logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Kenali 6 Warna Dahak yang Menjadi Sinyal Kondisi Tubuh Anda

open-summary

Warna dahak menunjukkan kondisi kesehatan yang berbeda. Saat mengalami batuk berdahak, perhatikan apakah warnanya hijau, hitam, merah, atau putih.


close-summary

3.49

(39)

6 Nov 2019

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

macam-macam warna dahak

Saat sedang sakit, produksi dahak menjadi semakin banyak dan warnanya berubah

Table of Content

  • Macam-macam warna dahak sebagai tanda penyakit

Saat sedang sakit, produksi dahak dalam dada bertambah. Bahkan, Anda bisa melihat perubahan warna dahak.

Advertisement

Tubuh dengan sengaja memproduksi dahak untuk mengeluarkan bakteri atau mikroorganisme lainnya dari saluran pernapasan bagian atas. Selain itu perbedaan warna juga bisa terjadi karena produksi enzim saat melawan infeksi.

Ketahui lengkapnya mengenai macam-macam warna dahak sebagai indikator kondisi kesehatan.

Macam-macam warna dahak sebagai tanda penyakit

Mengutip Cleveland Clinic, dahak terbentuk dari selaput lendir dalam dada. Ini digunakan dan diproduksi sistem pernapasan untuk memerangi peradangan serta infeksi dalam tubuh.

Dalam kondisi sehat, konsistensi lendir cenderung encer dan berwarna bening. Namun, berhati-hatilah saat produksi lendir menjadi lebih banyak dan lebih kental karena bisa menjadi tanda penyakit.

Begitu juga saat warna dahak berubah dari yang sebelumnya bening. Perubahan warna bisa menjadi tanda adanya penyakit pada paru-paru atau sistem pernapasan lainnya.

Anda perlu lebih berhati-hati, karena ada jenis warna dahak yang tergolong berbahaya. Berikut adalah macam-macam warna yang perlu Anda ketahui:

1. Dahak bening

Dahak bening bukanlah hal yang harus dikhawatirkan karena ini proses alami tubuh. 

Dahak bening mengandung air, protein, antibodi, dan beberapa larutan garam untuk membantu melumasi serta melembapkan sistem pernapasan.

Namun, ketika dahak bening ini dibarengi dengan peningkatan produksi lendir, bisa jadi ini merupakan tanda tubuh sedang berusaha mengeluarkan iritan (zat yang mengiritasi) atau menandakan kondisi tertentu, seperti rhinitis alergi atau bronkitis maupun pneumonia yang disebabkan oleh infeksi virus.

2. Dahak putih

Dahar warna putih juga umumnya bukan tanda kondisi berbahaya. Ini menunjukkan aktivitas sinus dan hidung tersumbat. Saat saluran napas meradang, dahak pada saluran pernapasan menebal dan menjadi putih. 

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan warna dahak yang menjadi putih, seperti:

  • Bronkitis akibat virus

Ini adalah fase yang terjadi sebelum bronkitis terkena infeksi bakteri. Awalnya, warna dahak yang dikeluarkan adalah putih sebelum perlahan berubah menjadi kuning dan hijau akibat infeksi bakteri.

  • GERD

GERD adalah salah satu masalah pada sistem pencernaan, yang ternyata juga bisa menyebabkan tubuh menghasilkan dahak berwarna putih.

  • Penyakit paru obstruktif kronis

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dapat menyebabkan saluran udara menyempit, sehingga membuat paru-paru menghasilkan lendir berlebih. Anda perlu berhati-hati, karena bisa membuat tubuh sulit mendapatkan oksigen serta dahak berwarna putih.

  • Gagal jantung kongestif

Gagal jantung kongestif terjadi ketika jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh dengan maksimal. Akibatnya, ada penumpukan cairan dan edema.

Penumpukan cairan di paru-paru akan menyebabkan batuk-batuk dan dapat mengeluarkan dahak berwarna putih.

3. Warna dahak kuning atau hijau

Dahak warna kuning atau hijau tergolong paling umum terjadi. Umumnya, warna dahak kuning atau hijau menandakan tubuh sedang melawan infeksi, khususnya infeksi bakteri.

Warna kuning atau hijau ini muncul dari enzim sel darah putih. Awalnya, warna dahak kekuningan yang perlahan berubah menjadi kehijauan. Perubahan warna dahak tergantung dari keparahan infeksi dan reaksi dari imunitas tubuh.

Beberapa penyakit yang memicu produksi warna dahak kuning atau hijau di antaranya adalah:

  • Bronkitis

Gejala awal bronkitis adalah batuk kering yang diikuti dengan dahak berwarna bening atau putih. Semakin lama, dahak bisa berubah menjadi kuning dan hijau, karena peningkatan infeksi. Batuk bisa berlangsung sampai 90 hari.

  • Pneumonia

Pneumonia biasanya terjadi karena adanya komplikasi masalah pernapasan. Penyakit ini bisa membuat warna dahak menjadi kuning, hijau, hingga berdarah.

Batuk, demam, menggigil, hingga sesak napas adalah gejala umum pada semua jenis pneumonia.

  • Sinusitis

Sinusitis bisa terjadi karena virus, alergi, atau bakteri. Apabila penyebabnya adalah bakteri, kemungkinan warna dahak biasanya kuning atau hijau.

  • Cystic fibrosis

Ciri-ciri utama penyakit langka fibrosis kistik ini adalah penumpukan dahak atau cairan mukus yang lengket di paru-paru. Penderitanya bisa memproduksi warna dahak kuning, hijau, juga coklat.

Baca Juga

  • 7 Cara Mencegah Anemia Agar Produksi Sel darah Merah Tetap Stabil
  • Menginap di Hotel saat Pandemi Covid-19, Apakah Aman?
  • Penyebab Kentut Bau Busuk dan Cara Mengatasinya

4. Dahak pink atau merah

Dahak yang berwarna pink atau merahh menandakan dahak terlah bercampur dengan darah. Batuk darah ini terjadi ketika pembuluh darah di saluran pernapasan mengalami kerusakan. Ada beberapa penyebab seseorang mengalami dahak berwarna pink atau merah:

  • Batuk kronis atau terlalu keras

Ketika seseorang mengalami batuk kronis, kadang-kadang pembuluh darah bisa pecah, mengeluarkan flek atau darah yang bersamaan dengan dahak. Begitu juga saat batuk keluar terlalu keras. 

  • Pneumonia

Pneumonia atau infeksi paru-paru yang berkembang bisa menjadi penyebab dahak menjadi merah. Gejalanya beruba demam menggigil, batuk, hingga nyeri dada.

  • TBC

Tuberkulosis adalah infeksi bakteri yang menular dalam jarak dekat. Gejala utama meliputi batuk lebih dari 3 minggu, batuk berdahak, serta berkeringat di malam hari. Kemungkinan warna dahak penyakit TBC adalah kemerahan.

  • Gagal jantung kongestif

Gagal jantung kongestif juga bisa menyebabkan warna dahak menjadi pink atau merah. Ini adalah kondisi ketika jantung tidak memompa darah secara efektif pada tubuh.

  • Emboli paru

Emboli paru adalah kondisi saat arteri pulmonalis di paru-paru tersumbat. Ini sering menyebabkan dahak berdarah atau bernoda darah. Kondisi ini mengancam jiwa dan juga bisa menyebabkan sesak napas dan nyeri dada.

  • Kanker paru-paru

Kanker paru bisa menyebabkan banyak gejala pernapasan sekaligus batuk berdahak yang menimbulkan darah.

5. Warna dahak cokelat

Dahak yang berwarna cokelat tampak seperti karat. Hal ini berarti ada endapan darah dan tergolong berbahaya.

Biasanya, dahak cokelat muncul setelah sebelumnya seseorang mengeluarkan dahak berwarna kemerahan, karena darah. Berikut adalah penyebab munculnya warna dahak cokelat di antaranya, seperti:

  • Pneumonia bakteri

Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri dapat membuat penderitanya memproduksi dahak berwarna hijau kecokelatan seperti karat. 

  • Bronkitis bakteri

Bronkitis bakteri juga bisa membuat tubuh bereaksi dengan menghasilkan dahak berwarna kecokelatan. Orang yang memiliki risiko mengalami bronkitis kronis adalah perokok atau yang kerap terpapar asap.

  • Cystic fibrosis

Tak hanya dahak kuning kehijauan, penderita cystic fibrosis juga bisa menghasilkan dahak warna cokelat seperti karat.

  • Pneumoconiosis

Seseorang yang kerap menghirup partikel seperti asbes, debu silika, hingga debu batu bara juga bisa mengalami pneumoconiosis. Warna dahak penderitanya adalah kecokelatan.

  • Abses paru-paru

Abses pada paru-paru juga membuat penderitanya menghasilkan dahak berwarna kecokelatan. Selain itu, gejala lainnya adalah keringat berlebih di malam hari hingga kehilangan nafsu makan.

6. Warna dahak hitam

Dahak berwarna hitam disebut juga dengan melanoptysis. Ketika seseorang mengeluarkan dahak hitam, artinya dia terlalu lama menghirup substansi yang berwarna hitam seperti debu batu bara.

Infeksi jamur juga sangat mungkin terjadi, terutama pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya terganggu. Untuk itu, Anda perlu segera pergi ke dokter. Penyebab lainnya dari dahak hitam adalah:

  • Merokok

Terlalu banyak merokok menyebabkan seseorang menghasilkan dahak berwarna hitam

  • Pneumoconiosis

Jenis pneumoconiosis juga bisa menyebabkan terjadinya dahak berwarna hitam. Umumnya, ini terjadi pada pekerja batu bara atau yang kerap terpapar debu batu bara.

  • Infeksi jamur

Jamur hitam bernama Exophiala dermatitidis juga dapat menyebabkan infeksi. Dalam kondisi yang langka ini, penderitanya dapat mengeluarkan dahak berwarna hitam.

Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mengatasi dahak yang mengganggu. Namun, saat dahak menjadi semakin pekat, banyak, berubah warna, dan lengket, itu adalah sinyal bahwa infeksi menjadi semakin parah.

Selain itu, bisa saja penderitanya mengalami dehidrasi. Ketika dahak terasa semakin mengganggu bahkan menyebabkan kesulitan bernapas, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter.

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai warna dahak yang berbahaya? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ.

Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

tbcpneumoniabatuk berdahakpenyakitpenyakit pernapasangangguan pernapasan

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved