Cari Dokter Bedah Anak di Makassar

Menampilkan 1-3 dari 3 Dokter Bedah Anak di Makassar yang ditemukan

Urutkan  
dr. Tommy Rubiyanto Habar, Sp.B, Sp.BA

dr. Tommy Rubiyanto Habar, Sp.B, Sp.BA

Dokter Spesialis Bedah AnakRS Hermina MakassarManggala, Makassar
dr. Farid Nur Mantu, Sp.BA

dr. Farid Nur Mantu, Sp.BA

Dokter Spesialis Bedah AnakRSIA Catherine BoothUjung Pandang, Makassar
dr. Ahmadwirawan, Sp.B, Sp.BA

dr. Ahmadwirawan, Sp.B, Sp.BA

Dokter Spesialis Bedah AnakRS GrestelinaPanakkukang, Makassar

Dokter Spesialis Bedah Anak

(Oleh Rizki Julianto)

Pernahkah anak Anda mengalami cedera atau sakit yang mengharuskan anak Anda  menjalani  tindakan operasi?  Jika iya, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan dokter spesialis bedah anak. Namun, sebenarnya apa yang menjadi tugas dan bagaimana tanggungjawab dokter bedah anak? Simak informasi tentang dokter spesialis bedah anak berikut ini.

Pengertian Bedah Anak (Surgical Pediatric)

Ahli spesialis bedah anak tentunya berbeda dengan ahli bedah umum atau bedah dewasa. Seorang dokter spesialis bedah anak memerlukan pendidikan yang lebih jauh mengenai kesehatan anak, serta pelatihan pediatrik khusus. Dalam standar internasional, seorang dokter bedah anak setidaknya harus menyelesaikan minimal 4 tahun pendidikan kedokteran, kemudian dilanjutkan dengan 5 tahun pendidikan bedah umum, dan pendidikan tambahan pediatri minimal 2 tahun. Ahli bedah anak memiliki tugas dan tanggungjawab untuk merawat anak-anak dari tahap baru lahir hingga remaja akhir.

Dokter spesialis bedah anak akan meliputi prosedur pembedahan melalui proses bedah untuk gangguan penyakit anak, diantaranya:

  1. Cacat bawaan organ dalam : penyumbatan usus besar, atresia esofagus, atresi usus, imperforasi anus, testis yang tidak menurun (undescended testes).
  2. Hernia dan gangguan dinding abdomen
  3. Cacat dinding dada
  4. Tumor Anak
  5. Operasi pemisahan bayi kembar siam

Sejarah Dokter Spesialis Bedah Anak

Dalam catatan sejarah perkembangan ilmu kedokteran spesialis bedah anak di Indonesia dimulai ketika terjadi pembelajaran ilmu bedah anak melalui kerjasama pendidikan berupa magang di dalam dan luar negeri. Sejarah mencatat bahwa ahli bedah anak di Indonesia pertama kali dipelopori oleh dr. Adang Zainal Kosim, SpB (Jakarta), dr. Darmawan Kartono, SpB (Jakarta), dr. Eddy Mulyanto Halimun, SpB, (Jakarta), dan beberapa ahli bedah lain. Dengan praktek pendidikan bedah anak pertama kali diselenggarakan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di bagian Poli Bedah dan merupakan pendidikan lanjutan dari spesialis bedah umum dengan lama pendidikan lanjutan sekitar 2 tahun untuk menambah pengetahuan ilmu kedokteran anak yang diperlukan sebagai dokter bedah anak yang kompeten dan ahli dibidangnya.

Sumber :

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. https://fk.ui.ac.id/spesialis.html

Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. http://www.fk.unpad.ac.id/page/prodi/NQ/MjA

American Academic of Pediatrics. https://www.healthychildren.org/English/family-life/health-management/pediatric-specialists/Pages/What-is-a-Pediatric-Surgeon.aspx

Surgical Pediatric Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/Pediatric_surgery