)

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah dokter umum, mungkin menurut Anda dokter umum mampu mengobati semua penyakit. Jadi, sebenarnya apa itu dokter umum? Dalam dunia medis, dokter umum adalah seorang dokter yang merawat penyakit kronis serta memberikan pencegahan, dan memberikan beberapa saran kesehatan kepada pasien. Dokter umum juga mampu untuk mengelola jenis penyakit dengan cara yang tidak berbeda pada awal tahap perkembangan yang memerlukan intervensi (upaya untuk meningkatkan kesehatan atau mengubah penyebara penyakit).

Secara historis, peran dokter umum pernah dilakukan oleh dokter mana pun yang berkualifikasi di sekolah kedokteran yang bekerja di masyarakat. Namun, sejak 1950-an, praktik umum telah menjadi spesialisasi tersendiri, dengan persyaratan pelatihan khusus yang disesuaikan untuk masing-masing negara. Deklarasi Alma Ata pada tahun 1978 menetapkan landasan intelektual tentang apa perawatan primer dan praktik umum saat ini.Tugas mereka tidak terbatas pada organ tubuh tertentu, dan mereka memiliki keterampilan khusus dalam merawat orang dengan berbagai masalah kesehatan. Mereka dilatih untuk merawat pasien dari segala usia dan jenis kelamin hingga tingkat kompleksitas yang bervariasi antar negara.

Peran Dokter Umum

Dokter Umum memiliki jangkauan peran terluas di antara semua penyedia perawatan medis. Tanggung jawab mereka mencakup yang berikut:

  1. Praktisi umum sering ditempatkan di pusat gawat darurat perawatan primer untuk memberikan konsultasi kepada pasien.
  2. Karena pengetahuan dokter umum yang luas mengenai berbagai macam kondisi medis, mereka terampil dalam menilai masalah dan menentukan arah perawatan yang paling tepat.
  3. Dokter umum dilatih untuk memberikan perawatan jangka panjang kepada pasien yang menderita penyakit kronis dan akut.
  4. Merupakan tanggung jawab mereka untuk mendidik pasien mereka tentang pemeliharaan kesehatan yang benar. Tidak seperti dokter medis lain yang terutama bertanggung jawab untuk merawat pasien, dokter umum berbeda karena mereka juga memiliki kesempatan untuk membantu mencegah penyakit.
  5. Dokter umum bertanggung jawab untuk menangani faktor psikologis dan sosial atau masalah yang memengaruhi perawatan pasien.
  6. Dokter umum dapat melakukan kunjungan rumah sebagai bagian dari perawatan pasien jangka panjang dan juga mendidik kerabat pasien untuk memastikan mereka tahu bagaimana memberikan perawatan juga. Kunjungan rumah ini secara otomatis menjadi bagian dari tugas mereka jika pasien tidak dapat datang ke klinik atau rumah sakit, seperti dalam kasus pasien lansia dan bayi.
  7. Dokter umum juga bertanggung jawab untuk merujuk pasien ke spesialis yang sesuai.
  8. Dokter umum merawat pasien selama operasi.

Kualitas Dokter Umum

Praktisi umum harus memiliki kualitas tertentu yang akan membantu mereka menjadi efektif dalam peran mereka, yaitu :

  • Kemampuan merawat pasien, serta anggota keluarga atau kerabat.
  • Kesadaran akan peran dan tanggung jawab seseorang serta keterbatasannya.
  • Kemampuan untuk mencari bantuan dan bekerja sama dengan dokter dan spesialis medis jenis lain.
  • Komitmen untuk meningkatkan keterampilannya sendiri, sehingga dia dapat memberikan perawatan yang lebih baik untuk pasiennya.
  • Mempunyai kompetensi umum di bidang klinis.
  • Kemampuan untuk mengatur dan memperhatikan detail.

Persyaratan Pelatihan Dokter Umum di Beberapa Negara

Asia - Di sebagian besar negara Asia, mahasiswa kedokteran yang ingin menjadi dokter perawatan primer harus menyelesaikan gelar kedokteran dasar yang setara dengan Sarjana Kedokteran. Di India dan Bangladesh, ini adalah Sarjana Ayurveda, Kedokteran dan Bedah atau Sarjana Kedokteran dan Bedah Homeopati. Ini sering memakan waktu empat setengah tahun hingga lima tahun. Ini harus diikuti oleh magang yang dibagi ke dalam berbagai periode yang dihabiskan di berbagai departemen. Setelah magang yang memuaskan, berikut pendaftaran permanen sebagai Praktisi Umum Terdaftar.

Eropa - Di Eropa, calon praktisi medis harus menyelesaikan studi enam tahun diikuti dengan tiga tahun bekerja sebagai praktisi junior, ini setara dengan magang. Di beberapa negara, harus mengikuti satu tahun kuliah lagi dan dua tahun residensi juga diperlukan.

Inggris - Dokter perawatan primer di Inggris menyelesaikan lima tahun pelatihan sekolah kedokteran. Mereka dapat memperoleh gelar Sarjana Kedokteran dan Sarjana Bedah. Setelah ini, mereka perlu menyelesaikan dua tahun Pelatihan Yayasan dan tiga tahun Program Pelatihan Spesialisasi GP di mana mereka akan dilatih dalam kebidanan, ginekologi, pediatri, geriatri, kecelakaan dan darurat, dan psikiatri.

Praktisi Umum dan Praktik Keluarga: Apa Perbedaannya?

Di Amerika Serikat, praktik umum dan praktik keluarga digunakan untuk merujuk pada profesi atau peran yang sama. Keduanya biasa merujuk ke seorang profesional medis yang lulus dari sekolah kedokteran dan menyelesaikan masa magang yang diperlukan yaitu selama satu tahun.

Namun, hari ini praktik keluarga dianggap sebagai spesialisasi, di mana seorang dokter harus menyelesaikan di atas persyaratan dasar, residensi yang hanya berfokus pada kedokteran keluarga. Dokter keluarga sekarang juga harus menjalani sertifikasi.

Praktisi umum adalah dokter medis yang telah menyelesaikan persyaratan profesional dasar untuk menjadi seorang praktisi kesehatan tanpa mencari spesialisasi lebih lanjut. Alih-alih berspesialisasi, mereka mencari kompetensi dalam dan memainkan peran yang berbeda. Ketika diposisikan dalam komunitas tertentu, seorang dokter umum akan menjadi ahli bedah komunitas, ahli penyakit dalam, dan dokter kandungan, atau peran medis apa pun yang saat ini diperlukan.

Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/General_practitioner

American Academy of Family Physicians: https://aafp.org/.

American Academy of General Physicians. https://aagp.org/.