Walau Tinggi Kalori, Ternyata Ada Manfaat Kacang Tanah untuk Diet


Manfaat kacang tanah untuk diet berasal dari kandungan serat, protein, dan lemak sehatnya. Kacang tanah untuk diet bisa dinikmati dengan merebusnya terlebih dahulu.

(0)
12 Mar 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat kacang tanah untuk diet berasal dari kandungan serat, protein, dan lemak sehatnyaKacang tanah berpotensi membuat perut kenyang lebih lama
Kacang tanah merupakan produk nabati yang cukup populer. Kacang yang sebenarnya legum ini biasanya bisa dinikmati dengan cara merebus, menyangrai, atau menggorengnya terlebih dahulu. Beberapa orang pun mungkin ingin menikmati kacang tanah untuk diet penurunan berat badan, walau memang kalorinya tergolong tinggi. Bagaimana sebenarnya manfaat kacang tanah untuk diet? 

Ragam manfaat kacang tanah untuk diet

Berikut ini potensi manfaat kacang tanah untuk diet penurunan berat badan:

1. Mengenyangkan perut

Kacang tanah mengandung tinggi lemak sehat, protein, dan serat – nutrisi yang dicerna lebih lama oleh tubuh. Tak seperti berbagai makanan lain yang tinggi karbohidrat sederhana, kacang tanah dilaporkan dicerna lebih lambat setelah kita mengonsumsinya. Hal ini berpotensi membuat perut kenyang lebih lama dan menghindari ngemil berlebihan.Tak sampai di situ. Kita juga cenderung mengonsumsi kacang tanah dengan mengunyahnya lebih lama karena teksturnya yang ‘keras’. Sebagai hasilnya, perut bisa kenyang lebih cepat dan mencegah makan berlebihan.

2. Tidak semua kalori kacang tanah diserap tubuh

Kacang tanah memang produk nabati yang tinggi kalori. Namun, studi melaporkan bahwa tidak semua kalori kacang tanah diserap oleh tubuh. Gigi kita juga tidak dapat menghancurkan kacang tanah dengan sempurna – sehingga kalori yang terserap di dalam tubuh cenderung lebih sedikit dan sisanya dibuang keluar dalam bentuk feses.Menurut sebuah studi, feses kelompok responden yang mengonsumsi kacang tanah utuh dilaporkan mengandung lemak yang lebih tinggi – mengindikasikan bahwa kalori yang ‘diambil’ oleh tubuh cenderung lebih sedikit. Walau begitu, alasan di atas tentu tidak menghalalkan Anda berlebihan dalam mengonsumsi kacang tanah. Bagaimanapun, kacang tanah tetaplah tinggi kalori yaitu dalam ¼ cangkir kacang tanah mentah mengandung 207 kalori sehingga banyak orang berisiko mengonsumsinya dengan berlebihan. 

3. Mengandung lemak sehat

Manfaat kacang tanah untuk diet lainnya yakni menawarkan jenis lemak yang sehat. Kacang tanah kaya dengan lemak sehat yang disebut asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) dan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA).Pola makan tinggi asam lemak tak jenuh tunggal maupun ganda dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas, peradangan, serta penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Kandungan asam lemak yang sehat dalam kacang tanah juga berpotensi untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan dan memanfaatkan lemak sebagai energi. Hanya saja, walau menarik, riset lanjutan tentu masih diperlukan untuk mengonfirmasikan premis manfaat ini.

Cara mengolah kacang tanah untuk diet

Manfaat kacang tanah untuk diet bisa didapatkan jika Anda merebusnya terlebih dahulu
Kacang tanah rebus memiliki kalori yang lebih sedikit
Manfaat kacang tanah untuk diet di atas tentu menarik untuk dicoba. Walau begitu, Anda juga perlu mengolahnya dengan tepat agar kalori yang masuk ke tubuh tidak melonjak dan menjadi bumerang bagi diet.Seperti dalam menyajikan makanan lain saat berusaha menurunkan berat badan, Anda bisa menikmati kacang tanah untuk diet dengan merebusnya terlebih dahulu. Kacang tanah rebus mengandung kalori yang lebih sedikit dibandingkan kacang tanah panggang atau mentah. Hanya saja, sayangnya, lemak dalam kacang tanah rebus juga cenderung lebih sedikit. Artinya, kacang tanah rebus cenderung tidak memiliki efek mengenyangkan yang sama dibandingkan kacang tanah panggang.

Catatan dari SehatQ

Kacang tanah untuk diet bisa dinikmati dengan bijak. Untuk asupan kalori yang lebih rendah, Anda bisa mengolah kacang tanah dengan merebusnya terlebih dahulu.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait manfaat kacang tanah untuk diet, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
tips dietmakanan dietmenurunkan berat badanalergi kacang
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/peanuts-for-weight-loss
Diakses pada 2 Maret  2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17912269
Diakses pada 2 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait