logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Gejala Sipilis, Si Raja Singa yang Dapat Menyebabkan Kematian

open-summary

Gejala sipilis terbagi menjadi empat tahapan. Gejalanya tidak selalu terlihat dan dapat menjadi dorman atau tidak aktif. Penyakit kelamin ini dapat membahayakan jika tidak ditangani.


close-summary

2 Apr 2019

| Anita Djie

Gejala sipilis berbahaya jika tidak ditangani dengan serius

Jangan sepelekan gejala sipilis karena dapat berujung pada kematian.

Table of Content

  • Mengetahui Gejala Sipilis
  • Pengobatan sipilis

Pembahasan mengenai penyakit menular seksual mungkin terasa tabu atau memalukan. Salah satu yang mungkin Anda sering dengar adalah sifilis alias raja singa. Sudahkah Anda mengetahui gejala sipilis?

Advertisement

Sifilis adalah infeksi bakteri yang ditularkan secara seksual dan sebenarnya tidak sulit untuk diobati. Namun, biasanya penderita sifilis tidak menyadari bahwa dirinya menderita penyakit kelamin ini dan akhirnya menularkannya ke orang lain.

Baca Juga

  • Penyakit Kelamin yang Disebabkan oleh Bakteri Harus Dihindari
  • Selain Menambah Sensasi, Apa Fungsi Kondom Rasa (Flavoured Condom) untuk Seks Oral?
  • Bisa Tetap Nikmat, Ini Manfaat Kondom yang Perlu Diketahui

Mengetahui Gejala Sipilis

Gejala sipilis tidak selalu terlihat dan dapat menjadi dorman atau tidak aktif. Saat sifilis menjadi dorman, penderita sebenarnya tetap terinfeksi penyakit ini.

Sifilis membutuhkan obat dari dokter karena tidak dapat hilang dengan sendirinya. Obat sifilis hanya bisa didapatkan dari resep dokter.

Sifilis biasanya dapat diketahui setelah pemeriksaan darah, tetapi hal itu tidak berarti Anda tidak dapat mendeteksi gejala sipilis. Deteksi dini terhadap sifilis sangat penting bagi penderita dan orang-orang sekitarnya.

Awalnya sifilis mungkin tidak mengganggu tetapi jika tidak cepat diobati, penyakit menular seksual ini dapat menjadi lebih parah dan dapat menyerang organ-organ vital seperti, jantung, otak, hati, dan sebagainya. Gejala sipilis terbagi menjadi empat tahapan, yaitu:

1. Gejala Sipilis Primer

Gejala sipilis yang muncul paling pertama adalah adanya luka kecil yang muncul di alat kelamin, mulut, ataupun anus, setidaknya tiga minggu setelah penderita terinfeksi sifilis. Luka yang muncul bisa hanya satu dan bisa juga banyak.

Luka tersebut tidak menimbulkan rasa sakit dan terkadang tidak disadari oleh penderita. Biasanya luka tersebut akan hilang tanpa bekas dengan sendirinya sekitar 3 - 6 minggu.

2. Gejala Sipilis Sekunder

Pada tahapan ini, penderita akan merasakan gejala sipilis berupa munculnya ruam-ruam di tubuh. Ruam-ruam yang berbentuk bulat akan muncul beberapa minggu setelah luka yang muncul sebelumnya sudah sembuh.

Ruam-ruam ini akan menjalar sampai di telapak tangan dan kaki. Namun, ruam-ruam yang muncul tidak menimbulkan rasa sakit maupun gatal.

Terkadang penderita di tahapan ini tidak hanya mengalami ruam, tetapi juga kutil pada alat kelamin atau mulut, nyeri otot, demam, noda-noda putih di lidah, kerontokan rambut, sakit tenggorokan, maupun pembengkakan kelenjar getah bening.

Gejala sipilis pada tahapan ini dapat menghilang atau sembuh sendiri, atau bahkan dapat hilang timbul sampai bertahun-tahun.

3. Gejala Sipilis Laten

Penderita tidak akan merasakan gejala sipilis pada tahapan ini dan sifilis akan menjadi dorman. Tahapan ini dapat berlangsung selama bertahun-tahun dan tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, terkadang tahapan ini dapat berlanjut ke sifilis tersier.

4. Gejala Sipilis Tersier

Jika tidak segera mendapatkan penanganan, penderita akan mengalami kerusakan organ-organ, seperti saraf, mata, tulang dan sendi, jantung, pembuluh darah, otak, serta hati.

Kerusakan ini juga dapat muncul bertahun-tahun setelah terinfeksi. Terkadang penderita juga dapat mengalami demensia, ketulian, kebutaan, impotensi, kelumpuhan, dan bahkan kematian.

Pengobatan sipilis

Menurut CDC, pengobatan sipilis cukup beragam, salah satunya adalah Benzatin penisilin G merupakan obat yang diberikan secara intramuskular dalam dosis tunggal untuk mengobati orang di semua tahap sipilis. Lalu, untuk sipilis dengan tingkat lanjutan biasanya perlu diberikan 3 kali dosis dari sebelumnya.

Sedangkan untuk neurosipilis, obat yang diberikan adalah Acqueous crystalline penicillin yang diberikan secara intravena setiap 4 jam atau melalui infus terus-menerus selama 10-14 hari. Untuk pasien yang alergi terhadap penisilin, biasanya sipilis dapat diobati juga dengan doksisiklin, tetrasiklin, dan seftriakson.

Sifilis pada awalnya tidak menimbulkan dampak yang besar tetapi akan mematikan ke depannya. Waspadalah terhadap gejala sipilis yang tertera di atas dan segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalaminya, khususnya setelah berhubungan seks.

Advertisement

penyakit menular seksualinfeksi menular seksualsifilis

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved