logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Penyakit

WHO Rekomendasikan Vaksin Malaria Baru untuk Anak-anak

open-summary

Baru-baru ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan vaksin malaria terbaru yang bernama R21/Matrix-M. Vaksin malaria ini diharapkan bisa tersedia pada pertengahan tahun 2024.


close-summary

Ditinjau secara medis oleh dr. Reni Utari

5 Okt 2023

vaksin malaria

WHO rekomendasikan vaksin kedua untuk anak-anak yang diharapkan bisa tersedia pada pertengahan 2024 mendatang

Table of Content

  • WHO merekomendasikan vaksin malaria baru untuk anak-anak
  • Perlukah vaksin malaria di Indonesia

Malaria adalah penyakit mematikan yang disebarkan oleh beberapa jenis nyamuk kepada manusia. Biasanya, penyakit ini paling sering ditemukan di negara-negara tropis. Kabar baiknya, malaria bisa dicegah, salah satunya dengan pemberian vaksin. 

Advertisement

Baru-baru ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan vaksin malaria kedua untuk anak-anak, guna mencegah menyebarnya penyakit tersebut. Berapa tingkat efektivitasnya?

WHO merekomendasikan vaksin malaria baru untuk anak-anak

Pada Senin (2/10) kemarin, WHO resmi merekomendasikan penggunaan vaksin malaria kedua, yaitu vaksin R21/Matrix-M. Vaksin ini telah disetujui untuk digunakan di beberapa negara, yaitu Burkina Faso, Nigeria, dan Ghana. 

Sebagai informasi, hampir setengah juta anak di benua Afrika meninggal setiap tahunnya akibat penyakit malaria

Vaksin R21/Matrix-M ini diciptakan oleh Universitas Oxford, Inggris, dan diproduksi oleh Serum Institute of India. 

Sebelumnya, pada 2021, vaksin RTS,S yang diproduksi oleh GSK, direkomendasikan oleh WHO untuk mencegah malaria pada anak-anak, terutama di wilayah penularan malaria sedang sampai tinggi. 

BACA JUGA: Dari 5 Jenis Malaria, Kenali Mana yang Paling Mematikan

Tapi, permintaan vaksin RTS,S sangatlah tinggi, bahkan sampai melebihi pasokan. Oleh sebab itu, kehadiran R21/Matrix-M diharapkan bisa melindungi lebih banyak anak dari malaria. 

Baik vaksin RTS,S dan R21/Matrix-M memiliki efektivitas yang sama, yaitu sekitar 75 persen dalam mencegah malaria apabila diberikan dalam kondisi yang sama. 

WHO mengungkapkan, satu dosis R21/Matrix-M dihargai sekitar 2-4 dollar Amerika Serikat (atau sekitar Rp31.000-Rp62.000).

Dalam uji klinis, vaksin R21/Matrix-M terbukti aman. Akan tetapi, sama halnya seperti vaksin baru yang lain, para ahli akan terus memantau tingkat keamanan dari vaksin malaria tersebut.

WHO menjelaskan, vaksin RTS,S akan mulai didistribusikan ke beberapa wilayah di Afrika pada awal tahun 2024, sedangkan R21/Matrix-M diperkirakan akan tersedia pada pertengahan tahun 2024. 

BACA JUGA: Cara Pencegahan Penyakit Malaria yang Paling Efektif dan Tepat

Perlukah vaksin malaria di Indonesia

Indonesia juga memerlukan vaksin malaria. Sebab, berdasarkan laporan WHO pada 2022, Indonesia menjadi negara peringkat kedua tertinggi setelah India di Asia Tenggara untuk jumlah kasus malaria. 

Meskipun sempat mengalami penurunan angka kasus pada 2010-2014, kasus malaria di Indonesia cenderung stagnan sejak tahun 2014-2019. 

Tren kasus positif malaria dan jumlah penderita malaria menunjukkan bahwa konsentrasi kabupaten atau kota endemis tinggi malaria berada di wilayah Indonesia Timur. 

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, sekitar 86% kasus malaria berada di Provinsi Papua dengan jumlah kasus sekitar 216.380 pada tahun 2019 silam. 

Kemudian, disusul oleh Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan jumlah kasus mencapai 12.909 dan Provinsi Papua Barat dengan 7.079 kasus. 

Tidak hanya di bagian Indonesia Timur, ada pula wilayah endemis tinggi di Indonesia bagian Tengah, yaitu di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. 

Data di atas menunjukkan bahwa tidak hanya Afrika yang membutuhkan vaksin malaria. Negara-negara seperti Indonesia pun memerlukannya. 

Advertisement

berita

Ditulis oleh Fadli Adzani

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved