Zumba Dance, Olahraga Mengasyikkan yang Punya Banyak Manfaat

Zumba dance sebaiknya dilakukan dengan instruktur
Ilustrasi kelas Zumba dance bersama instruktur

Jika Anda ingin melakukan olahraga yang menyenangkan, Zumba dance bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain menyehatkan, olah fisik yang satu ini juga tergolong seru. Berikut ini adalah manfaat dan contoh gerakan dari Zumba dance.

Apa itu Zumba dance?

Zumba dance merupakan olah tubuh yang menggabungkan antara musik internasional dan latin dengan gerakan tarian. Zumba termasuk ke dalam aktivitas aerobik yang mencampurkan gerakan berima lambat dan cepat untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Ada beberapa jenis kelas Zumba, mulai dari kelas Aqua Zumba hingga kelas Zumba Toning yang menggabungkan latihan kekuatan dengan beban untuk pembakaran kalori tambahan.

Fakta menariknya adalah, selain Zumba termasuk ke dalam olahraga aerobik, berkeringat selama 60 menit di kelas ini dapat membakar sekitar 360 kalori, Bahkan pembakaran kalori ini lebih banyak daripada step aerobics atau kickboxing.

Menarik, bukan?

Apa manfaat Zumba dance?

Latihan aerobik seperti Zumba dipercaya bisa mengurangi risiko beragai penyakit, membantu menjaga berat badan sehat, menjaga kesehatan jantung, dan dapat membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik.

Agar Anda semakin bersemangat melakukannya, berikut ini adalah beberapa manfaat Zumba dance lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti kelasnya secara teratur.

1. Membantu membakar lemak

Zumba dance dapat membantu Anda membakar kalori, dan tentunya, lemak di tubuh Anda. Bahkan, dalam 1 menit melakukan Zumba, Anda dapat membakar sekitar 9 kalori. Bayangkan jika Anda melakukannya selama 1 jam. 

Guna mendapatkan manfaat yang satu ini, cobalah untuk melakukan Zumba dance tiga kali seminggu dan ditunjang dengan pola makan sehat.

2. Menurunkan tekanan darah

Studi menunjukkan bahwa mengikuti kelas Zumba selama 12 minggu dapat membantu seseorang dengan berat badan berlebih untuk menurunkan tekanan darah dan berat badannya.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Zumba menggunakan musik dengan irama yang relatif cepat. Hal inilah yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebuah studi bahkan juga menunjukkan bahwa melakukan Zumba secara teratur dapat menurunkan tekanan darah sistolik. Tekanan darah sistolik merupakan tekanan darah puncak yang dicapai selama kontraksi jantung aktif.

Selain beberapa hal di atas, Zumba dance juga dapat membantu Anda menjaga kebugaran kardiovaskular, menjadikan tubuh lebih fleksibel, dan meningkatkan energi.

Intip gerakan Zumba dance

Ingin mempraktikkan Zumba dance di rumah? Berikut adalah beberapa contoh gerakan yang bisa Anda pelajari di rumah.

1. Salsa

Anda bisa memulai Zumba dance dengan gerakan salsa. Caranya, ambil satu langkah ke kiri dengan kaki kiri Anda. Kemudian tumpu berat badan Anda ke kaki kanan.

Melangkah mundur ke tengah dengan kaki kiri, lalu ambil langkah ke kanan dengan kaki kanan, dengan berat badan menumpu di kaki kiri.

Lalu ulangi gerakan Anda hingga beberapa kali.

2. Marengue steps

Setelah melakukan gerakan salsa, Anda bisa melakukan gerakan marengue steps. Berdirilah tegap dengan kaki berdekatan. Geser pinggul Anda ke kanan dan angkat kaki kiri, lalu hentakkan kaki Anda.

Kemudian, geser pinggul ke kiri dan angkat kaki kanan Anda, lalu hentakkan kaki. Setelah Anda dapat melakukannya dengan baik, cobalah untuk meningkatkan kecepatan gerakan Anda.

Anda bisa melakukan beberapa gerakan dasar di atas sebagai permulaan dengan beberapa kali pengulangan. Sebagai pemula, sebaiknya Anda juga mencari kelas Zumba dance yang cocok dengan kebutuhan Anda. Dengan begini, olahraga dapat lebih menyenangkan dan Anda bisa mendapatkan panduan yang tepat dari pelatih.

Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan beberapa peralatan yang dibutuhkan. Misalnya, pakaian olahraga yang nyaman, sepatu olahraga, dan jangan lupa untuk menyediakan air mineral yang cukup agar Anda tetap terhidrasi dengan baik selama olahraga.

Mayoclinic
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/expert-answers/zumba/faq-20057883
Diakses 2 Mei

Webmd
https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/zumba-workouts
Diakses 2 mei

Healthline
https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/benefits-of-zumba#3
https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/zumba-for-weight-loss#Can-Zumba-help-you-lose-weight?-
Diakses 2 Mei

Verywell health
https://www.verywellhealth.com/systolic-and-diastolic-blood-pressure-1746075#what-is-systolic-blood-pressure
Diakses 3 Mei

Livestrong
https://www.livestrong.com/article/259945-basic-zumba-moves/
Diakses 3 Mei

Instructables
https://www.instructables.com/id/Learning-the-basic-Zumba-moves/
Diakses 3 Mei

Artikel Terkait