Waspadai 10 Hal Ini Sebagai Gejala Alzheimer pada Usia Muda

Gejala Alzhemer pada usia muda bisa saja ditandai dengan frekuensi lupa yang bertambah sering
Sering lupa bisa saja menjadi tanda penyakit Alzheimer

Alzheimer pada usia muda adalah bentuk demensia yang terjadi pada orang-orang berusia di bawah 65 tahun. Kejadian ini termasuk jarang. Dari semua penderita Alzheimer, hanya 5% orang yang bisa mengalami gejala penyakit sebelum usia 65 tahun. 

Sebagian besar penderita Alzheimer pada usia muda mulai merasakan gejala di usia 40an hingga 50an. Tidak diketahui penyebab mengapa gejala demensia bisa muncul pada usia yang relatif muda.

Namun pada sebagian penderita, memang ada yang disebut penyakit Alzheimer keturunan, yaitu ketika ada orangtua atau kakek-nenek kandung yang mengalami gejala Alzheimer pada usia di bawah 65 tahun. 

Penyakit Alzheimer keturunan berkaitan dengan mutasi genetik pada gen APP, PSEN 1, dan PSEN 2. Sekitar 60 sampai 70% penderita Alzheimer usia muda mengalami mutasi pada salah satu dari ketiga gen ini.

Ketiga gen tersebut berbeda dari mutasi gen APOE, yang meningkatkan risiko terkena Alzheimer pada populasi umum.

Gejala penyakit Alzheimer pada usia muda

Secara umum, penyakit Alzheimer akan menyebabkan hilangnya fungsi memori dan keterampilan mental lainnya, sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari. Gejala-gejala Alzheimer yang muncul pada usia muda bisa meliputi:

  • Sering lupa

Sesekali lupa memang wajar. Tapi pada penderita Alzheimer, penyakit lupa ini nampak di luar batas normal.

Bukan hanya lupa tanggal penting atau acara penting, penderita juga seringkali mengulang pertanyaan yang sudah dijawab atau mesti diingatkan berkali-kali tentang suatu hal. 

  • Kesulitan merencanakan sesuatu dan memecahkan masalah

Gejala penderita Alzheimer pada usia muda juga biasanya terlihat di tempat kerja. Misalnya, mengalami penurunan kemampuan untuk menyusun dan menjalankan rencana kerja.

Sementara di urusan keluarga dan pribadi, tampak pula penurunan kemampuan dalam mengelola keuangan, mengatur anggaran, dan sering lupa membayar tagihan. 

  • Kesulitan mengerjakan hal-hal yang rutin

Penurunan kemampuan konsentrasi juga menjadi gejala penyakit Alzheimer, bahkan hal-hal yang sudah sering dikerjakan atau telah menjadi rutinitas menjadi makin sulit dilakukan seiring perkembangan penyakit. Contohnya, keterampilan menyetir mobil yang makin menurun, atau lupa jalan yang dilewati setiap hari menuju tempat kerja. 

  • Kesulitan menyadari waktu dan keberadaan

Salah satu hejala umum Alzheimer adalah lupa tanggal, jam, dan berlalunya waktu. Merencanakan kegiatan atau janji pertemuan juga sulit karena penderita akan lupa.

Selain itu, penderita Alzheimer kerap lupa mereka ada di mana, bagaimana bisa sampai ke tempat tersebut, dan mengapa mereka berada di tempat tersebut. 

  • Mengalami gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan sebagai gejala Alzheimer pada usia muda, bisa berupa sukar membaca, kesulitan menentukan jarak, dan kesulitan menentukan warna atau kontras warna. Gejala ini termasuk membahayakan bila penderita masih berkendara sendiri. 

  • Kesulitan menemukan kata-kata ketika berbicara

Gejala ini paling mudah terlihat saat mengobrol. Saat sedang berbicara, penderita Alzheimer bisa mendadak berhenti dan tidak mampu menyelesaikan kalimatnya akibat tidak bisa mengingat kata-kata yang akan diucapkan. Mereka juga kerap mengulang cerita dan pembicaraan yang sama.

  • Sering kehilangan barang

Kehilangan barang terjadi karena penderita Alzheimer sering lupa lokasi ia menaruh atau menyimpan barang tersebut. Penderita biasanya tidak menyadari gejala ini, sehingga akhirnya menuduh anggota keluarga lain atau asisten rumah tangga mencuri barangnya.  

  • Kesulitan menjaga kebersihan diri

Dari yang biasa bersih dan rapi, penampilan penderita Alzheimer usia muda bisa menjadi berantakan. Misalnya akibat lupa mandi atau mengganti baju, serta kemampuan memadu-padankan pakaian yang menurun. 

  • Menarik diri dari pekerjaan dan kehidupan sosial

Semakin banyak gejala yang bermunculan, penderita Alzheimer pada usia muda biasanya akan menarik diri dari pekerjaannya. Mereka juga terlihat makin jarang mengikuti acara sosial atau menjalankan hobi yang dulu sering dilakukan. 

  • Mengalami perubahan kepribadian

Gejala lainnya dari penyakit Alzheimer adalah perubahan kepribadian pada penderitanya atau penderita sering memperlihatkan perubahan suasana hati yang cepat. Misalnya, penderita jadi mudah marah jika ada aktivitas di luar rutinitasnya. Mereka juga lebih sering kebingungan, cemas, atau ketakutan. 

Gejala-gejala Alzheimer pada usia muda memang tidak jauh berbeda dari gejala Alzheimer umum pada kalangan lanjut usia.

Segera periksakan diri ke dokter bila muncul gejala-gejala Alzheimer di atas. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan saraf, serta pencitraan otak guna menegakkan diagnosis penyakit Alzheimer dengan tepat.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/alzheimers-disease/in-depth/alzheimers/art-20048356
Diakses pada 28 Agustus 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/alzheimers-disease/signs-of-early-onset-alzheimers#symptoms-of-early-onset
Diakses pada 28 Agustus 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed