Cara Mengatasi Rasa Bersalah ke Anak karena Menjadi Working Mom


Working mom seringkali dihantui rasa bersalah karena meninggalkan anak bekerja. Cara mengatasi rasa bersalah karena menjadi working mom adalah dengan tidak menghakimi diri sendiri dan menghindari negative self-talk.

0,0
Working mom seringkali dihantui rasa bersalah karena meninggalkan anak bekerjaMenjadi seorang working mom tentu bukanlah pekerjaan yang mudah
Working mom seringkali menerima pandangan negatif dari orang lain. Beberapa orang berpikir, seorang ibu seharusnya terus berada di rumah, mendampingi pertumbuhan dan perkembangan anaknya.
Peranan ibu dalam pertumbuhan dan perkembangan anak memang sangatlah penting. Namun, seorang wanita pasti memiliki alasan tersendiri mengapa mereka memutuskan menjadi working mom

Apa itu working mom?

Working mom adalah seorang ibu yang memutuskan untuk bekerja setelah mempunyai anak. Keputusan ini sering dipandang negatif oleh banyak orang karena kehadiran ibu dalam proses tumbuh kembang anak, terlebih pada usia muda, sangatlah penting.Menjadi seorang working mom tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Diperlukan kesabaran perjuangan, serta pengorbanan besar untuk dapat membagi waktu antara urusan mengasuh anak dengan pekerjaan.Tak hanya itu, working mom juga seringkali dihantui rasa bersalah karena meninggalkan anak mereka bekerja. Apabila dibiarkan begitu saja, rasa bersalah tersebut bisa menyebabkan stres yang berkepanjangan dan meningkatkan risiko depresi.

Cara mengatasi rasa bersalah karena menjadi working mom 

Rasa bersalah yang muncul karena menjadi working mom bisa mengganggu kondisi Anda, baik secara fisik maupun mental. Melihat efek yang bisa ditimbulkan, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi rasa bersalah dalam kepala.Beberapa tindakan yang bisa dilakukan, di antaranya

1. Jangan menghakimi diri sendiri

Menghakimi diri sendiri hanya akan membuat Anda terus terjebak dalam rasa bersalah. Misal, Anda lupa membawakan piyama ketika anak mengikuti acara sekolah yang mengharuskannya menginap. Hal tersebut kemudian membuat Anda merasa bersalah dan gagal sebagai seorang ibu.Agar tidak dihantui rasa bersalah, berhentilah menyalahkan diri sendiri. Cobalah untuk berpikir lebih jauh. Apakah anak akan sedih karena tidak dibawakan piyama? Apakah hal tersebut bisa berpengaruh terhadap nilai sekolah buah hati? Tentu saja tidak.

2. Atur alarm kegiatan yang berkaitan dengan anak

Untuk mencegah munculnya rasa bersalah karena lupa waktu akibat sibuk bekerja, atur alarm kegiatan yang berkaitan dengan anak. Buatlah jadwal berisi apa saja yang harus Anda lakukan dengan si Kecil hari ini. Cara ini bisa meminimalkan Anda melewatkan momen-momen penting bersama anak.

3. Hindari negative self-talk

Negative self talk hanya akan membuat Anda terus merasa bersalah. Setiap orang pasti akan membuat kesalahan dan hal tersebut wajar untuk terjadi. Daripada berbicara negatif pada diri Anda, cobalah mencari cara untuk memperbaiki keadaan dan mencegah kejadian buruk yang sama terulang kembali di masa depan.

4. Terapkan batasan

Sebagai ganti karena sibuk bekerja, working mom umumnya akan menuruti semua kemauan anak. Hal tersebut dilakukan agar ia tidak lagi merasa bersalah karena meninggalkan si Kecil bekerja.Perilaku semacam ini sebaiknya dihindari karena tidak baik untuk perkembangan psikologis anak. Jika diteruskan, anak akan manja dan merasa bahwa semua keinginannya haruslah terpenuhi. Oleh sebab itu, Anda sebagai orangtua harus berani mengatakan tidak, terlebih untuk hal-hal yang dapat berdampak buruk untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

5. Jaga komunikasi

Komunikasi merupakan salah satu kunci penting dalam hubungan, termasuk dengan anak. Anda bisa mendorong anak untuk bercerita mengenai pengalaman maupun perasaan yang dirasakannya. Meluangkan waktu untuk anak, terlebih saat hari libur, merupakan hal wajib supaya anak tidak merasa diabaikan.

6. Menerapkan teknik relaksasi

Jika rasa bersalah yang Anda rasakan mulai menyebabkan stres, cobalah untuk menerapkan teknik relaksasi. Beberapa metode yang bisa diterapkan untuk meredakan stres seperti teknik pernapasan dalam, meditas, yoga, hingga melakukan aktivitas-aktivitas yang disukai oleh anak Anda.

Catatan dari SehatQ.

Working mom seringkali dihantui rasa bersalah karena meninggalkan anak bekerja. Jika terus dibiarkan begitu saja, perasaan bersalah tersebut dapat mengakibatkan stres. Oleh sebab itu, penting bagi mereka untuk mengetahui cara mengatasinya.Beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bersalah karena menjadi working mom, di antaranya tidak menghakimi diri sendiri, hindari negative self-talk, menjaga komunikasi dengan anak, serta menerapkan teknik relaksasi saat stres. Apabila stres yang dirasakan mulai mengganggu aktivitas, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda dapat bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mental
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/working-moms-and-stress-relief-3145161
Diakses pada 9 November 2021
Very Well Mind. https://www.verywellfamily.com/overcome-working-mom-guilt-4145348
Diakses pada 9 November 2021
Harvard Business Review. https://hbr.org/2020/09/how-to-let-go-of-working-mom-guilt
Diakses pada 9 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait