logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Yogurt Rendah Lemak Ternyata Tidak Selalu Sehat

open-summary

Tidak selamanya yogurt rendah lemak baik bagi kesehatan karena produk fermentasi susu sapi ini mengandung gula yang lebih tinggi dari yogurt biasa. Berikut adalah beberapa manfaat yogurt rendah lemak yang perlu Anda ketahui.


close-summary

13 Jul 2020

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Yogurt rendah lemak tidak selamanya lebih baik daripada yogurt biasa

Yogurt rendah lemak biasanya mengandung lebih banyak gula

Table of Content

  • Yogurt rendah lemak vs. yogurt biasa
  • Manfaat minum yogurt rendah lemak

Yogurt dikenal sebagai makanan atau minuman yang baik bagi kesehatan, apalagi jika ia berlabel yogurt rendah lemak. Namun, benarkah jenis yogurt ini memang memiliki manfaat yang lebih superior dibanding yogurt biasa?

Advertisement

Yogurt pada dasarnya merupakan produk olahan susu yang dibuat dengan cara fermentasi dengan bakteri khusus. Yogurt ini mengandung protein, kalsium, dan bakteri baik yang salah satu fungsinya adalah menyehatkan saluran cerna.

Bila yogurt pada umumnya dibuat menggunakan susu murni (whole milk), yogurt rendah lemak terbuat dari susu yang dikurangi zat lemaknya hingga tersisa sekitar 2 persen saja. Ada pula yogurt yang tidak mengandung lemak sama sekali karena dibuat dari susu skim.

Yogurt rendah lemak vs. yogurt biasa

Para ahli kesehatan memang kerap merekomendasikan produk olahan susu yang rendah lemak agar Anda tidak kelebihan kalori. Oleh karena itu, banyak orang berpikir yogurt rendah lemak lebih baik daripada yogurt biasa yang terbuat dari susu murni.

Padahal di sisi lain, yogurt rendah lemak mengandung zat lain yang sama berbahayanya, yakni gula berlebih. Dibanding yogurt biasa, kandungan gula dalam yogurt rendah lemak biasanya lebih banyak karena digunakan untuk mengatrol rasa yogurt yang kurang sedap karena berkurangnya kandungan lemak.

Sementara itu, yogurt biasa sebetulnya juga baik dikonsumsi mengingat kandungan lemak di dalamnya merupakan jenis lemak trans alami, tidak seperti lemak trans berbahaya yang terdapat pada junk food. Lemak ini bahkan memiliki manfaat bagi kesehatan Anda, contohnya mengurangi risiko penyakit jantung.

Jadi, apakah Anda sebaiknya tetap mengonsumsi yogurt biasa dibanding yogurt rendah lemak? Semua tergantu preferensi dan kondisi tubuh Anda.

Jika Anda ingin yogurt yang lebih rendah kalori, yogurt rendah lemak adalah pilihan yang lebih baik. Namun, perhatikan juga kandungan gula di dalamnya dan sebisa mungkin pilih yogurt tawar atau mengandung sedikit gula.

Manfaat minum yogurt rendah lemak

Yogurt rendah lemak juga merupakan produk dari susu sapi sehingga makanan ini juga kaya akan protein susu plus nutrisi lain, seperti kalsium, vitamin B-2 dan B-12, kalium, dan magnesium. Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik alias bakteri baik yang menjadikan yogurt terasa asam.

Berdasarkan kandungan tersebut, yogurt rendah lemak digadang-gadang memiliki manfaat kesehatan, seperti:

1. Menyehatkan saluran cerna

Probiotik dipercaya dapat membantu meringankan berbagai masalah kesehatan, seperti konstipasi, diare, dan peradangan usus besar, dan infeksi bakteri H. pylori. Yogurt juga dipercaya dapat meredakan intoleransi laktosa dan mencegah terjadinya kanker usus, meski klaim ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

2. Meredakan infeksi vagina

Mengonsumsi yogurt rendah lemak yang juga rendah gula dapat meredakan infeksi vagina akibat Candida atau ragi, termasuk pada wanita yang mengalami diabetes. Studi menunjukkan bahwa wanita diabetes yang mengalami infeksi Candida di vagina berpeluang untuk sembuh lebih cepat dengan minum yogurt beku dengan pemanis aspartam.

3. Mencegah osteoporosis

Sama seperti produk susu pada umumnya, yogurt rendah lemak juga merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik sehingga dapat menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain dari yogurt, Anda juga dapat memperoleh vitamin D dari berjemur sinar matahari pagi dan sumber makanan lainnya.

Baca Juga

  • Cara Menyimpan Daging yang Benar agar Tahan Lama
  • Tak Hanya Lezat, Ini Beragam Manfaat Buah Blackberry
  • Cara Membuat Burger yang Sehat dan Tetap Lezat

Selain manfaat-manfaat di atas, yogurt rendah lemak juga memiliki sifat yang ramah bagi lambung pada penderita intoleransi laktosa. Pemilik kondisi ini biasanya tidak bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari susu sapi, termasuk susu cair maupun es krim.

Penderita intoleransi laktosa biasanya mengalami kekurangan kalsium sehingga mencoba yogurt rendah lemak sebagai sumber nutrisi yang satu ini bisa dicoba. Meski demikian, orang yang alergi susu sapi sebaiknya tidak mencoba mengonsumsi segala bentuk yogurt karena produk ini masih mengandung protein hewani yang sama dengan susu sapi.

Advertisement

makanan sehatmanfaat probiotik

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved