Waspadai Ciri-Ciri Bayi Besar dalam Kandungan


Ciri-ciri bayi besar dalam kandungan, seperti tinggi fundus yang besar dan kelebihan cairan ketuban perlu ibu hamil waspadai. Lakukan pemeriksaan kandungan secara rutin untuk memantau kondisi tersebut.

(0)
09 Jul 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ciri-ciri bayi besar dalam kandungan dapat ditandai dengan tinggi fundus yang besarBayi besar dalam kandungan dapat menyebabkan tinggi fundus besar
Tidak sedikit ibu hamil yang kurang paham mengenai ciri-ciri bayi besar dalam kandungan. Padahal mengandung bayi besar dalam kandungan bisa mendatangkan risiko gangguan kesehatan ataupun masalah pada proses persalinan kelak.Selain bagi ibu, risiko bahaya juga bisa terjadi pada janin, bahkan setelah ia dilahirkan. Itulah mengapa penting bagi ibu hamil untuk memerhatikan berat badan janin yang dikandungnya agar tidak menjadi masalah.

Ciri-ciri bayi besar dalam kandungan

Ciri-ciri bayi besar dalam kandungan terkadang sulit diketahui selama masa kehamilan. Namun, Anda dapat mendeteksinya melalui pemeriksaan ke dokter kandungan. Berikut adalah ciri-ciri bayi besar dalam kandungan yang harus Anda waspadai.
  • Tinggi fundus besar

Dalam pemeriksaan kehamilan, dokter akan mengukur tinggi fundus, yaitu jarak dari bagian paling atas perut ibu hamil sampai tulang kemaluan. Jika tinggi fundus lebih besar dari yang seharusnya, kondisi ini bisa menandakan ciri-ciri bayi besar dalam kandungan.Misalnya, jika usia kehamilan Anda 25 minggu, tapi ukuran tinggi fundus sudah seperti di minggu ke-28 atau 29, hal tersebut mungkin terjadi karena ukuran bayi lebih besar dari rata-rata.Tinggi fundus besar juga dapat disebabkan oleh hal lain, seperti kesalahan dalam menghitung usia kehamilan, ibu hamil memiliki bentuk atau tipe tubuh yang membuat perut sedikit lebih menonjol, dan kandung kemih penuh atau belum buang air besar sehingga perut membuncit.
  • Kelebihan cairan ketuban

kelebihan cairan ketuban
Kelebihan cairan ketuban dapat menandakan bayi besar dalam kandungan
Memiliki terlalu banyak cairan ketuban (polihidramnion) juga bisa mengindikasikan ciri-ciri bayi besar dalam kandungan. Jumlah cairan ketuban ini mencerminkan banyaknya urine bayi yang keluar.Jika bayi dalam kandungan Anda berukuran besar, kemungkinan ia menghasilkan lebih banyak urine sehingga cairan ketubannya berlebih. Selain itu, beberapa kondisi yang menyebabkan bayi berukuran besar juga dapat meningkatkan produksi urinenya.Jika kehamilan Anda menunjukkan ciri-ciri bayi besar dalam kandungan, konsultasikan pada dokter mengenai langkah apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab bayi besar dalam kandungan

Setelah sebelumnya mengetahui ciri-ciri bayi besar dalam kandungan, Anda juga harus memahami penyebabnya. Faktor genetik dan masalah kesehatan yang dimiliki ibu, seperti obesitas atau diabetes, bisa menjadi penyebab bayi besar dalam kandungan.Namun, kondisi ini kadang juga tidak diketahui penyebab pastinya. Walaupun begitu, ada beberapa faktor yang berisiko menyebabkan bayi besar dalam kandungan, yaitu:
  • Ibu menderita diabetes 

Jika Anda menderita diabetes saat masa kehamilan (diabetes gestasional), kondisi bayi besar dalam kandungan lebih mungkin terjadi. Risikonya bisa meningkat apabila diabetes tersebut tidak dikendalikan dengan baik.
  • Kelebihan berat badan saat hamil

menaiki timbangan
Obesitas meningkatkan risiko bayi besar dalam kandungan
Berat badan ibu hamil yang naik drastis dapat memicu penyebab bayi besar dalam kandungan. Kondisi ini lebih mungkin terjadi jika Anda mengalami obesitas sehingga penting untuk memantau kenaikan berat badan.
  • Riwayat bayi besar dalam kandungan

Risiko bayi besar dalam kandungan juga meningkat jika Anda mengalami kehamilan yang sama seperti sebelumnya. Risikonya bahkan meningkat pada setiap kehamilan selanjutnya, jadi penting bagi Anda untuk berkonsultasi pada dokter sebelum merencanakan kehamilan lagi.
  • Waktu melahirkan terlambat

Jika waktu melahirkan Anda terlambat lebih dari 2 minggu melewati hari perkiraan lahir (HPL), bayi Anda berisiko lebih tinggi memiliki ukuran yang besar dalam kandungan.Apabila Anda memiliki faktor penyebab bayi besar dalam kandungan, periksakan kehamilan Anda secara rutin agar kondisinya terpantau dengan baik.

Hal yang harus dilakukan jika bayi besar dalam kandungan

Jika pemeriksaan USG menunjukkan bahwa Anda mengandung bayi yang besar, dokter akan memonitor kondisi Anda dan janin, serta mempersiapkan persalinan dengan tepat jika waktunya sudah tiba.Ukuran bayi yang besar dalam kandungan berisiko menyebabkan ia cedera ketika dilahirkan secara normal. Selain itu, ada pula risiko robekan pada vagina sampai meningkatnya pendarahan setelah melahirkan.Apabila persalinan normal dianggap berisiko untuk dilakukan, dokter mungkin akan menyarankan persalinan dengan operasi caesar. Jadi, penting untuk mempersiapkan diri dan selalu berkonsultasi pada dokter.jika Anda memiliki pertanyaan seputar ciri-ciri bayi besar dalam kandungan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. 
perkembangan janinkehamilanpemeriksaan kehamilan
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fetal-macrosomia/symptoms-causes/syc-20372579
Diakses pada 25 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/fundal-height#measuring-small
Diakses pada 25 Juni 2021
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/macrosomia
Diakses pada 25 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait