Walau Sedikit Pahit, Teh Barley Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

(0)
Teh barley sering diminum oleh mereka yang sedang diet menurunkan berat badanTeh barley yang sudah dikemas dalam bentuk kantong bisa diseduh langsung dengan air panas
Populer di kawasan Asia Timur, teh barley merupakan minuman yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang dari Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Tiongkok. Memiliki cita rasa panggangan dan sedikit pahit, teh barley terkadang dipakai dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Hal tersebut tidak lepas dari beragam manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Apa itu teh barley?

Barley adalah biji-bijian yang biasa digunakan untuk bahan memasak maupun pelengkap makanan. Biji kering barley kerap digiling menjadi tepung sebelum kemudian diolah menjadi masakan. Mengandung banyak serat, barley sering dipakai menjadi bahan-bahan pembuat sereal, roti, hingga minuman beralkohol.Tidak hanya dimakan, biji barley juga dapat dibuat menjadi teh. Kebanyakan orang biasanya menyeduh biji barley yang sebelumnya sudah dipanggang terlebih dahulu untuk menjadi teh. Kantong teh berisi barley panggang biasanya juga dijual dalam toko-toko yang berada pada kawasan Asia Timur.Teh barley mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sejumlah nutrisi yang terkandung dalam teh barley antara lain vitamin B dan mineral seperti zat besi, mangan, serta zinc. Meskipun begitu, hingga saat ini belum diketahui pasti seberapa banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Manfaat teh barley untuk kesehatan?

Pengobatan tradisional menyebut bahwa teh barley mempunyai manfaat untuk mengatasi diare, kelelahan, dan peradangan. Namun, hingga kini belum ada satu penelitian pun yang menyetujui klaim tersebut. Menurut hasil penelitian, beberapa manfaat teh barley meliputi:

1. Cocok untuk diet

Hanya mempunyai sedikit kandungan kalori dan karbohidrat, teh barley cocok diminum bagi Anda yang tengah diet. Kandungan kalori dan karbohidrat dalam teh barley tidak akan memengaruhi kebutuhan harian Anda secara signifikan, asalkan diminum dalam porsi yang cukup. Selain itu, Anda sebaiknya tidak menambahkan susu, krim, atau pemanis jika ingin meminum teh barley saat diet.

2. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

Kaya akan kandungan antioksidan, teh barley membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Beberapa antioksidan yang ada dalam teh barley seperti asam klorogenat dan vanillic. Antioksidan yang terkandung dalam teh barley ini memberi efek antiradang.Selain itu, teh barley juga mempunyai kandungan antioksidan quercetin. Antioksidan ini mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kesehatan jantung, tekanan darah, dan kesehatan otak.

3. Memiliki potensi untuk melawan kanker

Teh barley memiliki potensi untuk mencegah kanker berkat kandungan antioksidannya. Menurut studi di China, disebutkan bahwa semakin rendah konsumsi barley pada suatu daerah, semakin tinggi angka kematian yang muncul akibat kanker.Meskipun begitu, hal ini bukan berarti kanker disebabkan oleh tingkat konsumsi barley yang rendah. Masih banyak penelitian yang harus dilakukan untuk mengetahui tentang potensi teh barley untuk mencegah penyakit kanker.

4. Mengatasi pengentalan darah

Ketika memiliki konsistensi yang sangat kental, sirkulasi darah akan menjadi terhambat dan memicu munculnya masalah kesehatan. Menurut studi yang diterbitkan Journal of Nutritional Science and Vitaminology, teh barley disebut dapat meningkatkan fluiditas darah. Hal ini tentunya akan membuat sirkulasi darah yang sebelumnya terhambat menjadi lebih lancar.

5. Memiliki sifat antibakteri

Kerusakan gigi dapat disebabkan oleh bakteri bernama Streptococcus. Teh barley disebut dapat membantu mencegah kolonisasi bakteri itu. Hal tersebut didukung oleh penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, di mana teh dari barley yang dipanggang dapat menghilangkan bakteri Streptococcus.

6. Meredakan gejala menopause

Minum teh barley dapat bantu redakan gejala menopause
Minum teh barley dapat membantu menenangkan gejala menopause
Memiliki sifat karminatif, meminum teh barley dapat membantu mengatasi gejala menopause seperti berkeringat di malam hari dan hot flashes. Selain itu, mengonsumsi teh ini juga membantu menenangkan saraf.

7. Mengurangi kolesterol

Kandungan nutrisi dalam teh barley bisa membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu, mengonsumsi teh barley juga menurunkan kadar kolesterol jahat yang tentunya baik untuk kesehatan jantung Anda.

8. Membantu mengatasi flu

Meminum teh barley secara rutin dapat membantu mencegah Anda terserang pilek dan gejalanya. Jika Anda merupakan penderita asma atau bronkitis, mengonsumsi teh ini dapat membantu membersihkan sumbatan dan dahak. Selain itu, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat juga bisa diredakan dengan minum teh barley.

9. Mengurangi risiko terkena kanker prostat

Teh barley mempunyai kandungan selenium di dalamnya. Selenium merupakan nutrisi yang memiliki peranan penting dalam hal kesuburan pria. Selain menjaga kesuburan, meminum teh barley juga dapat membantu menjaga prostat tetap sehat.

Efek samping mengonsumsi teh barley

Meski memiliki potensi antikanker karena kaya akan kandungan antioksidan, teh barley juga mengandung antinutrisi bernama akrilamida. Akrilamida sendiri merupakan antinutrisi yang berpotensi untuk membuat Anda terkena kanker.Beberapa studi telah mengamati efek akrilamida terhadap kesehatan. Penelitian menunjukkan adanya risiko terkena kanker kolorektal dan pankreas jika tubuh menerima asupan akrilamida secara berlebihan. Walaupun demikian, efek ini harus diteliti lebih lanjut pengaruhnya terhadap masalah kesehatan.Selain itu, teh barley tidak cocok untuk orang yang tengah menjalani diet bebas gluten. Apabila memiliki alergi terhadap gluten, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi teh barley untuk mencegah efek samping yang bisa ditimbulkan.

Cara mudah membuat teh barley

Biji barley mentah harus dipanggang terlebih dahulu sebelum diseduh menjadi teh barley
Untuk membuat teh barley, biji barley yang mentah harus dipanggang terlebih dahulu
Cara membuat teh barley sangat mudah. Apabila membelinya dalam bentuk teh kantong, Anda tinggal menyeduhnya seperi arahan yang ada pada kemasan. Namun, jika menggunakan biji utuh, berikut sejumlah langkah untuk membuat teh barley:
  • Masukkan dua sendok makan biji barley panggang ke dalam panci berukuran sedang (untuk 8 cangkir), lalu rebus bersama air hingga mendidih.
  • Kecilkan api hingga mendidih, masak selama 15 hingga 20 menit. Setelah waktu yang ditentukan, matikan api dan biarkan dingin.
  • Setelah dingin, panaskan teh kembali jika ingin diminum dalam kondisi hangat. Apabila hendak mengonsumsi dalam kondisi dingin, Anda bisa meminumnya secara langsung.
  • Untuk menambahkan rasa, Anda boleh menambahkan sedikit air perasan lemon atau pemanis seperti gula dan madu. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan rempah-rempah seperti kapulaga ke dalam teh barley.

Catatan dari SehatQ

Mengonsumsi teh barley memang memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, namun Anda disarankan tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar terhindar dari risiko-risiko yang bisa ditimbulkan. Selain itu, Anda yang alergi terhadap gluten tidak dianjurkan untuk meminum teh barley. Jika Anda mengalami masalah kesehatan setelah meminum teh barley, konsultasikan ke dokter supaya segera mendapat penanganan.
kankerdiet sehattehantioksidan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/barley-tea-nutrition-benefits-and-side-effects
Diakses pada 4 September 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/barley-tea-benefits-and-side-effects-4163617
Diakses pada 4 September 2020
Health Benefits Times. https://www.healthbenefitstimes.com/barley-tea/
Diakses pada 4 September 2020
Journal of Agriculture and Food Chemistry. https://pubs.acs.org/doi/10.1021/jf062090i
Diakses pada 7 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait