Waspadai Oral Thrush, Infeksi Mulut yang Sering Menyerang Bayi

(0)
30 May 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Oral thrush dapat menyebabkan bercak putih di lidah bayiBercak putih di lidah bayi umumnya disebabkan oral thrush
Anak mendadak sulit makan dan timbul bercak putih pada lidahnya? Sebagian orang mungkin bingung dan bertanya-tanya, apakah bercak tersebut normal atau mungkin disebabkan oleh kondisi tertentu.Oral thrush adalah infeksi pada mulut yang disebabkan oleh mikroorganisme jamur yang disebut Candida albicans. Infeksi ini menyebabkan timbulnya bercak putih pada lidah bayi.Oral thrush kebanyakan menyerang anak-anak di bawah usia dua tahun, dan umumnya bukan kondisi yang serius. Akan tetapi, kondisi ini bisa membuat Si Kecil tidak nyaman, serta menyebabkan kesulitan makan atau menyusu pada mereka jika tidak segera diobati.

Penyebab oral thrush pada bayi

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab oral thrush pada bayi.

1. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Bayi dapat mengalami infeksi jamur pada mulut karena beberapa alasan, tetapi yang paling utama karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang dan tidak dapat melawan organisme tertentu.Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, jamur dapat tumbuh sehingga menyebabkan luka dan bercak putih di mulut serta lidah.

2. Infeksi jamur yang ditularkan oleh ibu

Ibu yang pernah mengalami infeksi jamur vagina saat hamil atau selama persalinan dapat menularkan jamur kepada bayinya. Jamur tersebut juga berkembang dalam ASI, kemudian menginfeksi puting ibu dan saluran ASI.Ibu menyusui yang menderita anemia atau diabetes memiliki risiko lebih tinggi tertular infeksi jamur yang dapat menyebabkan oral thrush pada bayinya

3. Kebersihan mulut bayi yang tidak terjaga

Selain kedua faktor di atas, penyebab oral thrush bisa terjadi karena kebersihan mulut bayi tidak dapat terjaga. Ketika tidak membersihkan mulut bayi hingga benar-benar bersih maka sisa-sisa kuman dan jamur akan menumpuk hingga memicu infeksi. Alhasil, risiko anak Anda terserang oral thrush menjadi lebih besar

Gejala oral thrush pada bayi

Pertama-tama, periksa mulut bayi Anda untuk mengetahui gejalanya. Perhatikan adakah bercak putih atau luka di lidah, gusi, atau bagian lain dalam mulutnya? Jika ada, berarti itu pertanda oral thrush.Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pengobatan, ingatlah bahwa lidah bayi Anda mungkin berwarna putih karena residu susu. Akan tetapi, semburat putih karena susu ini akan hilang dalam waktu satu jam setelah pemberian makan.Namun, jika Anda masih tidak yakin, berikut ada beberapa pertanda lain yang perlu diketahui, di antaranya:
  • Bayi Anda akan gelisah atau rewel, terutama saat menyusu karena mulutnya sakit
  • Berat badan tidak kunjung naik
  • Produksi air liur lebih banyak daripada biasanya.

Bagaimana cara menanganinnya?

Dalam banyak kasus oral thrush, kondisi ini bisa sembuh dalam waktu 2 minggu tanpa perlu perawatan. Namun, jika gejalanya tergolong berat, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.Ada beberapa obat tetes atau gel antijamur yang dapat mengobati oral thrush. Penting untuk berbicara dengan dokter atau apoteker sebelum Anda menggunakannya karena beberapa gel mungkin tidak cocok untuk bayi yang masih rentan.Bagi ibu menyusui, penting merawat kebersihan daerah puting karena jamur bisa menyebar ke puting dan menimbulkan rasa sakit. Selain itu, perawatan ini juga perlu dilakukan untuk mencegah agar tidak terjadi infeksi yang berulang.

Adakah cara mencegah terjadinya oral thrush pada bayi?

Selain merawat ibu dan bayi secara bersamaan, protokol kebersihan berikut ini dapat mengurangi kemungkinan infeksi jamur yang berulang:
  • Rebus dot dan mainan yang dimasukkan ke dalam mulut bayi selama 20 menit setiap hari.
  • Ganti dot dan puting botol setelah satu minggu.
  • Rebus bagian-bagian pompa payudara yang bersentuhan dengan ASI selama 20 menit setiap hari selama perawatan, dan buang bantalan payudara yang basah.
  • Bersihkan mulut bayi setiap selesai menyusu. Anda dapat mencelupkan kain atau kasa yang lembut ke dalam air dan usap mulut bayi dengan gerakan memutar.
  • Untuk membunuh jamur yang menempel pada pakaian, cuci dengan pemutih atau secangkir cuka.
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun, terutama setelah mengganti popok.
  • Hindari penggunaan tisu basah jika bayi mengalami ruam atau gatal-gatal kemerahan.
  • Biarkan bayi tanpa popok jika memungkinkan.
Meskipun oral thrush pada bayi tidak berbahaya, kondisi ini tetap dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada mereka.Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Ikuti protokol kebersihan di atas secara ketat untuk mencegah infeksi jamur ini. Apabila kondisi Si Kecil memburuk dan tidak kunjung membaik setelah mengalami oral thrush, segera konsultasikan masalah ini ke dokter anak.
kesehatan mulutbercak putih di lidah
Colgate. https://www.colgate.com/en-us/oral-health/life-stages/infant-kids/oral-thrush-in-babies--causes--symptoms-and-treatment
Diakses pada 17 Mei 2020
Greylynndental. http://www.greylynndental.co.nz/info-bites/oral-thrush-in-babies-causes-symptoms-and-treatments/
Diakses pada 17 Mei 2020
Pregnancybirthbaby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/oral-thrush-in-babies
Diakses pada 17 Mei 2020
Thechampatree. https://thechampatree.in/baby-child-care/home-remedies/2016/01/14/mouth-thrush-in-babies/
Diakses pada 17 Mei 2020
Medical News Today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/179069#treatment
Diakses pada 17 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait