Waspadai Penyebab Kuku Kaki Hitam, Ini yang Harus Anda Ketahui

Benturan keras bisa menyebabkan kuku kaki hitam
Kuku kaki hitam dapat terjadi karena benturan keras

Apakah Anda memiliki kuku kaki hitam? Masalah ini seringkali terjadi tanpa Anda sadari. Perubahan warna kuku menjadi hitam dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, namun Anda tidak perlu khawatir karena sebagian besar kondisi ini tergolong ringan dan bukan masalah serius yang membahayakan kesehatan Anda.

Meski demikian, kuku kaki hitam umumnya kurang enak dipandang sehingga lebih baik segera diobati. Sebelum melakukannya, Anda perlu mengenal berbagai penyebab kuku kaki hitam terlebih dahulu untuk menentukan langkah penanganan selanjutnya.

Penyebab kuku kaki hitam

Selain tidak enak dipandang, kuku kaki hitam terkadang juga menyakitkan. Berbagai penyebab kuku kaki hitam yang mungkin terjadi, antara lain:

  • Mengenakan sepatu yang sempit

Ketika Anda menggunakan sepatu yang sempit, kuku kaki Anda berisiko menjadi hitam karena mengalami trauma yang berulang. Tekanan jangka panjang pada kuku kaki, terutama jempol, secara berulang dari sepatu yang kesempitan, bisa menyebabkan banyak masalah, mulai dari luka lecet kecil hingga luka berdarah di bawah kuku. Pendarahan yang terjadi di bawah kuku akan tampak hitam. 

  • Terhantam benda keras

Kuku kaki hitam juga dapat disebabkan oleh hantaman benda keras, seperti tertimpa lemari atau terlindas ban. Kondisi tersebut dapat menyebabkan jari kaki mengalami cedera hingga trauma. Pembuluh darah di dasar kuku pun pecah sehingga darah terperangkap di sana dan kuku menjadi hitam. Selain itu, jari kaki juga bisa menjadi bengkak dan terasa menyakitkan. 

  • Infeksi jamur

Kuku kaki sangat rentan terhadap infeksi jamur karena jamur bisa tumbuh dengan subur di lingkungan yang lembap dan hangat. Meski umumnya infeksi jamur menyebabkan kuku menjadi putih atau kuning, terkadang kondisi ini juga bisa membuat kuku menjadi hitam karena menumpuknya serpihan-serpihan di dekat infeksi. Jika tidak diobati, infeksi jamur dapat menyebabkan kerusakan kuku permanen dan menyebar ke seluruh kaki dan bagian tubuh lainnya. 

  • Perubahan pigmen

Seiring waktu, warna kulit seseorang bisa mengalami perubahan secara alami. Bagi orang dengan kulit yang lebih gelap, bercak gelap di bawah kuku kaki bisa terjadi karena perubahan pigmen. Tak hanya memengaruhi satu jari, kondisi ini juga bisa memengaruhi jari-jari kaki lainnya sehingga kuku kaki menjadi kehitaman. 

  • Melanoma

Pada kasus yang jarang, kuku kaki hitam juga dapat disebabkan oleh melanoma, yakni merupakan jenis kanker kulit yang paling serius. Penyakit ini sering ditandai dengan adanya bercak berwarna coklat gelap pada kulit. Bercak itu juga dapat terbentuk di bawah kuku kaki sehingga terlihat hitam. Pada tahap awal, kondisi ini seringkali berkembang secara perlahan dan tanpa disertai gejala lain.

  • Kondisi medis lain

Terdapat beberapa kondisi medis lain yang bisa menyebabkan kuku kaki hitam, yaitu anemia, diabetes, penyakit jantung, atau penyakit ginjal. Namun, berbagai penyakit itu kerap disertai dengan gejala lain. 

Cara mengatasi kuku kaki hitam

Mengobati kuku kaki hitam dilakukan berdasarkan pada penyebabnya. Jika kuku yang menghitam disebabkan oleh infeksi jamur, salep atau krim antijamur biasanya efektif untuk mengatasi persoalan tersebut. 

Sementara, jika disebabkan oleh cedera atau trauma, biasanya kondisi tersebut akan sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, bila masalah ini tak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan diri Anda pada dokter.

Untuk perubahan warna kuku yang berhubungan dengan kondisi medis yang mendasarinya, diperlukan perawatan khusus untuk mengobati atau mengendalikan kondisi tersebut. Ketika Anda pulih, warna kuku pun bisa berubah kembali seperti semula. Namun, jika Anda curiga kuku kaki hitam Anda merupakan melanoma, pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter diperlukan untuk mendiagnosisnya. 

Untuk mencegah masalah kuku kaki hitam terjadi, Anda dapat menjaga kuku tetap bersih dan kering agar terhindari dari masalah ini. Sama seperti bagian tubuh lainnya, kesehatan kuku juga penting untuk diperhatikan.

Selain itu, kenakan sepatu yang berukuran pas dan nyaman sehingga tak akan ada tekanan yang berlebih pada kuku. Hindari pula benturan-benturan keras yang mungkin terjadi pada kuku. 

Khusus untuk pencegahan melanoma, mengurangi paparan sinar matahari langsung pada kaki dengan menggunakan tabir surya juga direkomendasikan. Jadi, jagalah selalu kesehatan kuku Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/black-toenail#prevention
Diakses pada 10 Maret 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320187#treatment
Diakses pada 10 Maret 2020

Artikel Terkait