Gejala meningitis pada anak kadang sulit dideteksi dan dianggap sebagai gejala flu biasa.
Gejala meningitis pada anak kadang sulit dideteksi dan dianggap sebagai gejala flu biasa.

Tidak mudah memang untuk mendeteksi atau menemukan gejala meningitis pada anak. Orang-orang pada umumnya sering salah mengartikan sebagai gejala flu.

Faktanya, meningitis mungkin datang bersamaan dengan penyakit atau infeksi yang mirip flu. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk tetap waspada, mempelajari tanda-tanda dan gejala meningitis, dan bertindak cepat. 

Meningitis adalah infeksi pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini dapat menimpa siapa saja, tetapi sangat sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Meningitis pada anak dapat berkembang dengan cepat dan menjadi sangat serius jika tidak segera ditangani.

Jenis Meningitis

Ada dua jenis meningitis yaitu:

1. Meningitis yang Disebabkan oleh Virus

Ini adalah jenis meningitis yang paling umum terjadi. Virus yang dapat menyebabkan meningitis jenis ini adalah gondongan, enterovirus (yang biasanya menyebabkan sakit perut ringan), atau herpes simpleks (yang biasanya menyebabkan cold sores). 

Meningitis yang disebabkan virus realtif ringan, dapat diobati di rumah, dan biasanya akan sembuh dalam waktu 7 - 10 hari. Namun, kadang-kadang sulit membedakan meningitis virus dan meningitis bakteri sehingga seringkali menyebabkan komplikasi. 

2. Meningitis yang Disebabkan oleh Bakteri

Meningitis bakteri adalah penyakit yang lebih serius. Untungnya, penyakit ini lebih jarang terjadi ketimbang meningitis virus. 

Meningitis bakteri disebabkan oleh bakteri meningokokus, bakteri pneumokokus, atau bakteri haemophilus influenzae tipe B (HiB). Penyakit ini dapat mengancam nyawa atau menyebabkan kecacatan permanen, termasuk tuli dan kerusakan otak.

Bila tidak diobati, meningitis bakteri juga dapat menyebabkan keracunan darah atau septikemia. 

Tanda dan Gejala Umum Meningitis

Meningitis pada anak susah untuk dikenali karena gejalanya mirip penyakit lain. Anak yang mengalami meningitis akan menunjukkan gejal-gejala berikut ini, entah muncul ruam maupun tidak.

Gejala awal meningitis bakteri dan meningitis virus juga sangat mirip. Maka, sebaiknya segera bawa anak ke dokter jika mendapati tanda-tanda awal berikut ini. 

  • Leher kaku sehingga terkadang sulit menempelkan dagu  ke dada
  • Sakit kepala yang bisa jadi sangat parah
  • Demam tinggi atau di atas 38 derajat Celcius
  • Linglung, bingung, dan rewel
  • Mual atau muntah
  • Sensitif terhadap cahaya yang terlalu terang
  • Mudah mengantuk, lesu, kelelahan
  • Kejang
  • Bernapas lebih cepat dari biasanya
  • Nyeri pada otot dan sendi
  • Wajah pucat dan tangan serta kaki terasa dingin

Selain itu, anak yang mengalami meningitis jadi tidak nafsu makan bahkan menolak minum. Pada bayi, bagian lunak di atas kepala (ubun-ubun) mungkin tampak menonjol.

Siapa yang Rentan Mengalami Meningitis?

Tidak dapat dipastikan mengapa beberapa anak terkena meningitis sementara anak-anak lain tidak. Namun, ada kelompok anak yang memang rentan mengalami meningitis.

  • Bayi, terutama yang berusia di bawah dua bulan. Sistem kekebalan tubuh bayi memang belum terbentuk sempurna sehingga bakteri akan lebih mudah masuk ke dalam aliran darah.
  • Anak-anak yang mengalami infeksi sinus berulang kali.
  • Anak-anak yang baru-baru ini mengalami cedera kepala serius dan patah tulang tengkorak.

Kapan Harus ke Dokter?

Anak yang terkena meningitis bisa menjadi parah dengan cepat. Meski komplikasi meningitis kemungkinannya sangat kecil, Anda tetap harus memastikan keamanan dan keselamatan anak. Jika Anda mencurigai tanda-tanda di atas terjadi pada anak, segera hubungi dokter.

Anda harus membawa anak ke ruang gawat darurat terdekat jika dokter tidak dapat dihubungi dengan segera. Jangan buang banyak waktu agar gejala yang timbul tidak menjadi semakin parah, dan anak Anda bisa mendapatkan perawatan medis dengan cepat.

Gejala meningitis pada anak tidak dapat dihiraukan begitu saja. Kenali lebih dalam tentang gejalanya agar Anda bisa segera bertanya kepada ahlinya.

WebMD. https://www.webmd.com/children/understanding-meningitis-symptoms
Diakses pada Maret 2019

Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/head-neck-nervous-system/Pages/Meningitis.aspx
Diakses pada Maret 2019

Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/a25007775/meningitis-in-children-ages-one-to-five
Diakses pada Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed