Wanita Wajib Tahu, Ini Cara Memilih dan Menggunakan Serum Wajah yang Benar

Serum wajah penting dalam perawatan kulit wajah wanita
Serum wajah sering digunakan dalam serangkaian perawatan kulit wanita

Salah satu produk yang paling penting dalam rangkaian perawatan wajah wanita adalah serum wajah. Cairan serum mengandung banyak konsentrat bahan aktif yang dianggap dapat memperbaiki masalah pada kulit wajah.

Meski serum wajah mungkin sudah menjadi rangkaian produk wajib andalan para wanita, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar Anda tidak salah dalam memilih dan menggunakan serum wajah.

Apa itu serum wajah dan manfaatnya untuk kulit?

Serum wajah adalah cairan bertekstur ringan dan umumnya tidak mengandung minyak. Dalam sebotol serum bisa mengandung bahan aktif, seperti zat antipenuaan, antioksidan, peptida, pencerah kulit (asam kojic), vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Cairan serum dianggap lebih efektif dibandingkan pelembap atau krim wajah karena mengandung konsentrat bahan aktif yang lebih tinggi. Selain itu, serum wajah memiliki molekul bahan aktif yang lebih kecil dibandingkan produk perawatan kulit wajah lainnya.

Ukuran bahan aktif yang kecil tersebut membuat serum wajah menjadi lebih mudah dan cepat masuk ke dalam pori-pori wajah. Oleh sebab itu, tak heran apabila sebotol kecil serum memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan pelembap wajah.

Serum wajah tidak mengandung bahan-bahan pelembap oklusif atau kedap udara, seperti petrolatum atau minyak mineral yang melindungi air dari penguapan. Dalam sebotol serum juga terdapat kandungan agen pelumas dan pengental, seperti kacang atau minyak biji-bijian, yang lebih sedikit.

Adapun manfaat serum wajah di antaranya adalah:

  • Mengurangi flek hitam.
  • Menghilangkan bekas jerawat.
  • Menyamarkan garis-garis halus.
  • Mengatasi kulit kering.
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti keriput.

Penggunaan serum wajah disarankan pula bagi Anda yang memiliki kulit berminyak atau Anda yang ingin menggunakan produk berbahan dasar ringan serta tidak menghasilkan efek berminyak dan lengket di wajah. 

Bagaimana cara memilih serum wajah?

Cara memilih serum wajah bisa dibilang susah-susah gampang. Tetapi selalu pastikan untuk memilih serum wajah yang sesuai dengan tipe kulit dan kondisi terkini wajah Anda.

Anda yang memiliki tipe kulit wajah kering, carilah serum wajah yang mengandung vitamin E, niacinamida, ceramida, dan asam glikolat. Kandungan tersebut dapat menutrisi dan menjaga kelembapan kulit Anda.

Sedangkan, bagi Anda yang memiliki masalah dengan tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan flek hitam, pilihlah serum wajah yang mengandung kombinasi vitamin C, vitamin E, dan asam ferulat.

Vitamin C di dalam serum dianggap dapat mencegah flek hitam, memperbaiki kulit wajah akibat paparan sinar matahari, dan merangsang produksi kolagen.

Cari pula serum wajah dengan kandungan asam kojic (yang membantu mencerahkan noda hitam di wajah dan asam glikolat yang berfungsi mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya flek hitam akibat penuaan.  

Kemudian, bagi yang mengalami masalah jerawat, Anda dapat memilih serum dengan kandungan asam salisilat. Asam salisilat bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan mencegah pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan terbentuknya komedo dan jerawat.

Perlu diingat bahwa penggunaan serum wajah tidak untuk semua tipe dan kondisi kulit. Tekstur gel atau cair pada serum dapat berakibat buruk pada orang-orang dengan eksim atau rosacea. Pasalnya, serum dapat merusak lapisan kulit sehingga menyebabkan iritasi.

Karena itu, untuk memilih serum wajah yang tepat, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter dapat membantu menentukan apakah Anda cocok menggunakan serum wajah atau tidak.

Cara menggunakan serum wajah yang benar

Untuk mendapatkan manfaat serum wajah yang efektif, serum wajah disarankan digunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan produk perawatan wajah lainnya. Secara umum, Anda dapat menggunakannya pada:

  • Pagi hari. Gunakan serum setelah membersihkan wajah, atau sebelum mengoleskan pelembap dan sunscreen.
  • Malam hari. Gunakan serum setelah membersihkan wajah, atau sebelum menggunakan krim malam.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan serum wajah yang benar.

  • Pastikan wajah Anda sudah dibersihkan menggunakan air dan sabun pembersih
  • Tuangkan sedikit serum wajah, kurang lebih seukuran kacang polong, ke telapak tangan. Lalu, oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah hingga merata.
  • Tepuk-tepuk wajah secara perlahan agar serum menyerap ke dalam permukaan kulit dengan sempurna.
  • Jika Anda memiliki tipe kulit sensitif, sebaiknya tunggu sekitar 10-15 menit setelah Anda membersihkan wajah untuk menggunakan serum.

Jika setelah menggunakan serum wajah justru menimbulkan efek samping berupa kemerahan, ruam, dan rasa gatal, segera hentikan pemakaian. Kemudian, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan penanganan lebih lanjut dan saran pemakaian produk perawatan kulit wajah yang tepat.

Web Md. https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-smarts-serums-jan13#1
Diakses pada 7 November 2019

Web Md. https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-smarts-serums-jan13#1
Diakses pada 7 November 2019

Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/blog/skin-serum-what-it-can-and-cant-do-2018061214029
Diakses pada 7 November 2019

Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/finding-the-right-serum-for-your-skin

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed