Direktori Dokter Gizi

Menampilkan 1-24 dari 156 gizi yang ditemukan

Veronika Sisilia A. Utama, S.Gz

RS Cinta Kasih Tzu Chi
Cengkareng, Jakarta Barat

Retno Muji Muliany

Klinik AP&AP Pediatric, Growth, and Diabetes Center
Setiabudi, Jakarta Selatan

Ratna Magdalena, S.Gz

RS Cinta Kasih Tzu Chi
Cengkareng, Jakarta Barat

Prof. dr. R. Rachmad Soegih, Sp.GK

RS Metropolitan Medical Center
Setiabudi, Jakarta Selatan

dr. Yushila Meyrina, Sp.GK, M.Si

RS Columbia Asia Semarang
Semarang Barat, Semarang

dr. Yohannessa Wulandari, Sp.GK, M.Gizi

RS St. Carolus
Senen, Jakarta Pusat

dr. Wahyu Ika Wardhani, Sp.GK, M.Biomed, M.Gizi

RS Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)
Beji, Depok

dr. Vetinly, Sp.GK, M.Gizi

Omni Hospitals Alam Sutera
Serpong Utara, Tangerang Selatan

dr. Verawati Sudarma, Sp.GK

Siloam Hospitals Asri
Pancoran, Jakarta Selatan

dr. Tan Lina, Sp.GK, MS

RSU Hermina Jatinegara
Jatinegara, Jakarta Timur

dr. Syaufi Zahrah, Sp.GK

RS Hermina Bekasi
Bekasi Selatan

Dr. dr. Sri Wuryanti, Sp.GK, MS

RS YARSI
Cempaka Putih, Jakarta Pusat

dr. Siti Djulaeha Yahya, Sp.GK

RSU Universitas Kristen Indonesia (UKI)
Kramat Jati, Jakarta Timur

dr. Shanty Iswara, Sp.GK

RS Harapan Bunda
Ciracas, Jakarta Timur

dr. Setio Indriatin Megawati, Sp.GK

RS Gading Pluit
Kelapa Gading, Jakarta Utara

dr. Samuel Oetoro, Sp.GK

MRCCC Siloam Hospitals Semanggi
Setiabudi, Jakarta Selatan

dr. Rosnah Pinontoan, Sp.GK, M.Gizi

RS Hermina Kemayoran
Kemayoran, Jakarta Pusat

dr. Rianita , Sp.GK

RSUP Fatmawati
Cilandak, Jakarta Selatan

dr. Retno Kuntarti Heruyanto, Sp.GK, M.Gizi

Omni Hospitals Alam Sutera
Serpong Utara, Tangerang Selatan

dr. Ratri Saumi, Sp.GK, M.Kes

RSUP Fatmawati
Cilandak, Jakarta Selatan

dr. Raissa Edwina Djuanda , Sp.GK, M.Gizi

RS Metropolitan Medical Center
Setiabudi, Jakarta Selatan

dr. Raden Roro Putri Adimukti Ningtias, Sp.GK, M.Kes, M.Farm

RS Murni Teguh Sudirman
Tanah Abang, Jakarta Pusat

dr. Pauline Endang Praptini, Sp.GK, MS

RSUP Fatmawati
Cilandak, Jakarta Selatan

dr. Paulina Toding, Sp.GK, M.Gizi

RS Royal Progress
Tanjung Priok, Jakarta Utara

Dokter Spesialis Gizi

(Myrza)

Ahli gizi adalah seorang spesialis medis yang memberi nasihat kepada orang lain tentang masalah makanan dan gizi dan dampaknya terhadap kesehatan. Ahli gizi juga dikenal sebagai ilmuwan nutrisi, ahli gizi klinis, ahli gizi olahraga, ahli gizi masyarakat, atau ahli gizi kesehatan masyarakat, tergantung pada lokasi dan pengaturan kerja mereka. Beberapa orang berspesialisasi dalam bidang-bidang tertentu, seperti nutrisi olahraga, kesehatan masyarakat, atau nutrisi hewan, di antara disiplin ilmu lainnya. Di banyak negara, seseorang dapat mengklaim sebagai ahli gizi bahkan tanpa pelatihan, pendidikan, atau lisensi profesional, berbeda dengan ahli gizi, yang memiliki gelar sarjana, lisensi profesional, dan sertifikasi untuk praktik profesional. Ada dewan sertifikasi ahli gizi, yang mengharuskan pelamar memiliki gelar lanjutan bersama dengan pengalaman praktis sebelum mengambil ujian sertifikasi mereka. Ahli gizi yang lulus tes ini dapat menyebut diri mereka sebagai spesialis gizi bersertifikat, atau C.N.S, yang merupakan gelar yang dilindungi. Banyak dokter, termasuk dokter medis, ahli osteopati, asisten dokter, ahli tulang dan dokter naturopati, yang mempraktikkan nutrisi klinis setelah menyelesaikan pekerjaan ekstra dalam studi ilmu pangan dan nutrisi.

Pendidikan dan Pelatihan

Untuk menjadi ahli gizi terdaftar, seorang individu harus memiliki gelar sarjana dalam bidang terkait kesehatan, seperti:

  • Ilmu makanan
  • Dietetika
  • Manajemen sistem pelayanan makanan
  • Nutrisi
  • Perawatan gizi klinis
  • Biologi
  • Mikrobiologi
  • Kimia
  • Biokimia
  • Ilmu urai
  • Psikologi

Saat ini, beberapa program gelar gizi online tersedia secara luas bagi mereka yang ingin mengambil gizi tetapi tidak dapat melakukannya penuh waktu. Program online ini mengadakan kelas online dengan komponen hands-on minimal.

Spesialisasi gizi

Ada beberapa spesialisasi di bidang nutrisi, sehingga ahli gizi juga dapat memilih apa yang menjadi fokus. Berikut adalah beberapa contoh paling populer:

  • Ahli Diet Terdaftar - Ahli Diet Terdaftar bertanggung jawab untuk menyediakan terapi nutrisi medis kepada pasiennya sebagai cara untuk membantu mereka mencegah penyakit. Mereka dapat bekerja di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, tetapi juga dapat menjalankan praktik pribadi di berbagai bidang, seperti bisnis, olahraga, atau dunia usaha.
  • Nutrisi Manusia - Seorang Ahli Nutrisi Manusia mempelajari fungsi-fungsi nutrisi yang berbeda, bagaimana metabolisme seseorang bekerja, dan bagaimana ini dapat mempengaruhi kesehatannya. Mereka yang ingin berspesialisasi dalam nutrisi manusia harus fokus pada mata pelajaran seperti biologi, kimia organik, mikronutrien dan makronutrien, dan fisiologi manusia.
  • Nutrisi Ternak - Beberapa ahli gizi juga dapat fokus pada kebutuhan nutrisi dan makanan hewan. Mereka dapat bekerja di kebun binatang dan fasilitas pelestarian margasatwa. Mereka yang ingin mengkhususkan diri dalam nutrisi hewan harus mengambil kursus seperti perilaku hewan, pengolahan makanan, dan ekonomi.

Kapan sebaiknya Anda menemui ahli gizi?

Jika Anda berjuang dengan masalah kesehatan atau berat badan dan tidak ada tren diet dan panduan gizi swadaya nampaknya membantu, Anda dapat mengambil manfaat dari janji dengan ahli gizi.

  1. Untuk mencegah penyakit - Mendapatkan asupan nutrisi yang tepat dapat membantu mencegah timbulnya penyakit atau kondisi degeneratif. Seorang ahli gizi dapat menyesuaikan rencana makan yang dapat memaksimalkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.
  2. Untuk perawatan penyakit - Ketika didiagnosis dengan kondisi kesehatan dan penyakit tertentu, tubuh membutuhkan dukungan sebanyak mungkin untuk mengelola gejala penyakit atau bahkan untuk menunda perkembangannya.
  3. Untuk menjaga berat badan - Menjaga berat badan yang tepat dan efektif sering memerlukan perubahan gaya hidup holistik, yang juga harus disesuaikan berdasarkan penampilan fisik seseorang. Seorang ahli gizi dapat menyesuaikan rencana diet tertentu yang akan mempertimbangkan tingkat aktivitas Anda, tingkat metabolisme, dan sebagainya.
  4. Untuk kebugaran umum - Rencana nutrisi yang baik dapat meningkatkan rasa kesejahteraan seseorang serta tingkat energinya. Seorang ahli gizi dapat membantu memperkenalkan perubahan positif ke dalam gaya hidup Anda dengan membantu Anda makan dengan benar.

https://en.wikipedia.org/wiki/Nutritionist#cite_note-lipson-1

https://nutritionsciencedegree.org/what-is-the-difference-between-a-nutritionist-and-a-dietician/