Mengenal Bahasa Cinta Words of Affirmation beserta Contohnya


Word of affirmation adalah bahasa cinta lewat perkataan lisan atau tertulis. Orang dengan love language ini merasakan cinta ketika menerima pujian, apresiasi, dan dukungan dari pasangan mereka.

0,0
Banyak orang yang merasa bahwa ungkapan cinta melalui perkataan hanya sebatas di bibir saja. Tanpa tindakan nyata, mereka tidak merasakan adanya keseriusan pasangan di dalam menjalin hubungan.Di sisi lain, ada juga orang yang memang senang menerima atau memberi pujian ke pasangan sebagai bentuk cinta. Apabila hal tersebut terjadi pada Anda, bisa jadi bahasa cinta Anda adalah words of affirmation.

Apa itu word of affirmation?

Word of affirmation adalah bahasa cinta yang ditunjukkan melalui perkataan lisan atau tertulis. Bagi orang yang memiliki bahasa cinta ini, dukungan dan pujian dari orang lain bisa memberi kepuasan tersendiri bagi mereka. Sejalan dengan apa yang diterima, orang dengan love language ini juga akan menyampaikan cintanya dengan cara serupa. Apresiasi antara satu sama lain bisa membuat mereka merasa senang dan istimewa. Tak hanya itu, keintiman dengan pasangan pun akan ikut meningkat.Dalam kehidupan sehari-hari, beberapa contoh bahasa cinta word of affirmation adalah sebagai berikut:
  • Memuji penampilan pasangan
  • Mendukung pasangan saat sedih
  • Mengucapkan I love you ke pasangan
  • Menyebut pasangan sebagai salah satu inspirasi
  • Menghargai apa yang dilakukan pasangan untuk Anda
  • Mengatakan bahwa pasangan sangat berarti untuk Anda
  • Memberi pujian ketika pasangan berhasil meraih capaian tertentu
  • Menyebut bahwa Anda tidak dapat berhasil mencapai sesuatu tanpa bantuan pasangan

Tindakan yang harus dilakukan jika bahasa cinta pasangan words of affirmation

Beberapa orang seringkali dibuat bingung jika bahasa cinta pasangan mereka adalah words of affirmation. Kebingungan tersebut umumnya terjadi saat bahasa cinta mereka berbeda dengan pasangan.Apabila bahasa cinta pasangan merupakan words of affirmation, beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya merasa dicintai, antara lain:

1. Ungkapkan apa yang dirasakan

Perkataan manis yang Anda berikan tentu akan sangat berarti untuk pasangan. Cobalah untuk mengungkapkan perasaan Anda melalui kata-kata, bisa secara lisan maupun tertulis. Dengan begitu, pasangan akan merasa istimewa dan dicintai.

2. Tulis jika sulit menyampaikan secara lisan

Beberapa orang mungkin merasa malu untuk menyampaikan rasa sayang mereka ke pasangan secara langsung. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mencobanya dengan menulis pesan maupun surat untuk pasangan. Pasangan tentu akan lebih menghargainya apabila Anda menyampaikan segala sesuatunya dari hati.

3. Pilih kata-kata dengan bijak

Bagi orang dengan bahasa cinta words of affirmation, kata-kata adalah segalanya. Oleh sebab itu, Anda harus memilih apa yang hendak diucapkan secara bijak. Jika Anda hendak memberi kritik ke pasangan, selipkan komentar yang konstruktif. Dengan begitu, mereka bisa menerima apa yang Anda katakana tanpa bersifat defensif.

4. Cari tahu kata-kata yang paling disukai pasangan

Untuk membuat pasangan Anda semakin jatuh cinta, carilah kata-kata yang ia sukai. Contoh, pasangan mungkin akan merasa berbunga-bunga dan pipinya merah ketika Anda berkata “I love you”. Anda bisa menyampaikan ucapan tersebut secara rutin untuk membuatnya merasa dicintai setiap harinya.

Bagaimana jika word of affirmation adalah bahasa cinta Anda sendiri?

Apabila bahasa cinta Anda adalah words of affirmation, komunikasikan dengan pasangan. Dengan begitu, pasangan bisa jadi lebih mengerti bentuk ungkapan cinta Anda. Selain itu, pasangan juga menjadi lebih tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat Anda senang.Saat pasangan mencoba untuk memberikan cinta melalui kata-kata, jangan lupa mengapresiasi apa yang ia lakukan. Apresiasi yang Anda berikan bisa membuatnya merasa dihargai, di mana hal tersebut tentunya akan berdampak baik terhadap hubungan.

Catatan dari SehatQ

Word of affirmation adalah bahasa cinta lewat perkataan lisan atau tertulis. Orang dengan love language ini merasakan cinta ketika menerima pujian, apresiasi, dan dukungan dari pasangan mereka.Apabila bahasa cinta pasangan Anda adalah word of affirmation, cobalah untuk mencari tahu kata-kata yang ia sukai. Jangan lupa juga untuk memilih kata-kata dengan bijak. Sebaliknya, jika Anda memiliki bahasa cinta ini, jangan ragu untuk menyampaikannya kepada pasangan agar ia lebih mengerti.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda dapat bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
percintaanmenjalin hubungan
Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/articles/how-to-use-words-of-affirmation
Diakses pada 9 Oktober 2021
Women’s Health. https://www.womenshealthmag.com/relationships/a29699122/words-of-affirmation-love-language/
Diakses pada 9 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait