Kenali gejala diabetes pada pria sejak dini agar dapat lekas dilakukan perawatan
Gejala diabetes yang khas pada pria berkaitan dengan kesehatan seksualnya

Pada penyakit diabetes, gejala yang terjadi dapat beragam. Pada pria, gejala diabetes yang muncul umumnya berkaitan dengan kondisi kesehatan seksualnya. Mulai dari timbulnya keluhan disfungsi ereksi hingga gangguan saluran kemih.

Gejala diabetes pada pria perlu dikenali sejak dini. Dengan begitu, penanganan yang tepat dapat segera dilakukan.

Gejala Diabetes Secara Umum

Perlu diingat, gejala awal diabetes memang sulit untuk dideteksi karena gejala yang muncul tampak tidak serius. Berikut ini adalah beberapa gejala ringan yang timbul akibat diabetes:

  1. Sering buang air kecil.
  2. Kelelahan yang tidak biasa.
  3. Penglihatan kabur.
  4. Berat badan turun, bahkan tanpa diet.
  5. Kesemutan atau mati rasa di tangan dan kaki.

Jika gejala diabetes tersebut tidak segera diatasi, beragam risiko komplikasi dapat terjadi. Contohnya,  masalah kulit, mata, hingga komplikasi ginjal. Tidak hanya itu, gangguan saraf serta infeksi bakteri pada kelopak mata, folikel rambut, sampai kuku jari juga dapat menjadi komplikasi dari penyakit diabetes.

Gejala Diabetes pada Pria

Gejala diabetes, baik untuk pria maupun wanita, umumnya serupa. Namun bagi para pria yang mengalami diabetes, beberapa kondisi di bawah ini juga dapat muncul sebagai gejala yang khas:

Disfungsi Ereksi (Impotensi)

Disfungsi ereksi atau impotensi adalah kondisi di mana seorang pria tidak mampu untuk mencapai atau mempertahankan ereksi. Sistem saraf dan sistem peredaran darah merupakan bagian penting untuk tercapainya ereksi pada pria. Sayangnya, diabetes dapat merusak kedua sistem tersebut sehingga menghambat kerja dari penis.

Ejakulasi Retrograde

Pria dengan diabetes juga dapat menghadapi ejakulasi retrograde, yaitu kondisi ketika seorang pria menghasilkan air mani yang dikeluarkan ke dalam kandung kemih. Gejala yang dapat dirasakan adalah air mani terasa lebih sedikit saat ejakulasi.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih terjadi apabila saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih mengalami peradangan atau infeksi. Pada pria yang terkena diabetes, banyaknya gula yang terkandung pada air seni membuat bakteri penyebab infeksi lebih mudah berkembang.

Infeksi Jamur pada Kelamin

Infeksi jamur pada kelamin juga dapat muncul pada pria yang menderita diabetes. Hal ini dikarenakan kelebihan gula yang terdapat dalam darah yang masuk ke urine. Gula berlebih tersebut kemudian dijadikan asupan bagi jamur untuk tumbuh. 

Ciri infeksi jamur pada kelamin pria yang menderita diabetes bisa berupa kemerahan, bengkak, dan gatal pada kepala penis, timbul bau tidak sedap, muncul gumpalan berwarna putih pada kulit penis, dan timbul rasa nyeri dan tidak nyaman saat melakukan hubungan seksual.

Kerusakan Sistem Saraf Otonom (ANS)

Diabetes dapat membahayakan sistem saraf otonom (ANS), yaitu sistem yang mengendalikan pelebaran atau konstriksi pembuluh darah, dan menyebabkan masalah seksual. Pembuluh darah yang rusak oleh diabetes dapat memperlambat aliran darah ke penis. Jika pembuluh darah dan saraf di penis rusak akibat diabetes, hal ini dapat menyebabkan impotensi terjadi. 

Faktor Risiko Diabetes pada Pria

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko diabetes dan komplikasinya, termasuk:

  1. Kebiasaan merokok.
  2. Kelebihan berat badan.
  3. Menghindari aktivitas fisik.
  4. Memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Cara Mencegah Diabetes pada Pria

Untuk mencegah diabetes terjadi, Anda dapat mulai mengubah pola hidup serta memperhatikan asupan makanan yang sehat dan seimbang. Meninggalkan kebiasaan merokok, berolahraga secara teratur, serta mempertahankan berat badan yang ideal adalah sederet cara yang sangat efektif untuk menghindari timbulnya diabetes.

Namun apabila Anda sudah positif menderita diabetes, segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan untuk mendapatkan arahan dari dokter. Anda mungkin akan menjalani proses pengobatan tertentu, tapi jangan lupa untuk terus menjaga asupan makanan, terutama semua makanan dengan kandungan glukosa dan gula tinggi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/recognizing-diabetes-symptoms-men
Diakses pada Oktober 2018

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/311173.php
Diakses pada 4 Maret 2019

Diabetes. https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/complications/sexual-problems-men
Diakses pada 4 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed