Wolff Parkinson White Syndrome, Kondisi Jantung Berbahaya yang Mengancam Jiwa

(0)
02 Oct 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Wolff Parkinson White Syndrome bisa mengancam jiwaWolff Parkinson White Syndrome dapat menyebabkan jantung berdetak cepat
Pernahkah Anda mendengar tentang Wolff Parkinson White syndrome (sindrom WPW)? Wolff Parkinson White syndrome adalah gangguan sistem konduksi pada jantung. Kondisi ini terjadi ketika jantung mengembangkan jalur listrik tambahan atau menyimpang sehingga menyebabkan jantung berdebar-debar yang bisa mengancam jiwa.Sindrom WPW termasuk kondisi bawaan, tetapi cukup jarang terjadi. Gangguan ini bahkan hanya memengaruhi 1-3 dari 1.000 orang di seluruh dunia. Meski begitu, WPW tetap perlu Anda waspadai.

Penyebab Wolff Parkinson White syndrome

Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab Wolff Parkinson White syndrome. Namun, karena sindrom ini sudah ada sejak lahir, maka kemungkinan disebabkan oleh beberapa kelainan yang terjadi selama perkembangan janin.Sebagian orang yang mengidap sindrom WPW ditemukan memiliki mutasi gen PRKAG2 yang dipercaya mengakibatkan penyakit ini. Bukan hanya mutasi gen, sindrom ini juga dikaitkan dengan beberapa bentuk penyakit jantung bawaan, misalnya anomali Ebstein.Jantung orang yang terkena sindrom WPW pun mengembangkan jalur listrik ekstra yang dapat mengganggu detak jantung normal. Akibatnya, impuls listrik mengaktifkan detak jantung terlalu dini atau pada waktu yang salah. 

Gejala Wolff Parkinson White syndrome

Gejala sindrom WPW dapat terjadi pada bayi hingga orang dewasa. Bayi yang memiliki sindrom ini umumnya menunjukkan gejala-gejala, seperit warna kulit yang keabu-abuan atau kebiruan, rewel, napas cepat, dan sulit makan. Sedangkan, gejala Wolff Parkinson White Syndrome yang biasanya terjadi, yaitu:Jantung dapat berdetak cepat secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik atau beberapa jam. Dalam kasus yang parah, aritmia akibat sindrom WPW dapat menyebabkan serangan jantung dan kematian mendadak.Jika Anda atau keluarga mengalami gejala Wolff Parkinson White syndrome, segera hubungi dokter. Pemeriksaan sangat diperlukan karena gejala sindrom WPW mirip dengan beberapa kondisi medis tertentu.

Pengobatan Wolff Parkinson White syndrome

Pengobatan Wolff Parkinson White syndrome tergantung pada gejalanya. Manuver vagal yang dilakukan dengan batuk, mengejan, atau meletakkan kompres es di wajah dapat membantu memperlambat detak jantung yang cepat. Di samping itu, beberapa pilihan pengobatan sindrom WPW yang bisa diambil, yakni:

1. Ablasi kateter

Prosedur ini dilakukan untuk menghancurkan jalur listrik ekstra pada jantung Anda. Dokter akan memasukkan kateter kecil melalui pembuluh darah di selangkangan dan mengulurnya sampai ke jantung. Ketika ujung kateter mencapai jantung, elektroda pun dipanaskan. Lalu, energi frekuensi radio akan menghancurkan area yang menyebabkan detak jantung tidak normal.

2. Obat-obatan

Obat antiaritmia, termasuk adenosine dan amiodarone, mungkin dibutuhkan untuk mengobati irama jantung abnormal yang disebabkan oleh sindrom WPW. 

3. Kardioversi elektrik

Jika obat-obatan tidak berhasil, dokter akan menyarankan kardioversi. Prosedur ini dilakukan dengan memberikan sengatan listrik ke jantung guna mengembalikan ritme normalnya.Anda akan berada di bawah pengaruh bius saat menjalani prosedur ini. Dokter akan meletakkan pedal atau tambalan di dada Anda untuk memberi efek kejut. Prosedur ini biasanya dilakukan bagi penderita sindom WPW yang gejalanya tidak membaik setelah diberikan pengobatan lain.

4. Operasi

Operasi jantung terbuka juga dapat digunakan untuk mengobati sindrom WPW. Akan tetapi, operasi ini biasanya dilakukan jika Anda memerlukan pembedahan untuk mengobati kondisi jantung lainnya.

5. Alat pacu jantung buatan

Jika Anda terus mengalami masalah dengan ritme jantung setelah melakukan pengobatan, dokter mungkin akan menanamkan alat pacu jantung buatan untuk mengatur ritme jantung Anda.Selain pengobatan, perubahan gaya hidup juga diperlukan. Oleh sebab itu, hindari kafein, alkohol, rokok, dan obat yang memicu kerja jantung karena bisa memperburuk Wolff Parkinson White syndrome. Jangan ragu untuk memeriksakan diri pada dokter spesialis jantung dan pembuluh darah supaya mendapatkan penanganan yang tepat.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang Wolff Parkinson White syndrome, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit jantungserangan jantungjantung berdebar
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK554437/
Diakses pada 18 September 2020
GHR. https://ghr.nlm.nih.gov/condition/wolff-parkinson-white-syndrome#genes
Diakses pada 18 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wolff-parkinson-white-syndrome/symptoms-causes/syc-20354626
Diakses pada 18 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/wolff-parkinson-white-syndrome#treatments
Diakses pada 18 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait