Waspada! Inilah Pantangan Ibu Hamil yang Tidak Boleh Terlewatkan


Ada beberapa pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil seperti, makanan dan minuman yang mengandung alkohol, pestisida, produk kecantikan, makanan kaleng.

0,0
09 May 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
pantangan ibu hamil salah satunya adalah tidak boleh berinteraksi dekat dengan kotoran hewanTempat kotoran kucing dapat mengandung parasit toxoplasma yang dapat menyebabkan infeksi.
Saat hamil, tubuh mengalami perubahan-perubahan tertentu yang membuat Anda perlu lebih menjaga makanan yang dikonsumsi serta kondisi lingkungan sekitar. Hal ini penting dilakukan agar bayi di dalam kandungan dapat tumbuh dengan sehat tanpa kurang suatu apapun. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami sejumlah pantangan ibu hamil.Penggunaan produk-produk umum rumah tangga dan kecantikan merupakan sesuatu yang lazim dilakukan. Namun, tahukah Anda? beberapa produk rumah tangga dan kecantikan yang sering dikonsumsi secara rutin ternyata dapat menimbulkan bahaya bagi kehamilan Anda. Tidak hanya itu, beberapa makanan yang umum dikonsumsi pun dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan apabila dimakan oleh ibu hamil selama trimester pertama, sehingga Anda perlu lebih berhati-hati.

Pantangan Ibu hamil 

Beberapa produk yang digunakan sehari-hari dapat menimbulkan efek berbahaya bagi bayi di dalam kandungan.Ibu hamil sebaiknya menghindari beberapa pantangan untuk ibu hamil di bawah ini:

1. Produk Pembersih

Pada umumnya, produk pembersih rumah tangga tetap aman digunakan jika digunakan secara hati-hati selama kehamilan.Sebelum menggunakan produk pembersih rumah, pastikan Anda memeriksa kemasan untuk melihat komposisi bahannya. Jika terdapat bahan-bahan yang terlihat berbahaya, sebaiknya untuk sementara Anda menghindari menggunakan produk tersebut.Dikutip dari Pregnancy Birthbaby, salah satu produk pembersih yang menjadi pantangan ibu hamil adalah yang mengandung naftalen. Paparan naftalen dalam jumlah besar merupakan hal yang berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan sel darah.Jika Anda ingin membersihkan rumah saat hamil, berikut tips yang dapat Anda ikuti: 
  • Usahakan membuka jendela untuk ventilasi udara yang lebih baik.
  • Hindari mencampur produk pembersih rumah tangga, seperti amonia dan pemutih (bau yang tak sedap bisa memicu mual)
  • Hindari pembersih kompor karena tidak baik saat dihirup.
  • Gunakan lap basah supaya debu dan kotoran lain tidak berterbangan dan menyebar kemana-mana

2. Pestisida

Pestisida juga merupakan salah satu pantangan ibu hamil yang harus dihindari karena dapat merusak pertumbuhan otak dan sistem saraf janin.Hindari pembasmi serangga semaksimal mungkin, dan jauhi kunjungan ke area perkebunan yang menggunakan pestisida dalam aktivitas sehari-harinya.

3. Produk Kecantikan

Mengecat kuku atau rambut sesekali dalam masa kehamilan tidak akan berpengaruh pada janin. Namun, ada baiknya jika ibu hamil lebih memperhatikan kandungan produk kecantikan dan perawatan wajah dengan seksama untuk memastikan tidak ada bahan berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi.Jika Anda ragu, maka usahakan untuk memilih produk organik yang aman bagi kulit Anda dan juga bayi dalam kandungan.

4. Aneka Produk Sehari-hari

Beberapa produk sehari-sehari yang harus Anda hindari saat hamil, antara lain:
  • Produk dry cleaning: Jasa laundry menggunakan zat perchloroethylene (PERC) yang bisa meningkatkan potensi keguguran.
  • Litterbox kucing peliharaan: Tempat pembuangan feses kucing mengandung parasit Toxoplasma gondii yang bisa mengakibatkan infeksi darah serius atau toxoplamosis.
  • Bahan keramik, kristal, dan liat: Peralatan makan berupa piring dari bahan ini mungkin mengandung lead (logam berbahaya)
Ibu hamil juga dapat mengandalkan indra penciuman untuk mendeteksi hal-hal yang harus dihindari saat hamil. Indra penciuman Anda akan meningkat tajam semasa hamil yang dapat menjadi senjata ampuh untuk menghindari hal-hal yang berbahaya.

5. Merokok 

Pantangan ibu hamil lainnya adalah merokok, karena bisa menyebabkan komplikasi kehamilan, salah satunya bayi lahir dengan berat badan rendah.Selain itu, aktif merokok saat hamil juga bisa meningkatkan risiko ibu hamil dan jnain terkena infeksi, hingga mengalami masalah tumbuh kembang.

6. Berendam air panas atau sauna

Berendam air panas atau sauna dapat meningkatkan risiko keguguran dan cacat lahir pada ibu hamil hingga dua kali lipat. Adapun batas waktu yang diperbolehkan untuk berendam air panas adalah kurang dari 15 menit.

7. Kurang tidur

Hal yang dilarang saat hamil lainnya adalah begadang atau kurang tidur. Penelitian menunjukkan, insomnia atau susah tidur saat hamil berhubungan dengan peningkatan risiko terkena tekanan darah tinggi, diabetes saat hamil, preeklamsia, hingga depresi pascamelahirkan.

8. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan saat hamil (obesitas) dapat meningkatkan risiko kenaikan tekanan darah, diabetes saat hamil hingga meningkatkan risiko anak terkena diabetes saat lahir nanti.Agar tidak kelebihan berat badan saat hamil, Anda dapat mengonsumsi 340 kalori per hari saat masuk trimester kedua dan 450 kalori per hari pada trimester 3.

9. Berinteraksi dekat dengan hewan peliharaan

Aktivitas yang dilarang saat hamil salah satunya adalah berinteraksi dengan hewan, seperti kucing. Kotoran kucing mungkin dapat mengandung parasit Toxoplasma gondii yang bisa berbahaya untuk ibu hamil.Selain itu, jika ibu terinfeksi, saat lahir bayi bisa mengalami kejang atau menderita gangguan mental.

10. Mengonsumsi sembarangan obat

Larangan saat hamil lainnya adalah mengonsumsi sembarangan obat, bahkan termasuk obat bebas yang aman untuk dikonsumsi saat tidak hamil. Ini karena kandungan dalam obat bisa saja mengganggu perkembangan janin pada ibu hamil.Jika Anda mengalami keluhan kehamilan, pastikan sebelum mengonsumsi obat apapun saat hamil, Anda sudah berkonsultasi dengan dokter.

Jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil

Ibu hamil tentu penting untuk menjaga asupan makanan karena akan berpengaruh kepada perkembangan bayi di dalam kandungan. Demi menjaga kesehatan ibu dan bayi, berikut ini beberapa jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil:

1. Makanan dan minuman yang mengandung alkohol

Saat seorang ibu hamil mengonsumsi alkohol, maka alkohol tersebut dapat melewati plasenta dan berpengaruh pada bayi. Mengonsumsi alkohol saat hamil dapat menyebabkan suatu kondisi gangguan pada bayi yang disebut dengan fetal alcohol syndrome.Bayi di dalam kandungan yang terpapar alkohol dapat mengalami gangguan seperti perkembangan fisik dan kecerdasan yang terganggu, kejang, hingga gangguan perilaku. 

2. Makanan dan minuman yang mengandung kafeina

Sama halnya dengan alkohol, kafein dapat menembus plasenta dan memengaruhi bayi. Konsumsi kafein berlebihan dapat berbahaya bagi bayi dan menimbulkan risiko keguguran dan berat badan bayi lahir rendah. Wanita hamil disarankan untuk membatasi konsumsi kafein sebanyak 300 mg per harinya.

3. Makanan kaleng

Kemasan makanan kaleng sering dilengkapi dengan bisphenol-A (BPA) yang juga ditemukan pada plastik dan bisa larut ke dalam makanan.Belum ada penelitian yang benar-benar menemukan efek BPA terhadap janin, namun ibu hamil tetap disarankan untuk menghindari makanan kaleng yang tidak terjamin dan memilih menu makanan sehat berimbang.Selain itu, hindari juga makanan kaleng dari jenis ikan seperti tuna yang biasanya mengandung merkuri.

4. Makanan mentah atau setengah matang

Mengonsumsi makanan mentah, seperti mengandung telur mentah, daging hingga ikan yang tidak dimasak bisa meningkatkan risiko ibu hamil terinfeksi listeria, salmonella, E.colli, parasit Toxoplasma hingga keracunan makanan yang membahayakan janin.Jika bakteri berbahaya tersebut dikonsumsi oleh ibu hamil, janin akan mengalami gangguan kesehatan serius, seperti keguguran hingga lahir cacat. Sebaliknya, makanlah makanan tinggi asam lemak omega-3 hingga zat besi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin.

5. Susu tanpa dipasteurisasi

Susu mentah yang belum melalui proses pasteurisasi (pemanasan) dilarang untuk ibu hamil. Pasalnya, jika mengonsumsi susu tanpa pasteurisasi berisiko mengandung bakteri listeria yang bisa menyebabkan keguguran dan penyakit serius lainnya pada buah hati.Jika Anda ingin bertanya langsung pada dokter terkait pantangan ibu hamil, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
kehamilannutrisi ibu hamilmakanan untuk hamil
WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/what-to-avoid-when-youre-expecting#1
Diakses pada Oktober 2018
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322873.php
Diakses pada 12 Maret 2019
Pregnancy Birth and Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/things-to-avoid-during-pregnancy
Diakses pada 12 Maret 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait