Wasabi adalah “Sambal” untuk Sushi yang Banyak Manfaatnya

(0)
05 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Wasabi adalah "sambal" khas Jepang yang cocok dikonsumsi saat memakan sushi.Wasabi adalah "teman setia" makan sushi yang disukai banyak orang.
Wasabi adalah tanaman yang tumbuh di sepanjang aliran sungai di Jepang. Masyarkat di sana mengolahnya menjadi sambal berwarna hijau untuk menemani makan sushi.Di balik rasa pedasnya yang unik dan menyengat, wasabi menyimpan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Apa sajakah manfaat wasabi yang baik untuk tubuh?

Wasabi adalah sambal dengan berbagai manfaat

Wasabi mengandung berbagai macam komponen yang menawarkan keuntungan bagi kesehatan tubuh. Salah satunya isothiocyanate, komponen yang memberikan wasabi rasa pedasnya. Apa saja manfaat wasabi itu?

1. Mencegah keracunan makan

Isothiocyanate menawarkan berbagai manfaat kesehatan dalam begitu banyak sayuran. Wasabi juga memiliki isothiocyanate, yang membuatnya memiliki efek antibakterial.Dalam sebuah studi, ekstrak wasabi menunjukkan keperkasaannya dalam melawan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Kedua bakteri inilah yang menyebabkan keracunan makanan pada sebagian orang.Studi itu membuktikan bahwa ekstrak wasabi dan kandungan isothiocyanate-nya mampu mencegah dan meredakan gejala keracunan makanan. Namun, penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk memperkuat klaim itu.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Wasabi ternyata juga dianggap bisa mencegah datangnya penyakit sistem pencernaan. Sebab, kandungan isothiocyanate-nya bisa melawan bakteri H. pylori. Bakteri inilah yang seringkali menyebabkan lambung dan usus halus terinfeksi.Tidak hanya itu, H. pylori juga bisa mengundang penyakit seperti kanker lambung, tukak lambung, dan radang selaput lambung.Tes tabung dan riset pada hewan uji menunjukkan, wasabi bisa mengobati tukak lambung yang diakibatkan H. pylori.Namun tentu saja, penelitian pada manusia masih sangat dibutuhkan, untuk membuktikannya.

3. Berpotensi mencegah kanker

Wasabi
Wasabi adalah "sambal" untuk sushi
Salah satu jenis isothiocyanate yang terkandung dalam wasabi, yaitu 6-MITC, ternyata bisa mencegah adanya perkembangan sel kanker yang sebabkan leukimia dan kanker lambung. Bahkan, wasabi bisa memunculkan proses apoptosis (kematian sel terprogram) setelah 24 jam dikonsumsi.Uniknya, isothiocyanate dapat membunuh sel kanker tanpa harus melukai sel sehat yang ada di dalam tubuh.
Penelitian selanjutnya juga menyatakan, 6-MITC juga mampu mencegah risiko kanker payudara. Namun, Anda disarankan untuk mengonsumsi wasabi sungguhan, bukan wasabi instan yang mungkin bukan terbuat dari tanaman wasabi.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat wasabi selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Tidak heran, karena wasabi memang memiliki sifat antihiperkolesterolemia, yang membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, mengurangi risiko stroke, dan mencegah serangan jantung.Selain mencegah kanker, isothiocyanate ternyata juga mampu mencegah penggumpalan darah yang seringkali menyebabkan stroke dan penyakit jantung lainnya.

5. Melawan rasa nyeri sendi

Bagi Anda yang sudah kesal dengan rasa nyeri sendi yang seringkali menyerang, wasabi bisa dicoba sebagai obat alami. Dalam berbagai riset, wasabi terbukti bisa meredakan rasa nyeri pada sendi, peradangan, hingga arthritis.
Tidak hanya itu, sifat antioksidan yang dimiliki isothiocyanate ternyata bisa mengurangi peradangan pada sendi, otot, hingga ligamen.

6. Memperkuat tulang

Wasabi
Wasabi adalah "teman setia" makan sushi
Manfaat wasabi sangatlah beragam. Selain mencegah kanker dan penyakit jantung, ternyata wasabi juga bisa memperkuat tulang dan mengurangi risiko penyakit osteoporosis.Iisothiocyanate pun dianggap ampuh dalam menjaga kesehatan tulang, sehingga rasa nyeri dan tidak nyaman yang diakibatkan lemahnya tulang, bisa dicegah.

7. Berpotensi menurunkan berat badan

Beberapa penelitian mengatakan bahwa daun pada tanaman wasabi berpotensi menurunkan berat badan. Sebab, wasabi dianggap mampu menghambat pertumbuhan sel lemak dalam tubuh.Dalam penelitian pada hewan uji, komponen bernama 5-Hydroxyferulic acid methyl ester, bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel lemak.Dalam riset selama 6 minggu, tikus yang mengonsumsi daun wasabi sebanyak 1,8 gram, berhasil menahan pertumbuhan sel lemak di dalam tubuhnya.Walaupun hasilnya menjanjikan, tapi tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat wasabi ini pada manusia.

Kandungan nutrisi wasabi

Wasabi adalah tanaman dan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Dari sanalah datangnya berbagai macam manfaat wasabi yang menguntungkan kesehatan tubuh kita.Setiap 100 gram wasabi, mengandung berbagai macam nutrisi ini:
  • Protein: 4,8 gram
  • Lemak: 0,63 gram
  • Karbohidrat: 23,54 gram
  • Serat: 7,8 gram
  • Kalsium: 128 miligram
  • Zat besi: 1,03 miligram
  • Magnesium: 69 miligram
  • Fosfor: 80 miligram
  • Kalium: 568 miligram
  • Natrium: 17 miligram
  • Mangan: 0,39 miligram
  • Vitamin C: 41,9 miligram
  • Vitamin B1 (Tiamin): 0,13 miligram
Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, wasabi adalah makanan yang sayang jika tidak Anda coba. Maka dari itu, saat pergi ke restoran sushi, cobalah wasabi yang telah disediakan.Mungkin Anda akan “kaget” ketika merasakan rasa pedasnya yang unik itu. Namun kalau sudah terbiasa, bisa saja Anda ketagihan.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/wasabi-benefits
Diakses pada 29 Maret 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/health-benefits-of-wasabi.html
Diakses pada 29 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait