Waspadalah, Benjolan di Selangkangan dapat Disebabkan Penyakit Ini

Jangan sepelekan benjolan di selangkangan, yang bisa jadi "sinyal" kondisi medis itu.
Benjolan di selangkangan jangan sampai diremehkan. Bisa jadi, tubuh Anda sedang digerogoti penyakit mengerikan.

Benjolan di selangkangan yang muncul secara tiba-tiba memang bisa membuat suasana hati jadi cemas. Nyatanya, berbagai macam penyakit memang bisa menyebabkan munculnya benjolan di selangkangan. Meski begitu, bukan berarti benjolan di selangkangan tidak bisa diobati.

Benjolan di selangkangan bisa muncul gara-gara penyakit ini

Ketahuilah, bentuk dan ukuran benjolan di selangkangan, sangat bervariasi. Selain itu, benjolan di selangkangan tidak melulu menimbulkan rasa nyeri. Kemudian, ada juga benjolan yang warnanya ungu, merah, atau menyerupai kulit kita. Semua ini bergantung pada penyebab munculnya benjolan di selangkangan.

  • Kista

Kebanyakan kasus benjolan di selangkangan diakibatkan oleh kista. Tenang saja, kista adalah benjolan jinak yang bukan disebabkan oleh kanker. Namun, benjolan kista bisa membesar hingga menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman, terutama ketika duduk.

Beberapa faktor penyebab kista meliputi parasit, penyumbatan dalam tubuh yang mengakibatkan cairan menumpuk, infeksi, kerusakan pada sel, kondisi peradangan kronis, hingga kerusakan pembuluh darah.

Biasanya, kista dapat ditangani dengan operasi atau prosedur memasukkan jarum serta kateter ke dalam kista, untuk menyedot cairan di dalamnya.

  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa menjadi penyebab benjolan di selangkangan. Jangan khawatir dulu, bisa saja membengkaknya kelenjar getah bening disebabkan oleh penyakit seperti flu atau pilek.

Biasanya, jika kelenjar getah bening di selangkangan membengkak, maka kelenjar getah bening di tenggorokan dan ketiak juga akan membesar.

Membengkaknya kelenjar getah bening adalah respons sistem imun tubuh dalam melawan bakteri dan partikel asing.

Saat penyakit yang menyebabkannya sudah sembuh, seharusnya kelenjar getah bening akan mulai mengempis.

  • Turun berok

Hernia, atau yang lebih dikenal dengan istilah turun berok, adalah kondisi yang ditandai dengan terdorongnya organ atau usus melalui lubang di otot atau jaringan yang menahannya. Bisa jadi, benjolan di selangkangan yang Anda rasakan, disebabkan oleh turun berok.

Operasi bisa menjadi pilihan pengobatan hernia yang ampuh. Namun, kebutuhan penderita hernia terhadap operasi, tergantung dari ukuran dan tingkat keparahan hernia yang dialami.

  • Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual dapat menyebabkan munculnya benjolan di selangkangan, akibat membengkaknya kelenjar getah bening. Beberapa penyakit menular seksual itu adalah:

1. Herpes

2. Klamidia

3. Gonorea

4. Sipilis

Hati-hati, benjolan yang diakibatkan oleh penyakit menular seksual biasanya “terbuka” dan menimbulkan luka. Jika mengalami kondisi tersebut, berkonsultasilah segera dengan dokter untuk mendapatkan perawatan.

  • Saphena varix

Jika benjolan di selangkangan hilang saat Anda berbaring, bisa jadi itu saphena varix. Saphena varix adalah kondisi yang ditandai dengan gagalnya katup pembuluh vena saphenous untuk terbuka dengan baik. Akibatnya, darah tidak bisa mengalir dengan lancar dan mengumpul di pembuluh vena.

Saphena varix bisa menyebabkan munculnya benjolan sebesar bola golf berwarna biru di selangkangan. Mereka yang mengidap varises (kondisi melebarnya pembuluh darah) lebih berisiko mengidap saphena varix.

Mengenali penyebab munculnya benjolan di selangkangan, bisa membantu Anda mencari pengobatan terbaik. Maka dari itu, jangan remehkan benjolan di selangkangan dan penyebabnya.

Pengobatan benjolan di selangkangan

Benjolan di selangkangan
Minta pertolongan dokter untuk benjolan di selangkangan

Jangan anggap remeh benjolan di selangkangan. Sama seperti benjolan yang muncul di permukaan kulit lainnya, pengobatan benjolan di selangkangan akan ditentukan oleh penyebabnya. Biasanya, sebelum melakukan pengobatan, dokter akan mendiagnosis penyakit yang menyebabkan benjolan di selangkangan.

Dokter akan mengajukan sejumlah pertanyaan berikut ini:

  • Kapan benjolan mulai muncul?
  • Seberapa besar ukuran benjolan itu?
  • Apakah ukuran benjolan bertambah?
  • Apakah benjolannya muncul tiba-tiba atau membesar seiring berjalannya waktu?
  • Apakah ukuran dan bentuk benjolan berubah ketika Anda batuk?

Dokter juga bisa melakukan tes darah untuk melihat kemungkinan adanya infeksi yang menyebabkan benjolan di selangkangan. Selain itu, dokter akan meraba kelenjar getah bening Anda, untuk memeriksa kemungkinan adanya peradangan dalam tubuh.

Untuk benjolan di selangkangan yang diakibatkan penyakit menular seksual, dokter akan melakukan tes urine atau darah, untuk memastikan penyebab tersebut.

Untuk menangani kista yang menyebabkan benjolan di selangkangan, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi untuk menghilangkannya.

Sementara itu untuk turun berok, dokter juga bisa merekomendasikan operasi untuk mengembalikan organ dalam tubuh yang terdorong.

Kemudian, untuk pembengkakan kelenjar getah bening, dokter akan meresepkan obat-obatan antibiotik untuk meredakan infeksi yang menyebabkannya.

Cara mencegah benjolan di selangkangan

Benjolan di selangkangan
Benjolan di selangkangan harus dicegah

Benjolan di selangkangan dapat dicegah. Sebagian besar benjolan yang tak berbahaya, muncul secara alami dan tidak dapat dicegah. Meski begitu, ada beberapa benjolan di selangkangan yang berbahaya.

Cara mencegah benjolan di selangkangan yang diakibatkan oleh penyakit menular seksual adalah menggunakan kondom.

Untuk mencegah benjolan di selangkangan akibat turun berok, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk tidak mengangkat benda berat, mengejan, serta menjaga berat badan tubuh ideal.

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ:

Jangan meremehkan kemunculan benjolan di segala permukaan kulit, termasuk di selangkangan. Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter dan bertanya mengenai penyebab munculnya benjolan itu.
Sebab, beberapa benjolan yang muncul bisa mengindikasikan adanya penyakit serius dalam tubuh Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/groin-lump
Diakses pada 10 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/160821#cyst_causes
Diakses pada 10 Maret 2020

Healthine. https://www.healthline.com/health/hernia#treatment
Diakses pada 10 Maret 2020

Artikel Terkait