Waspada! Inilah Penyebab Nyeri Testis yang Mungkin Terjadi

Nyeri pada testis dapat disebabkan oleh torsi testis, vasektomi, hidrokel, dan varikokel
Rasa nyeri yang timbul pada testis tentu akan membuat cemas dan khawatir

Sebagai salah satu bagian tubuh pria yang paling sensitif, rasa nyeri dan sakit yang timbul pada testis tentu akan membuat seorang pria cemas dan khawatir. Jika Anda merasakan nyeri tanpa disebabkan benturan, segera lakukanlah pemeriksaan untuk mengetahui penyebab nyeri pada testis yang Anda rasakan.

Saat Anda merasakan sakit dan nyeri pada testis, Anda mungkin langsung berpikir risiko serangan kanker testis. Namun pada kenyataannya, sebagian besar kasus kanker testis tidak menimbulkan rasa sakit dan biasanya terdeteksi melalui munculnya gumpalan.

Selain itu, jika Anda khawatir terinfeksi penyakit menular seksual (PMS), kemungkinan besar gejala yang muncul adalah rasa panas dan terbakar saat buang air kecil, meskipun pada beberapa kondisi testis juga mungkin terasa nyeri.

Penyebab Nyeri Testis

Jadi, apa yang sebenarnya menjadi menyebabkan bagian intim ini terasa sangat menyakitkan? Berikut ini adalah beberapa penyebab nyeri testis yang perlu Anda waspadai.

1. Torsi Testis

Torsi testis merupakan sebuah kondisi di mana saluran testis terpelintir. Situasi ini sangat berbahaya bagi kesehatan testis. Pasalnya, ketika tali spermatika yang menempel testis ke tubuh menjadi bengkok atau terpelintir, akan ada risiko di mana aliran darah ke testis menjadi terhambat.

Torsi testis ini dapat terjadi karena beberapa hal, di antaranya karena olahraga, gerakan saat berhubungan seks, hingga kesalahan pada posisi tidur.

2. Batu Ginjal, Sembelit, Hernia, atau Masalah Perut

Saraf yang mengarah ke testis Anda kebanyakan berasal dari banyak tempat di perut Anda, termasuk di dalamnya perut, ginjal, dan saluran pencernaan. Jika Anda mengalami konstipasi dan tidak bisa buang air besar, tekanan dari kotoran yang tertahan dapat menekan saraf tersebut.

Hal yang sama juga terjadi bila Anda memiliki batu ginjal dan hernia (atau seusai menjalani operasi hernia), saraf di bagian itu dapat mengalami peradangan hingga mengakibatkan reaksi yang jauh lebih parah.

3. Vasektomi

Mengalami nyeri skrotum setelah vasektomi - prosedur pengendalian kelahiran dengan menutup saluran sperma - juga dapat menjadi penyebab mengapa Anda mengalami nyeri pada testis.

4. Hidrokel

Ketika Anda melihat anatomi testis, buah zakar pada dasarnya bergantung pada beberapa tali/saluran. Saluran-saluran tersebut adalah pembuluh darah, saraf, dan jaringan yang mungkin untuk menjuntai.

Pada dasarnya, setiap pria memiliki volume cairan di sekitar testis dan tali ini. Namun tidak menutup kemungkinan terjadinya ketidakseimbangan karena cairan hingga menimbulkan masalah dan nyeri pada testis.

5. Varikokel

Varikokel adalah sebuah kondisi di mana terjadi pembesaran vena pada skrotum. Kondisi ini tidak dipungkiri dapat mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan tidak nyaman pada testis. Untuk kasus yang parah, Anda mungkin perlu menjalani tindakan operasi, di mana dokter Anda akan mengalihkan aliran darah dari vena yang rusak agar kembali berfungsi.

Perawatan untuk Nyeri Testis

Jika Anda bertanya, "Kapan saya harus mengonsultasikan diri pada dokter?" Jawabannya tentu sesegera mungkin. Akan tetapi, Anda tetap perlu memahami keparahan dan durasi dari rasa nyeri yang Anda rasakan.

Sebagian pria dapat merasakan penyebab rasa nyeri pada testisnya. Jika karena saluran yang terlilit, maka ia akan menyesuaikan posisi agar rasa sakit hilang. Namun apabila terjadi rasa nyeri yang sangat parah dengan durasi lebih dari 15 menit, segera datang ke UGD untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan cepat.

Men's Health. https://www.menshealth.com/health/a19541585/reasons-your-balls-hurt/

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/testicle-pain/basics/causes/sym-20050942

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed