Cara sit up yang benar
Cara sit up yang benar dapat memaksimalkan manfaat yang didapat dari gerakan tersebut

Selain push up, sit up adalah latihan dasar lain yang direkomendasikan untuk dapat membentuk serta menguatkan otot perut dan panggul Anda. Sayangnya, kebanyakan orang tidak memahami cara sit up yang benar dan berisiko mengalami cedera.

Menerapkan cara sit up yang benar tidak hanya menghindarkan Anda dari cedera di area punggung bawah dan leher, tetapi juga membantu Anda mendapatkan manfaat sit up secara optimal.

 

Bagaimana cara sit up yang benar?

Melakukan sit up tidaklah sulit karena selain praktis dan tanpa menggunakan alat, Anda hanya perlu berbaring di lantai atau alas yoga. Berikut adalah langkah-langkah cara sit up yang benar.

  1. Berbaring dengan punggung menempel di lantai dan lutut yang menekuk. Tempelkan kaki ke lantai atau kaitkan kaki pada pegangan. Anda juga bisa meminta seseorang untuk memegang kaki Anda.
  2. Taruh tangan di samping kepala dan menyentuh telinga atau taruh tangan secara menyilang di bahu. Hindari mendorong leher ke atas.
  3. Tarik napas dan angkat tubuh bagian atas serta tekukkan ke arah lutut. Hembuskan napas saat Anda melakukan gerakan tersebut.
  4. Turunkan badan bagian atas secara perlahan ke lantai kembali dan tarik napas saat kembali ke posisi semula. Pastikan Anda menurunkan seluruh bagian atas tubuh ke lantai.

Saat melakukan sit up, Anda tidak perlu memaksakan leher untuk menekuk bersama dengan tubuh bagian atas. Usahakan punggung bagian bawah tetap menempel di lantai dan tulang belakang membentuk huruf “C” saat Anda sedang mengangkat tubuh ke arah lutut.

Tidak ada perbedaan yang besar antara membiarkan kaki menempel di lantai begitu saja atau mengkaitkan kaki pada pegangan, tetapi menaruh kaki pada pegangan dapat turut serta melatih otot paha bagian bawah.

Bagi pemula, Anda tidak perlu memaksakan diri dengan melakukan repetisi dalam jumlah yang banyak. Pada awalnya, Anda dapat melakukan sit up sebanyak 10 repetisi dan perlahan-lahan meningkatkannya sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

Menguatkan otot melalui sit up

Menerapkan cara sit up yang benar sangat membantu Anda untuk bisa memaksimalkan pelatihan pada otot tubuh. Otot yang dilatih saat Anda melakukan sit up adalah otot perut bagian atas, tengah, dan samping, otot panggul, otot dada, serta otot leher.

Meskipun latihan sit up berpusat pada otot di tubuh bagian atas, tetapi gerakan ini juga dapat melatih otot paha bagian bawah yang bekerja untuk menyeimbangkan kaki Anda.

Selain melatih otot tubuh, latihan sit up dapat menyokong perjalanan Anda dalam menurunkan berat badan, karena latihan ini mengaktifkan sel lemak yang bekerja untuk membakar kalori. Anda juga bisa memperbaiki postur tubuh saat melakukan sit up dengan posisi yang benar.

Cedera otot yang terjadi saat sit up

Anda berisiko mengalami cedera di punggung bagian bawah dan leher saat tidak melakukan cara sit up yang benar, seperti mengangkat leher secara berlebih.

Cedera juga bisa terjadi ketika otot perut atau panggul tidak terlalu kuat untuk mengangkat tubuh bagian atas ke arah lutut.

Bila otot perut atau panggul lemah, maka otot punggung akan mengkompensasi gerakan sit up yang akhirnya memberikan tekanan atau peregangan otot yang berlebih pada bagian punggung.

Anda juga rentan mengalami cedera jika tidak melakukan pemanasan atau menjalani dengan asal-asalan. Selalu lakukan pemanasan dengan benar dan kuatkan otot perut terlebih dahulu dengan gerakan lain yang lebih ringan, seperti crunch, curl-up, side bridge, dan sebagainya.

Catatan dari SehatQ

Selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki nyeri atau masalah pada punggung bagian belakang atau pinggang sebelum mencoba latihan sit up. Sebaiknya lakukan gerakan yang lebih ringan jika Anda mengalami masalah pada pinggang atau punggung.

Bila mengalami cedera yang membuat Anda kesulitan untuk beraktivitas, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/sit-ups-vs-crunches
Diakses pada 31 Januari 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/487008-how-to-do-a-correct-sit-up/
Diakses pada 31 Januari 2020

Artikel Terkait