Wortel Mengandung Vitamin Apa Saja? Simak Daftar Lengkapnya


Wortel adalah sumber vitamin A yang murah, mudah dicari, dan lezat. Wortel juga mengandung vitamin K yang penting untuk membantu penyembuhan luka dan kesehatan tulang.

(0)
29 Jan 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Wortel mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan tubuhWortel banyak mengandung vitamin A dalam bentuk beta-karoten
Siapa yang tak tahu wortel? Sayuran umbi berwarna oranye ini mudah ditemukan dimana-mana. Tak hanya cocok disisipkan dalam berbagai hidangan, wortel pun mengandung beragam nutrisi seperti vitamin. Wortel mengandung vitamin apa saja? Mari simak di artikel ini.

Wortel mengandung vitamin apa saja? 

Dikenal pamornya sebagai makanan yang bagus untuk kesehatan mata, wortel banyak mengandung vitamin dalam daftar berikut ini:

1. Vitamin A

Wortel dapat menjadi sumber vitamin A yang murah, mudah dicari, dan lezat.Wortel banyak mengandung vitamin A dalam bentuk beta-karoten. Betakaroten merupakan provitamin A yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A setelah dikonsumsi. Konsumsi wortel dengan berat 50 gram dapat melebihi kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin A, yakni hingga 167%. Vitamin A sendiri memainkan beragam peran penting bagi tubuh, termasuk untuk kinerja sistem imun serta menjaga fungsi penglihatan.

2. Vitamin K

Wortel mengandung vitamin K, jenis vitamin yang penting untuk pembekuan darah, membantu penyembuhan luka, dan kesehatan tulang.Setiap 50 gram wortel mengantongi vitamin K hingga 6,6 mikrogram. Jumlah tersebut dapat mencukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin K hingga 6 persen.

3. Vitamin B6

Vitamin pada wortel yang tak kalah penting yakni vitamin B6, atau disebut juga dengan piridoksin.Vitamin B6 dalam wortel dapat mencapai 0,069 miligram untuk setiap 50 gram wortel. Kadar ni mampu mencukupi sekitar 5% kebutuhan harian tubuh.Vitamin B6 atau piridoksin itu sendiri terlibat dalam pembentukan hemoglobin (protein dalam sel darah merah) serta membantu tubuh menggunakan dan menyimpan energi dari makanan.

4. Vitamin C

Wortel pun ternyata mengandung vitamin C, meski kadarnya tidak terlalu banyak. Setiap 50 gram wortel mengantongi sekitar 3 miligram vitamin C. Akan tetapi, jumlah ini dapat mencukupi hingga 3% kebutuhan vitamin C harian Anda. Ada beragam fungsi yang dijalankan oleh vitamin C. Vitamin C amat penting untuk menjaga kinerja sistem imun, kesehatan kulit, kesehatan pembuluh darah, serta terlibat dalam pemulihan luka.

5.  Vitamin B1

Brokoli mengandung vitamin B1 atau populer dengan sebutan tiamin. Seperti banyak vitamin B lain, vitamin B1 terlibat dalam pelepasan energi dari makanan serta menjaga kesehatan fungsi sistem saraf. Setiap 50 gram wortel menyumbang sekitar 0,033 miligram vitamin B1. Jumlah ini mencukupi ‘hanya’ sekitar 3% dari kebutuhan harian tubuh terhadap tiamin.

6. Vitamin B3

Seperti vitamin B1, setiap 50 gram wortel mengandung vitamin B3 yang mencukupi kebutuhan tubuh hingga 3% kebutuhan harian Anda.Disebut juga dengan niasin, vitamin B3 terlibat dalam penggunaan energi dari makanan serta pemeliharaan kesehatan sistem saraf dan kulit. 

7. Vitamin B9

Wortel turut mengandung vitamin B9 atau folat. Namun, kadar folat dalam wortel juga tak begitu banyak.Setiap 78 gram wortel mengandung vitamin B9 dengan kadar 13,7 mikrogram untuk menutupi 3% dari kebutuhan harian tubuh.Meski demikian, vitamin B ini penting dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin B9 juga amat penting bagi ibu hamil untuk membantu menurunkan risiko cacat tabung saraf pada bayi.

8. Vitamin B5

Konsumsi wortel juga memberikan vitamin B5 atau asam pantotenat. Untuk setiap 50 gramnya, wortel mengandung vitamin B5 sebesar 0,137 miligram. Kadar tersebut ‘hanya’ memenuhi 3% kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin B5. Seperti saudara-saudaranya, asam pantotenat juga terlibat dalam penggunaan energi dari makanan yang masuk ke tubuh.

9. Vitamin B2

Vitamin pada wortel lainnya yakni vitamin B2 atau riboflavin. Porsi konsumsi 50 gram wortel mengantongi 0,029 miligram vitamin B2. Jumlah ini hanya mencukupkan 2% kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin riboflavin.Vitamin B2 berperan penting dalam penggunaan energi dari makanan. Vitamin ini juga membantu menjaga kesehatan sistem saraf, kulit, dan mata.

Manfaat wortel untuk kesehatan

Dengan nutrisi wortel yang beragam, termasuk vitamin di atas, membuat sayuran umbi ini amat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat wortel, termasuk:
  • Mengendalikan kadar kolesterol
  • Menurunkan risiko kanker
  • Menjaga kesehatan mata
  • Cocok disisipkan untuk diet

Catatan dari SehatQ

Wortel mengandung vitamin yang cukup beragam, terutama vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6. Wortel juga mengandung vitamin C dan beberapa vitamin B lainnya.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait konsumsi vitamin harian dari makanan, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ yang berikan informasi kesehatan terpercaya.Download aplikasi SehatQ gratis di Appstore dan Playstore.
tips dietmakanan sehatmakanan dietnutrisibuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/carrots
Diakses pada 18 Januari 2021
National Heatlh Service. https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/vitamin-b
Diakses pada 18 Januari 2021
Nutrition Data. https://nutritiondata.self.com/facts/vegetables-and-vegetable-products/2383/2
Diakses pada 18 Januari 2021
Nutrition Value. https://www.nutritionvalue.org/Carrots%2C_raw_nutritional_value.html
Diakses pada 18 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait