Usia hamil 34 minggu mungkin menyebabkan gejala seperti kelelahan, susah tidur, dan sesak napas
Perut ibu akan semakin membesar memasuki usia hamil 34 minggu

Memasuki usia kehamilan 34 minggu, ibu mungkin mulai merasa khawatir karena waktu persalinan semakin dekat. Pada minggu ini, ibu hamil biasanya sudah mempersiapkan berbagai perlengkapan bayi yang diperlukan si Kecil setelah lahir.

Meski sudah mendekati waktu persalinan, berbagai perkembangan pada janin masih terjadi. Ibu hamil umumnya juga masih merasakan berbagai perubahan pada dirinya. Sebenarnya apa saja yang terjadi ketika hamil 34 minggu?

Perkembangan pada janin ketika hamil 34 minggu

Saat hamil 34 minggu, panjang janin kira-kira 40-45 cm dengan berat 2,2 kg, yang kurang lebih seukuran buah melon. Sebagian besar rambut halus yang menutupi tubuh janin pun telah hilang.

Mata janin juga telah berkembang baik, di mana pupil dapat melebar dan mengecil sebagai respons terhadap cahaya. Tak hanya itu, paru-paru janin juga sudah terbentuk dengan baik. Jika calon bayi Anda laki-laki, maka di minggu ini buah zakarnya turun ke skrotum.

Janin juga akan terlihat bertambah gemuk karena adanya lapisan lemak yang disimpan di bawah kulitnya. Karena janin semakin membesar, ditambah dengan kurangnya ruang dalam kandungan, membuat kaki si bayi seringkali ditekuk. Namun, ia masih dapat bergerak, terutama kaki dan tangannya.

Vernix atau lapisan putih berlilin yang menutupi kulit bayi pun akan semakin menebal untuk melindungi kulit dari pengeringan cairan ketuban, serta menjadi pelumas untuk membuatnya bergerak lebih mudah melewati jalan lahir.

Dalam kandungan, janin juga sudah mengenali suara Anda. Ini karena bagian telinga yang mengirim pesan ke otaknya (koklea) sudah lebih matang. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda sering bernyanyi untuknya. Penelitian menunjukkan bahwa bayi dapat ditenangkan oleh lagu yang sering dinyanyikan saat ia masih di dalam perut.

Perubahan pada ibu ketika hamil 34 minggu

Berat janin yang semakin bertambah akan membawa perubahan dalam tubuh ibu. Ketika kehamilan terus membesar, Anda dapat merasakan berat di sekitar bagian tengah tubuh. Selain itu, berat badan juga bisa terus bertambah akibat retensi cairan tubuh yang dibutuhkan untuk perkembangan janin.

Di masa kehamilan ini, jumlah air ketuban dalam rahim mungkin akan memuncak, namun akan menurun setelahnya. Sebagian pusar wanita hamil juga menjadi bodong seiring dengan perutnya yang semakin besar. Kondisi ini merupakan hal yang normal terjadi sehingga tak perlu dikhawatirkan. Umumnya, ibu hamil di usia 34 minggu juga merasakan gejala-gejala, seperti:

  • Kelelahan
  • Susah tidur
  • Sering buang air kecil
  • Sakit panggul
  • Mulas dan gangguan pencernaan
  • Sesak napas.

Untuk mengatasi berbagai gejala kehamilan menjelang persalinan, Anda memerlukan cukup waktu untuk beristirahat dengan duduk atau berbaring. Di samping itu, cobalah untuk tidur di siang hari agar lebih segar dan berenergi. Namun ketika hendak bangun dari posisi tidur, lakukan secara perlahan karena jika bangun dengan cepat, Anda bisa merasa pusing hingga pegal-pegal.

Sebaiknya, Anda juga menghindari makanan pedas karena dapat memperburuk rasa mulas yang umum terjadi pada ibu hamil akibat tekanan rahim yang membesar. Perbanyak konsumsi buah dan sayur karena dapat memberi nutrisi bermanfaat untuk Anda dan janin.

Sebentar lagi Anda dapat bertemu dengan si Kecil sehingga Anda harus lebih hati-hati dalam menjaga kehamilan ini. Lakukan yoga atau senam hamil untuk membantu Anda mempelajari gerakan-gerakan yang diperlukan dalam mempersiapkan persalinan. Tak hanya itu, yoga juga dapat membuat ibu lebih rileks, serta terhindar dari stres menjelang kelahiran.

Jika di minggu ini, Anda mulai mengalami kontraksi, sebaiknya segera hubungi dokter. Catatlah berapa lama Anda mengalami kontraksi dan seberapa dekat jarak antar kontraksi. Informasi ini akan diperlukan oleh dokter.

Sebagian wanita memang dapat melahirkan lebih awal, yang juga dikenal dengan kelahiran prematur. Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir karena di usia kehamilan 34 minggu, bayi memiliki peluang yang baik untuk dilahirkan dengan selamat dan dapat hidup dengan sehat.

Segera periksakan diri Anda pada dokter jika mengalami pendarahan di vagina, kebocoran air ketuban, nyeri perut atau pinggul yang parah, dan sakit kepala hebat. Dokter akan menentukan penanganan yang tepat untuk Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/34-weeks-pregnant#tips-for-healthy-pregnancy
Diakses pada 27 November 2019

Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/34-weeks-pregnant
Diakses pada 27 November 2019

Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/34-weeks-pregnant-4159227
Diakses pada 27 November 2019

Artikel Terkait