Manfaat Zucchini Baik untuk Kesehatan Tubuh, Mari Kenali Lebih Jauh


Manfaat zucchini bisa didapat dari nutrisi yang terkandung. Zucchini adalah sejenis labu kecil yang masih satu keluarga dengan melon dan sebenarnya termasuk ke kelompok buah-buahan.

0,0
28 Jan 2020|Rieke Saraswati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat zucchini baik untuk jaga kesehatan tubuhManfaat zucchini untuk kesehatan tubuh berasal dari gizi yang terkandung
Manfaat zucchini ternyata bisa Anda rasakan untuk kesehatan Anda.Zucchini atau zukini adalah sejenis labu yang masih satu keluarga dengan melon dan timun. Manfaatnya pun tak kalah besar dengan kedua buah tersebut.Ya, meski sering dianggap sebagai sayuran, zucchini sebenarnya tergolong sebagai buah. Namun, beberapa orang masih menyebutnya “sayur zucchini” karena sering diolah ke dalam masakan daripada dikonsumsi langsung, seperti tomat atau timun.Sekilas bentuk zucchini atau yang kerap disebut terong Italia ini mirip dengan timun, tapi ada juga yang berbentuk bulat atau seperti botol. Warna buah yang berasal dari Amerika ini bervariasi dari kuning, hijau muda, dan hijau.Manfaat zucchini juga telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk menangani berbagai masalah medis. Sebut saja pilek, nyeri, dan gangguan kesehatan lainnya.

Kandungan nutrisi zucchini

Manfaat zucchini didapat dari gizinya yang kaya. Satu cangkir atau 223 gram zucchini yang sudah dimasak mengandung:
  • 17 kalori
  • 1 gram protein
  • <1 gram lemak
  • 3 gram karbohidrat
  • 1 gram gula
  • 1 gram serat.
Selain itu, buah panjang berwarna hijau ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, mangan, kalium, magnesium, dan zat gizi lainnya.

Berbagai manfaat zucchini

Hampir semua bagian sayur zucchini dapat dimanfaatkan, baik bagian buah, kulit, dan bijinya. Maka dari itu, sayang jika Anda hanya mengonsumsi buahnya saja. Berikut ini adalah manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari zucchini:

1. Membantu mengurangi berat badan

Manfaat zucchini kaya serat sehingga baik untuk menahan rasa lapar
Manfaat zucchini kaya serat sehingga baik untuk menahan rasa lapar
Manfaat zucchini ternyata baik bagi pejuang diet. Kalori di dalamnya sangat rendah sehingga Anda tak perlu takut timbangan akan naik saat mengonsumsinya.Tak hanya itu, serat yang ada dalam zucchini bagus untuk memperlambat pencernaan makanan. Alhasil, perut Anda akan terbantu untuk cepat kenyang.

2. Menjaga kesehatan mata

Sayur zukini mengandung antioksidan bernama lutein yang bagus untuk kesehatan mata. Sebuah studi terbitan Nutrients mengungkap bahwa mengonsumsi 6 mg lutein setiap harinya dapat menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula yang terkait usia.Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut jika mengonsumsi lutein dari makanan alami, seperti sayur dan buah-buahan, ataupun suplemen. 

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat zucchini mampu menurunkan kolesterol jahat
Manfaat zucchini mampu menurunkan kolesterol jahat
Menambahkan sayur zucchini ke dalam makanan Anda bisa membantu meningkatkan kesehatan organ jantung. Serat pektin yang ada dalam zucchini diketahui efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Seperti yang Anda tahu, kadar LDL yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.Potasium dalam zucchini juga diyakini dapat melebarkan pembuluh darah, yang kemudian membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah tidak terkontrol, efeknya jantung Anda bisa terganggu.

4. Menurunkan kadar gula darah

Ternyata, manfaat zucchini adalah alternatif karbohidrat yang lebih sehat daripada nasi putih atau pasta. Anda bisa menyerutnya hingga melingkar-lingkar layaknya spaghetti atau mi. Anda tak perlu takut kekurangan karbohidrat karena per cangkirnya zucchini mengandung 3 gram karbohidrat.Menurut berbagai penelitian, pola makan rendah karbohidrat dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Serat dalam zucchini juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kadar gula darah bisa lebih stabil.

5. Baik untuk pencernaan

Tingginya kadar air dalam zucchini membuat buah ini bagus untuk pencernaan. Air dapat membantu melembutkan konsistensi tinja sehingga menurunkan risiko konstipasi.Manfaat zucchini yang satu ini memberi makan bakteri-bakteri baik dalam usus. Bakteri-bakteri tersebut akan memproduksi asam lemak rantai pendek yang menyehatkan sel-sel usus Anda.Selain lima manfaat tersebut, sayur zucchini juga dianggap baik untuk kesehatan tulang, prostat, serta tiroid. Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan melihat bahwa zucchini mungkin dapat membantu membunuh atau menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaatnya pada manusia.  

Tips memilih dan menyimpan zucchini

 Berikut adalah tips yang sebaiknya Anda ingat sebelum membeli zucchini:
  • Pilih yang panjangnya tidak lebih dari 15 cm karena zucchini dengan ukuran ini memiliki tekstur yang lebih empuk dan beraroma.
  • Pastikan zucchini tersebut mengkilap, halus, dan berwarna cerah.
  • Hindari membeli zucchini yang sudah terpotong atau memiliki bercak-bercak karena itu tandanya buah tidak lagi segar.
  • Taruh zucchini dalam kantong plastik berlubang sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.
  • Agar tidak rusak, jangan menyimpan zucchini di dalam kulkas lebih dari tiga hari.

Catatan dari SehatQ

Manfaat zucchini yang bisa Anda rasakan berasal dari nutrisi yang melimpah. Buah ini memberikan banyak sekali manfaat kesehatan, mulai dari untuk menurunkan kadar gula darah hingga meningkatkan kesehatan jantung. Jadi, cobalah memasukkan zucchini ke dalam asupan sehari-hari Anda untuk memperoleh manfaat tersebut.Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait manfaat sayuran dan pola makan sehat lainnya, chat gratis dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatbuah dan sayuranhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/zucchini-benefits
Diakses pada 25 Januari 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/health-benefits-of-zucchini.html
Diakses pada 25 Januari 2020
Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3708350/
Diakses pada 21 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait